Career Issue, Jumat, 21/04/2017 11:33 WIB

Mau Lamar Kerja tapi Enggak Punya Pengalaman? STOP Minder!

Belum punya pengalaman kerja ternyata tak melulu merugikan, lho.
Mau Lamar Kerja tapi Enggak Punya Pengalaman? STOP Minder!
Kamu baru saja menamatkan pendidikan tingkat tinggi. Tahap selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah mencari pekerjaan.

Nah, saat membaca persyaratan di lowongan pekerjaan perusahaan yang ingin kamu lamar, muncul rasa was-was dan cemas. Kenapa? Pasalnya, di sana tertulis minimal tahun pengalamanmu, yang kalau dihitung-hitung, belum memenuhi kualifikasi yang diminta. Akhirnya, kamu pun batal melamar karena merasa enggak pede dan menganggap dirimu underqualified untuk pekerjaan tersebut. Duh, kamu takut ditolak! Pernah merasa begitu enggak?

Sebenarnya, kondisimu sebagai jobseeker yang kurang berpengalaman tak perlu diratapi berkepanjangan. Karena, seperti yang dilansir oleh glassdoor.com, kondisimu punya potensi yang menguntungkan bagi perusahaan.


Mudah dibentuk

Minimnya pengalaman membuatmu terbebas dari  kebiasaan dan nilai-nilai bawaan dari pekerjaan sebelumnya. Hal ini membuat perusahaan bisa dengan mudah melatihmu dengan nilai dan kebiasaan yang tertanam di sana. Jobseeker yang kurang berpengalaman dipandang bisa lebih mudah menerima dan mematuhi didikan yang diberikan oleh perusahaan. Dengan demikian, konflik yang merugikan di lingkup internal perusahaan bisa diminimalisir. Situasi kerja pun jadi lebih nyaman dan terkontrol. What a win-win for both sides!


Bergairah dalam kerja

Ketika kamu hanya punya sedikit atau bahkan tidak punya pengalaman sama sekali, kamu akan cenderung lebih bergairah dalam melaksanakan tugas yang diberikan. Gairah tersebut juga akan membuatmu lebih cepat menyerap berbagai macam bentuk informasi terkait pekerjaanmu. Yup, kamu jadi lebih cepat belajar. Kamu pun tak sabar untuk menaklukan tantangan demi tantangan dalam pekerjaanmu karena kamu ingin membuktikan bahwa kamu mampu, bahkan mungkin lebih dari mampu. Meski tak bisa disamaratakan, bisa dibilang bahwa sikap tersebut jarang ditemui pada karyawan yang sudah jauh lebih berpengalaman darimu.


Kreatif dan inisiatif

Di saat karyawan lain mungkin sudah nyaman berada dalam kotak yang mereka ciptakan sendiri dan tak mau ambil pusing lagi dengan hal-hal di luar tanggung jawab pekerjaan mereka, kamu justru sebaliknya. Kamu tak segan untuk menginisiasi bantuan saat bekerja. Karena sekali lagi, kamu masih dipenuhi hasrat untuk ingin belajar lebih jauh soal bidang yang kamu kerjakan. Asal kamu tahu ya, sikapmu yang sangat terbuka terhadap gagasan dan inovasi untuk memberi hasil terbaik bagi pekerjaan merupakan angin segar bagi perusahaan, lho.


Kamu punya posisi tawar!

Biar bagaimanapun, perusahaan akan selalu termotivasi untuk mendapatkan keuntungan. Kalau kualifikasimu belum cukup memenuhi untuk pekerjaan yang kamu lamar padahal kamu sangat berminat, jangan takut duluan. Yakinkan perusahaan bahwa kamu siap memberikan hasil pekerjaan yang sama, dengan nilai (gaji-red) di bawah pelamar lain yang lebih berpengalaman, demi membantu tercapainya tujuan perusahaan. Selama argumentasimu masuk akal dan penawaranmu tidak merugikan perusahaan, bukan tidak mungkin mereka akan mempertimbangkanmu untuk direkrut.

Jadi, mulai sekarang, cobalah untuk tak langsung ciut saat melamar pekerjaan hanya karena kamu merasa belum cukup berpengalaman untuk posisi yang ditawarkan. Apalagi jika pekerjaan itu memang kamu idam-idamkan. Mana kamu tahu kalau kamu belum mencoba?

Ayo, langsung berkunjung ke laman http://ecc.ft.ugm.ac.id/! Siapa tahu, pekerjaan impianmu menanti di sana!




Penulis      : Elyzabeth Winda

Editor        : Yuana Anandatama


Tags : tidak berpengalaman, jobseeker, cari kerja tanpa pengalaman, tips cari kerja,
Rahasia Rekruter yang Seringkali Tidak Kamu Ketahui Career Issue,
Senin, 17/07/2017 12:00 WIB Rahasia Rekruter yang Seringkali Tidak Kamu Ketahui
Mau Lamar Kerja tapi Enggak Punya Pengalaman? STOP Minder! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png