Career Issue, Selasa, 12/12/2017 16:23 WIB

Hal Kecil Tapi Berdampak Besar, Budaya Negeri Ini Bisa Jadi Inspirasi Suksesmu

Terkadang hal-hal kecil yang luput kita perhatikan ternyata berdampak besar bagi kehidupan kita. Pernahkah kamu menyadarinya?
Hal Kecil Tapi Berdampak Besar, Budaya Negeri Ini Bisa Jadi Inspirasi Suksesmu
Negeri  yang terkenal dengan julukan Negeri Matahari Terbit ini memang terkenal dengan budayanya yang adi luhur. Selain menjunjung tinggi leluhur, ternyata ada beberapa nilai yang dianut mereka yang bisa kamu contoh di kehidupan karirmu. 


Ditemui dalam acara Global Lecture and Mandom GMT Recruitment, General Manager Production PT Mandom Indonesia, Denny Tan mengatakan ada beberapa kebiasaan kecil orang Jepang yang sangat berpengaruh bagi kesuksesan mereka.

“Usia kerja penduduk Jepang tergolong muda, beberapa dari mereka telah memutuskan terjun ke dunia kerja sejak lulus SMA atau SMK, “ kata Denny. Meski masih muda, mereka telah memiliki tingkat kematangan berpikir yang lumayan baik, didukung dengan sikap disiplin dan mandiri. 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Negeri yang terkenal dengan keindahan Bunga Sakuranya ini memiliki penduduk yang mayoritas menjunjung tinggi budaya disiplin. Denny menambahkan, budaya tersebut memang sengaja ditanamkan sejak dini oleh para orang tua di Jepang. Bahkan di lingkungan sekolah, para guru mendidik murid dengan budaya tepat waktu.

“Teknologi boleh maju sangat pesat, namun hormat kepada orang tua, dan orang yang lebih tua menjadi hal yang sangat utama bagi anak-anak Jepang, “ tambahnya. Maka tak heran jika orang Jepang juga terkenal dengan budaya menghormati dan melestarikan nilai-nilai leluhurnya. 

Akar yang sangat kuat tersebut kemudian membuat mereka tak goyah dengan hal buruk apapun. “Lihat saja ketika diterjang Tsunami, dengan sangat cepat Jepang memulihkan diri dengan sangat baik, resilience mereka bagus, “ tegasnya. 

Menyinggung pula tentang kemajuan teknologi Jepang, Denny mengungkapkan hal tersebut dikarenakan kebanyakan anak muda di sana merupakan lulusan teknik, dan sangat tertarik dengan dunia teknologi. “Intelligence basic mereka memang teknik, anak SMA atau SMK sudah bisa memperbaiki mesin, jadi setelah lulus sekolah menengah mereka bisa langsung bekerja,  “ terangnya.

Ditanyai mengenai tren jurusan yang paling diminati, Denny menjawab di sana jurusan robotic menjadi peringkat pertama. “Peluang kerja di bidang teknologi sangat tinggi, maka mereka berlomba untuk menjadi yang terbaik di jurusan tersebut, “ jelasnya.

Usia produktif di Jepang juga tergolong panjang, bahkan ada yang sampai usia 70 tahun masih bekerja dengan baik. “Setelah pensiun pun tak jarang mereka diminta perusahaannya kembali untuk menjadi adviser, mereka juga terkenal dengan gila kerja, namun dalam hal yang positif, “ ungkapnya. 

Di samping itu semua, orang Jepang kurang bisa terbuka dengan perasaannya. Sejak kecil mereka dididik untuk selalu menjaga perasaan orang lain. Kehormatan bagi mereka adalah sesuatu yang mahal harganya. “Para pejabatnya kalau terindikasi terkena kasus langsung mengundurkan diri, malu terhadap harga diri, “ tegasnya. 

“Mereka juga mudah sekali minta maaf, meski tidak melakukan salah pun. Itu bisa menjadi salah satu hal yang patut kita teladani mengenai budaya menghormati orang lain, “ tegasnya.


Penulis : Puspa A. Mala 

Grafis : Anugerah Wisnu


Tags : budaya negara jepang, hal unik jepang, ecc ugm
Hi Millennial, Pahami Dirimu Supaya  Mudah Tentukan Karier Career Issue,
Jumat, 12/01/2018 10:07 WIB Hi Millennial, Pahami Dirimu Supaya Mudah Tentukan Karier
Jalur Karir Ini Berpeluang Besar untuk Cemerlang di 2018 Career Issue,
Selasa, 02/01/2018 16:53 WIB Jalur Karir Ini Berpeluang Besar untuk Cemerlang di 2018
Hal Kecil Tapi Berdampak Besar, Budaya Negeri Ini Bisa Jadi Inspirasi Suksesmu | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png