News, Minggu, 26/02/2017 14:27 WIB

Yuk Berkarir di Kulina.id, Perusahaan Start Up yang Fokus Pada Bisnis Kuliner

Perkembangan perusahaan start up yang menjanjikan jadi inspirasi CEO kulina.id untuk berbisnis di bidang kuliner.
Yuk Berkarir di Kulina.id, Perusahaan Start Up yang Fokus Pada Bisnis Kuliner
Presentasi sesi ke-4 event 21st Career Days UGM kali ini dilakukan oleh perusahaan bidang IT, kulina.id. Andy Fajar Handika, selaku CEO di awal presentasinya memaparkan tentang gambaran bisnis perusahaan berbasis start up.

Andy mencontohkan tiga perusahaan start up terkenal di dunia seperti AirBnb, Uber, dan Facebook. Menurutnya persamaan dari ketiga perusahaan tersebut ialah zero. Maksudnya, ketiga perusahaan tersebut memiliki keunikan seolah tidak ada komoditi konkret, real, dan nyata milik sendiri yang dijual ke konsumen. Mereka hanya sebagai perantara antara penyedia jasa dan konsumen. Kesamaan lain yang ada ialah tentang umur perusahaan start up yang relatif masih muda. Andy memaparkan dari ke semuanya, AirBnb sebagai perusahaan tertua ternyata baru dibentuk pada tahun 2006. 

Beberapa data yang ditunjukkan saat presentasi mengungkap fakta bahwa start up Uber nilai jualnya saat ini ternyata lebih tinggi dibanding perusahaan otomotif  Ford. Konsep dari bekerja di perusahaan start up adalah menggabungkan antara “thinker dan do-er”. Berbeda jika dibandingkan dengan dunia kampus yang mengutamakan hanya thinker atau korporasi yang menekankan pada do-ernya saja.

Lalu apa sih kulina.id? Dilaunching pada awal tahun 2016, mereka mendefinisikan diri sebagai 'food market place tech startup company connecting food producers and consumers'. Andy menganalogikan perusahaannya sebagai makelar. “Istilahnya kita ini makelar makanan,” paparnya.

Salah satu yang menjadi partner kulina.id saat ini ialah brandHealthy Bandit by Chef Marinka (Juri Master Chef Indonesia)”. Untuk area kerja, kulina.id sekarang hanya beroperasi di wilayah DKI Jakarta dan berencana untuk segera melakukan ekspansi di seluruh wilayah Indonesia. Walaupun demikian, kulina.id sendiri memiliki keunikan basis kantor developer yang terletak jauh dari area pasar mereka, yakni di kota Yogyakarta, bukan Jakarta.

Presentasi yang dihadiri oleh hampir sekitar 70 peserta jobseeker berlangsung selama 45 menit di ruang presentasi, sebelah pintu masuk area jobfair 21st Career Days UGM. Salah satu pertanyaan yang muncul dari audiens kepada presenter ialah tentang bagaimana konsep kerja kulina.id dibandingkan dengan Go-Food. Untuk pertanyaan ini, sang CEO sendiri menjelaskan bahwa mereka berbasis pada sistem langganan (subscribe). Para konsumen yang menjadi klien mereka biasanya akan memesan dalam jangka waktu tertentu dengan pola pembayaran berjangka setelah jatuh tempo. 

Nah, buat para jobseeker yang hadir di 21st Career Days UGM dan ingin mencari informasi lebih lanjut atau tertarik melamar bisa langsung pilih di 7 posisi yang tersedia. Pilihan posisi tersebut, antara lain Operation and Supply, Data Analyst, Legal Officer, Recruitment Officer, Android Developer, iOS Developer, dan UI Design. Kamu bisa apply sekarang juga di booth mereka selama jobfair berlangsung atau buka website rekrutmennya kulina.id/karir. [careernews.id



Tags : cdugm21, infocdugm21, 21CDUGM, 21stcareerdaysugm,
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Yuk Berkarir di Kulina.id, Perusahaan Start Up yang Fokus Pada Bisnis Kuliner | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png