Career Issue, Senin, 18/09/2017 00:00 WIB

Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!

Berikut ini akan kami ulas mengenai salah satu jenis tes rekrutmen kerja. Ingin tahu apa saja yang kami ulas? Silakan menyimak artikel berikut ini


Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Hi Jobseeker! Pasti istilah wawancara pada proses rekrutmen kerja sudah familiar di telingamu. Namun beberapa perusahaan juga menerapkan Leaderless Group Discussion (LGD) lho dalam proses rekrutmennya. Bberikut kami ulas tentang seluk beluk LGD. Simak Ya!
Proses rekrutmen kerja tak hanya sebatas seleksi administrasi, psikotes, dan wawancara kerja. Perusahaan tertentu bahkan menggunakan LGD untuk menjaring bibit unggul yang nantinya menduduki profesi tertentu di perusahaannya. Ya, Leaderless Group Discussion atau disingkat LGD ini memang berbentuk diskusi, namun prosesnya akan berbeda lho dengan Focuss Group Discussion (FGD).

Menurut salah satu konselor karir, Rudi Widiyanto M.Psi., Psikolog, LGD ada dalam sebuah rekrutmen untuk melihat performa atau penampilan seseorang ketika berada dalam sebuah kelompok. Jadi bagaimana tingkah laku peserta LGD bisa ditebak, namun tidak semua perusahaan menggunakan jenis seleksi ini.

Lalu apa bedanya dengan FGD? Meski LGD dan FGD sama-sama berbentuk diskusi, namun keduanya memiliki perbedaan pada proses jalannya diskusi. LGD tidak membutuhkan moderator, atau pemimpin jalannya diskusi. Proses diskusi sepenuhnya diserahkan dalam kelompok.  (Temukan perbedaan FGD dan LGD di sini)

Berbeda halnya dengan LGD. Tes ini lebih sering digunakan dalam proses rekrutmen. LGD bertujuan untuk mencari data dari proses diskusi. Setiap peserta memiliki penilaiannya sendiri. Selain itu, proses rekrutmen kerja yang satu ini bertujuan untuk mencari penyelesaian masalah secara kelompok.

Rudi menambahkan, LGD tidak hanya digunakan dalam proses seleksi, tapi digunakan juga dalam melakukan potential review karyawan. “Misalnya untuk melihat siapa-siapa saja (karyawan-Red) yang dapat dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi,” terangnya.

Bagi kamu yang akan mengikuti tes ini atau mungkin baru pertama kali mendengar tentang LGD, tak perlu risau. Tidak perlu berpikir rumit menghadapi tes yang satu ini. Yang perlu kamu lakukan adalah bersikap seoptimal mungkin, dan jangan lupa untuk memahami kasus dan penyelesaiannya secara teliti. “Rules mengikuti LGD itu sederhana, berargumentasilah dengan baik dan bersikap open mind,” ujar Rudi

Lalu, persiapan apa yang bisa dilakukan sebelum menghadapi LGD? Dan kesalahan apa yang sering dilakukan jobseeker saat LGD? Nantikan artikel kami selanjutnya ya!

Semoga menginspirasi. [careernews.id]


Penulis : Rita Pamilia
Editor : Puspa A. Mala


Tags : tips LGD, Rekrutmen, rekrutmen kerja, career tips, career,
Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja Career Issue,
Kamis, 28/09/2017 16:43 WIB Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png