Career Issue, Selasa, 05/12/2017 16:00 WIB

Pahami ini! Dua Hal Berikut Sangat Dibutuhkan Di Perusahaan Multinasional

Sudah menjadi rahasia umum bahwa IPK yang tinggi tak jamin dirimu sukses dalam lamar kerja. Lalu apa ya yang mempengaruhi kamu sukses dalam lamar kerja?
Pahami ini! Dua Hal Berikut Sangat Dibutuhkan Di Perusahaan Multinasional
Career Talk (CT) minggu lalu, tepatnya Kamis (30/11) PT Lotte Chemical Titan Nusantara (LCTN) hadir menyampaikan rahasia penting tentang rekrutmen. Kira-kira apa saja ya yang dibocorkan di CT tersebut?



Oleh HRD GA and HSE General Manager LCTN, Marijono, LCTN CT dibuka dengan memperkenalkan perusahaannya. “Saat ini, LCTN merupakan perusahaan konglomerat tiga terbesar di Korea Selatan, “ kata Marijono. Sekarang perusahaan asal Korea Selatan yang terkenal dengan produksi poli etilen dan poli propilen ini telah memiliki cabang di Indonesia, tepatnya di Cilegon, Merak. Sebagai leading company di perusahaan petrokimia terbesar di Indonesia, LCTN memperkerjakan kurang lebih 60.000 karyawan dari seluruh dunia pada kantor pusatnya di Korea Selatan.

Setelah menyampaikan seluk beluk mengenai perusahaannya, Marijono membocorkan rahasia penting mengenai kualifikasi karyawan perusahaan multinasional. “Ada dua hal penting yang perlu kalian pegang untuk survive di perusahaan besar, yakni leadership skill, dan communication skill, “ tegasnya. 

Communication skill bisa terdeteksi sejak dini melalui proses interview dan psikotes.  “Kunci keberhasilan bukan hanya knowledge saja, IPK-mu boleh tinggi, tapi  kemampuan berkomunikasi adalah kuncinya, dengan begitu kamu akan paham mengenai sistem dan proses kerja, “ tambahnya.

Selain itu, Marijono berpesan, generasi muda masa kini harus berani mengungkapkan pendapat di muka umum. “Hidup di perusahaan multinasional, artinya kamu harus berani bicara mengenai ide-ide, jangan pernah malu, karena meskipun ada senior, mereka juga sedang proses belajar, “ katanya.

“Meski banyak ekspatriat, mereka pun bahasanya campur-campur, “ ungkapnya. Keberanian mengungkapkan pendapat ini bisa dilatih dengan kebiasaan menanamkan keyakinan bahwa kamu bisa, dan kamu siap bersaing. 

Sebagai tambahan, pentingnya budaya disiplin juga menjadi kunci terpenting dalam berkarier. “Sebenarnya tak hanya di perusahaan multinasional saja, perusahaan nasional pun juga membutuhkan orang yang memiliki tiga poin di atas, “ tutupnya. 

Setelah memberi bocoran tersebut, ia pun menawarkan kepada jobseeker tentang lowongan kerja yang dibuka di LCTN. Saat ini LCTN membuka empat lowongan yang bisa kalian pilih untuk berkarier, yakni :

1. Industrial and Employee Relation Officer

2. Inspection Engineer

3. Civil Engineer

4. Chemical Engineer

Untuk mengetahui mengenai penjelasan lowongan, silahkan langsung klik pada lowongan di atas. Setelah menjadi karyawan LCTN, selain mendapatkan pendapatan yang memuaskan, kamu juga bakal mendapatkan beragam training, pertama, new hire training yakni pelatihan selama lima hari pada awal masa kerja supaya karyawan baru paham mengenai budaya kerja perusahaan. Yang kedua adalah jump-up training yang diberikan satu tahun setelah karyawan baru bekerja. Dan yang ketiga adalah take off training, training yang dilakukan untuk mengader karyawan yang nantinya menjadi pemimpin di sebuah divisi atau departemen. 

Nah itu tadi oleh-oleh kami dari LCTN CT, semoga bermanfaat untuk kamu ya! Jangan lupa selalu memperbarui info mengenai karier dengan membuka halaman careernews.id ya!



Penulis : Puspa A. Mala 

Foto : Devi Aprillia


Tags : Lotte Chemical Titan Nusantara, isu dunia kerja, penting, lamar kerja, tip sukses melamar kerja,
Pahami ini! Dua Hal Berikut Sangat Dibutuhkan Di Perusahaan Multinasional | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png