Career Issue, Kamis, 20/07/2017 14:00 WIB

Jadi Panitia Career Days? Ini Benefitnya, Simak Tanggapan Mereka!

Banyak hal yang bisa kamu dapatkan ketika kamu bergabung sebagai panitia Career Days. Ini kata mereka yang pernah jadi panitia.
Jadi Panitia Career Days? Ini Benefitnya, Simak Tanggapan Mereka!
Hai jobseeker, sebentar lagi kami kembali akan menyelenggarakan 22nd Career Days UGM pada 12-13 Agustus 2017. Event ini merupakan merupakan acara rutin yang diselenggarakan ECC UGM dan didukung oleh banyak pihak.
Sebut saja misalnya perusahaan partisipan, akademisi, sponsor, dan tak ketinggalan mahasiswa yang bergabung sebagaii panitia. Memang apa saja manfaatnya? Tak hanya mendapat pengalaman, lebih dari itu, menjadi panitia Career Days (CD) akan mendapatkan tambahan softskill dan beberapa hal berikut.

Melatih Jiwa Disiplin

Kamu tahu kan, kedisiplinan adalah kunci kesuksesan. Seseorang yang terlatih untuk hidup disiplin pasti akan lebih terstuktur hidupnya. Beberapa panitia CD mengaku dirinya menjadi lebih disiplin seteah bergabung sebagai panitia CD. Mereka yang terdiri dari 12 Divisi, yakni Liaison Officer, announcer, kesekretariatan, teknis, gate and security, IT, konsumsi, pemandu presentasi, pemandu ruang tes, member care, LJK, dan promotion booth harus tiba di lokasi CD sebelum pukul 06.00 pagi. Selain itu, setiap jadwal yang tertera pada jadwal acara harus ditepati.

Hal itu diiyakan oleh Bisma Ridhowi, alumni Fakultas Teknologi Pertanian UGM yang pernah menjabat sebagai leader CD sebelumnya. “CD merupakan media belajar untuk memanajemen diri, dimulai dengan disiplin waktu untuk tiba di lokasi sebelum jam 6 pagi dengan mengenakan pakaian dan perlengkapan yang ditentukan, dan belajar untuk tetap tenang, mengontrol emosi di tengah padatnya pengunjung selama 2 hari,” tuturnya.

Bahkan Bisma telah 4 kali menjadi panitia CD, pada CD 17, 18, 19, dan 20. Ia mengaku acara ini sangat bermanfaat sekali untuknya, karena di sini ia juga belajar lebih dekat dengan dunia kerja. Ia menuturkan, CD dapat memberikan gambaran seperti apa dunia kerja, bagaimana mempersiapkan diri sebelum kerja bahkan sebelum lulus kuliah mereka harus benar-benar siap memasuki dunia kerja.

“Panitia juga harus mampu menjadi problem solver untuk masalah-masalah yang timbul, memiliki inisiatif, dan harus menjaga stamina agar tetap fit dari pagi sampe sore selama 2 hari, “ tambahnya.


Selain disiplin, ia juga menjadi pribadi yang lebih sabar. Baginya, dirinya adalah belajar untuk selalu tersenyum kepada semua orang. Dia menempatkan diri sebagai good customer service yang siap melayani jobseeker, dan officer. Selain itu, di dalam kepanitiaan ia juga harus mampu memecahkan masalah. “Karena dari ratusan panitia dan juga puluhan officer perusahaan, sifat dan karakter masing-masing individu itu berbeda-beda, kami harus selalu berkoordinasi dan sabar dalam menghadapi setiap permasalahan, “

Selain Bisma, ada juga Raka Trialviano Bagus, mahasiswa Teknik Elektro Sekolah Vokasi UGM yang mendapatkan manfaat yang sama. Setelah tergabung dalam CD 19 dan 20, ia merasa lebih disiplin, dan sangat excited dalam mengikuti kegiatan jobfair tersebut. “Ya harus disiplin, kalau telat bisa dapat punishment, tapi bukan yang fisik, punishment-nya lebih ke menghibur para panitia saat briefing, hehehe, “ ungkapnya.

Melewati Proses Seleksi Ketat

Bisma menambahkan, mereka yang lolos sebagai panitia sebelumnya telah melewati beberapa proses seleksi. Bisma, sempat terjun menangani langsung dalam seleksi panitia. Ia menerima 300 surat lamaran, dan mereka yang lolos kemudian dipanggil untuk tes psikologi, LGD, dan wawancara, dimana ketiga tahap itu dilakukan dalam satu hari. “Jadi bisa dibayangkan betapa hecticnya pada saat itu,“ katanya.

“Ada rasa deg-degan juga karena pertama kali menjadi panitia ini, saya diberi amanah sebagai ketua panitia yang menaungi 150 orang. Padahal satu orang aja pasti punya pemikiran dan sudut pandang yang berbeda satu sama lainnya, belum lagi kalau ada masalah teknis, tapi setelah berjalan sukses rasanya plong banget “ tambahnya.

Senada dengan Bisma, meski bukan sebagai leader, Raka juga mengalami hal yang sama. Ia dan panitia lain harus mengalami proses seleksi yang panjang. Ia mengaku sangat senang dan tertantang saat dinyatakan lolos. Mendapat pengalaman baru, dan lebih dekat dengan dunia kerja membuatnya bangga menjadi panitia CD. “Trus biasanya di penutupan CD , officer tiap booth ngasih produk perusahaannya secara cuma-cuma misal kaya Paragon itu bagi bagi kosmetik, “ tuturnya.

Berkesempatan Direkrut Perusahaan Secara Langsung

Bagi mereka CD tak hanya sebatas melayani jobseeker dan perusahaan, namun mereka juga didekatkan pada dunia kerja. Bisma menggambarkan bagaimana momen-momen bahagia telah ia lalui bersama teman-teman panitia lainnya. Jerih payah panitia ternyata sangat diapresiasi perusahaan juga lho. Beberapa panitia yang menunjukkkan kerja bagusnya bahkan langsung direkrut menjadi karyawan oleh officer perusahaan.

“Waktu itu saya dapat kabar bahwa ada panitia yang mendapat apresiasi dari officer, bahkan ada juga beberapa panitia yang direkrut langsung untuk kerja di perusahaan tersebut, karena karena memang kinerjanya yang sangat bagus. Dan para officer-nya yang baik banget, yang nyaman untuk buat diajak ngobrol soal dunia kerja, “ tutup mahasiswi yang akan diwisuda Agustus mendatang.

Bisma dan Raka berharap pada CD mendatang perusahaan yang bergabung semakin banyak, sehingga para jobseeker semakin banyak yang terserap di dunia kerja, dan angka perekonomian di Indonesia semakin tertekan.

Mau punya pengalaman seperti Bisma dan Raka? Yuk daftar jadi panitia 22 CD ECC UGM yuk! Selain dapat pengalaman mengelola event besar, kamu juga bisa lho dapat kesempatan langsung direkrut perusahaan! Ada 12 posisi yang kami cari, segera klik di sini untuk daftar jadi panitia dan cek kelengkapan yang diperlukan. Masih ada waktu hingga Senin, 24 Juli sampai maksimal pukul 21.00 WIB.

Great jobs within a click! [careernews.id]


Penulis    : Puspa A. Mala

Editor      : Vinia R. Prima

Grafis      : Anugerah Wisnu





Tags : career days, panitia career days, jobfair, Career Workshop, career center,
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Jadi Panitia Career Days? Ini Benefitnya, Simak Tanggapan Mereka! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png