Career Issue, Kamis, 30/11/2017 17:48 WIB

Badai Melanda? Tetap Tenang dan Lakukan Hal Ini!

Bulan ini, hujan makin sering datang ya? Hujan lebat disertai angin kencang memang mengerikan, supaya kamu tetap dalam kondisi aman, simak tip berikut ini!
Badai Melanda? Tetap Tenang dan Lakukan Hal Ini!


Hujan mulai sering datang, tak peduli siang, tak peduli malam. Kedatangannya yang sewaktu-waktu ini membuat kita harus selalu mempersiapkan hal-hal yang bisa melindungi kita kala hujan turun disertai angin kencang dan udara dingin.


Bulan November ini hujan semakin sering nongol, ya? Bahkan beberapa hari lalu, tepatnya Selasa (28/11) sempat terjadi Badai Cempaka. Badai dengan kecepatan maksimum 35 knot atau 65 kilo meter per jam ini sempat menyapa Jogja, Jawa Tengah bagian Selatan, Jawa Timur bagian selatan, Bali dan sekitarnya. 

Beberapa daerah yang disapa Badai Cempaka mengalami banjir dan kerusakan pada perumahan penduduk. Meski kini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyatakan badai tersebut telah menjauh dari perairan selatan Indonesia bagian selatan, namun kita masih harus selalu waspada dengan cuaca ekstrem ini.

Berikut beberapa tip yang kami rangkumkan dari salah satu Ahli Mitigasi Bencana Fisipol UGM, Dr Bevaola Kusumasari untuk menghadapi cuaca ekstrem saat musim hujan, khususnya saat terjadi badai.

1. Selalu perhatikan cuaca yang tengah terjadi pada beberapa hari terakhir

2. Hindari bepergian ke luar saat hujan mengguyur

3. Hindari berteduh pada benda yang rawan roboh, seperti pohon, jembatan, dll

4. Hindari pula berada di dekat benda yang bisa jatuh tertiup angin

5. Siapkan lilin, pemantik api, dan tempat lilin yang tidak bisa terbakar di kamarmu

6. Siapkan makan dan minuman sehat di kamar maupun di rumahmu untuk persiapan apabila kamu tak bisa keluar untuk mencari makan saat badai

7. Sediakan obat-obatan ringan dan masker

8. Segera charge handphone, laptop, emergency lamp, powerbank, dll sebagai antisipasi apabila terjadi pemadaman listrik dalam waktu lama

Itu tadi tip yang bisa kamu ikuti untuk menghadapi cuaca ekstrem. Oh ya, satu lagi yang bisa kamu perhatikan saat terjadi badai yang sangat besar, yakni tetap tenang, dan usahakan cari tempat yang aman untuk berteduh dan berlindung dari badai. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatanmu ya!

Tetap Semangat dan selalu waspada!




Penulis : Puspa A. Mala

Grafis : Anugerah Wisnu


Tags : mitigasi bencana, badai cempaka, tip hadapi badai, ECC UGM,
Badai Melanda? Tetap Tenang dan Lakukan Hal Ini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png