Career Issue, Selasa, 11/04/2017 15:15 WIB

Hati-hati, Banyak Jobseeker Tidak Mampu Mengenali Kebutuhannya!

Apa kamu merasa sering gagal tes tanpa tahu alasannya? 
Hati-hati, Banyak Jobseeker Tidak Mampu Mengenali Kebutuhannya!
Menentukan sebuah tujuan tanpa melakukan evaluasi dan menyusun strategi seperti berlibur di kota asing tapi tak membawa peta dan menyusun itinerary. Kalau kamu seorang backpacker yang memang ingin eksplorasi tentu tidak jadi soal tapi beda cerita kalau kamu ingin berkarir.

Jika kamu tak punya kemampuan menganalisa apa kebutuhan dan tujuan karir secara mandiri tentu akan menyulitkanmu meraih apa yang kamu inginkan. Bertanya pada yang lebih ahli bisa saja, tapi ada kalanya di kondisi tertentu kamu butuh keputusan individu yang cepat dan tepat.

Kemampuan untuk bisa mengenali kebutuhan diri sendiri dan merumuskan treatment yang tepat untuk memenuhinya biasa disebut sebagai self directedness. Berbicara tentang kemampuan yang satu ini, kami memiliki fakta yang cukup mengejutkan.

Berdasar data konseling karir ECC UGM selama 2016, 41 persen peserta konseling yang mayoritas adalah jobseeker memiliki kelemahan dalam hal self directedness. Kelemahan ini adalah poin tertinggi permasalahan jobseeker yang kami temui selama 2016. Hal ini menunjukkan banyaknya jobseeker yang masih belum bisa mengenali apa yang sebenarnya ia butuhkan sehingga tidak mampu mengarahkan dirinya sendiri pun merumuskan langkah-langkah untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

Gita Nurani, People Development Manager ECC UGM mengungkapkan bahwa kebanyakan jobseeker yang ia temui di meja konseling bahkan tidak bisa memilih pekerjaan yang akan diambil saat sudah ada panggilan. “Dia keterima di dua panggilan tes dan dia tidak bisa nentuin harus datang yang mana,” ungkap Gita. Padahal Gita menuturkan, menentukan mana yang akan diambil adalah hal paling sederhana yang seharusnya sudah bisa dilakukan jobseeker sejak lulus S1.

Tidak tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan, akan membuat jobseeker sulit menemukan apa yang menjadi kelemahannya. Misalnya, banyak jobseeker yang mengeluh tidak segera mendapat pekerjaan tapi mereka tidak tahu langkah paling tepat untuk dirinya mengatasi kondisi tersebut. Parahnya lagi, banyak juga yang tidak tahu kenapa mereka gagal tes.

Nah, bagaimana cara mengatasi kelemahan self directedness ini? Nantikan artikel kami selanjutnya ya!




Penulis      : Rita Pamilia

Editor        : Yuana Anandatama

Tags : personality, CDUGM22, 22nd Career Days UGM, 22CDUGM, issue,
Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja Career Issue,
Kamis, 28/09/2017 16:43 WIB Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Hati-hati, Banyak Jobseeker Tidak Mampu Mengenali Kebutuhannya! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png