Career Issue, Kamis, 28/09/2017 16:43 WIB

Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja

Magang ternyata bisa memberimu banyak keuntungan, lho! Yuk, simak penjelasannya berikut ini.
Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja
Proses adaptasi di tempat kerja bisa sangat memengaruhi kinerja seseorang ketika baru memasuki dunia pekerjaan. Proses tersebut akan berbeda untuk setiap individu, tergantung kemampuan adaptasi mereka. Yang menjadi faktor utama adalah gap antara teori yang didapat di bangku kuliah dan praktek yang ada di perusahaan yang terkadang membuat proses adaptasi tidak berjalan mudah. Hal tersebut sebenarnya bisa disiasati dengan cara tertentu, salah satunya magang.

Sebagian mahasiswa mungkin sudah tidak asing dengan program magang. Pasalnya, magang sering dijadikan syarat kelulusan oleh jurusan tertentu di beberapa universitas. Ini menandakan bahwa proses magang memanglah penting untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja.

Bahkan negara  juga menunjukkan keseriusan yang serupa terkait program magang. Hal ini dapat dilihat dari regulasi mengenai magang yang telah distandardisasi, melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan Dalam Negeri.

Lalu, sebenarnya apa saja sih keuntungan yang bisa didapat melalui magang? Berikut lima keuntungan yang bisa didapatkan dari mengikuti program magang.

1.    Mengenal Seluk Beluk Dunia Pekerjaan

Ada segudang pengalaman yang hanya bisa kamu dapatkan apabila mengikuti program magang. Contohnya, kamu bisa merasakan atmosfer profesionalisme yang tinggi di lingkungan kerja secara nyata. Selain itu, kamu akan terbiasa menemui masalah dan membuat problem solving-nya.

Hal tersebut merupakan modal yang berharga bagi para calon fresh graduate, karena telah memahami rutinitas di lingkungan kerja yang sesungguhnya. Sehingga, diharapkan bekal pengalaman tersebut bisa membuat proses adaptasi semakin cepat.

2.    Belajar Membangun Relasi

Ketika magang tentunya kamu akan sering berinteraksi langsung dengan orang-orang yang sudah berpengalaman. Seperti dikutip CNN Indonesia, magang akan membuka kesempatan untuk belajar membangun relasi dengan rekan kerja atau bahkan atasan, yang tentunya bisa membimbing kamu dalam memaksimalkan kompetensi yang kamu miliki. Kesempatan tesebut sangat baik untuk menambah pengetahuan dan network, yang tentunya akan sangat berguna ketika kamu telah lulus kuliah.

3.    Mengaplikasikan Ilmu Yang Telah Didapat

Ilmu yang didapat di bangku perkuliahan hampir sebagian besar merupakan ilmu teoritis. Dengan mengikuti program magang, kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang telah kamu dapat di dalam kelas, sekaligus mengukur kemampuanmu terhadap bidang yang kamu kuasai dan tidak kuasai. Dengan begitu, kamu bisa melakukan evaluasi untuk lebih mempersiapkan diri ketika benar-benar akan terjun ke dunia kerja.

4.    Setelah Lulus, Bisa Diangkat Menjadi Karyawan Tetap

Jika mampu meninggalkan impresi yang baik, bukan tidak mungkin perusahaan akan menawarkanmu posisi sebagai pegawai tetap setelah selesai menjalani program magang. Seperti dilansir news.okezone, hal seperti ini lumrah terjadi mengingat perusahaan akan diuntungkan jika merekrut pegawai yang sudah memahami kultur bekerja di perusahaannya.

5.    Nilai Tambah di Mata Perusahaan

Walaupun dengan status fresh graduate, pengalaman magang tentunya akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan dalam menyeleksi kandidatnya. Dikutip dari qerja.com, sebagian besar perusahaan ingin pegawai barunya bisa cepat beradaptasi dan mengikuti ritme kerja di perusahaan tersebut. Dengan begitu, memiliki pengalaman magang akan sangat membantumu dalam proses rekrutmen kerja.

Nah, dengan segala benefit yang ditawarkan, apakah kamu tertarik untuk mencoba program magang? Yuk, persiapkan diri dari sekarang!


Penulis : Elvan Susilo

Editor : Puspa A. Mala
Grafis : Bentar Sadani

Tags : benefit magang, magang, internship program, tips freshgraduate, dunia kerja
Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja Career Issue,
Kamis, 28/09/2017 16:43 WIB Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png