Career Issue, Senin, 09/01/2017 15:53 WIB

Sektor Industri yang Bakal Melejit di Tahun 2017, Apa Saja?

Berbagai bidang industri terus menunjukkan tren positif sepanjang tahun 2016. Bagaimana dengan 2017? Bidang industri mana saja yang diperkirakan bakal melejit?
Sektor Industri yang Bakal Melejit di Tahun 2017, Apa Saja?
Beberapa tahun belakangan ini, sektor perindustrian menjadi salah satu ujung tombak perekonomian Indonesia. Dilansir dari website resmi Kementerian Perindustrian, pada Desember 2016 lalu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto mengatakan sektor industri memiliki kontribusi tinggi dalam pertumbuhan beberapa sektor perekonomian negara. Hal ini tentunya membuat sektor industri semakin diminati beberapa kalangan jobseeker di tahun 2017.

Careernews merangkum berbagai sektor industri yang dianggap menjanjikan oleh jobseeker di tahun 2017. Informasi ini kami sampaikan berdasarkan survei terhadap 228 responden yang diadakan di penghujung tahun 2016.


Media & teknologi informasi mulai unjuk gigi

Industri media & teknologi informasi mencuri perhatian dengan menempati urutan pertama dalam survei ini dengan 19 persen suara. Media yang saat ini semakin merambah ke dunia digital dianggap telah bertransformasi sehingga mampu mengikuti perkembangan zaman.

Hal ini tentunya tak lepas dari peran teknologi yang mampu mengintegrasi industri media. Kolaborasi keduanya ternyata membuat industri media & teknologi dianggap sangat menjanjikan setidaknya untuk beberapa waktu ke depan. Dikutip dari market.bisnis.com, Global Markets Economist Maybank Indonesia, Myrdal Gunarto menjelaskan, sektor industri media & teknologi informasi masuk kategori atraktif sepanjang 2016, karena secara historis Produk Domestik Bruto (PDB) sektor ini tumbuh di atas 8 persen dari semula.

Industri properti & real estate menjadi sektor industri lainya yang dianggap menjanjikan setelah media & teknologi informasi, dengan perolehan suara sebanyak 12 persen. Semakin stabilnya nilai tukar rupiah diyakini membuat sektor industri ini akan melejit di tahun 2017. Seperti dilansir dari kompas.com, industri properti dianggap menjanjikan di tahun 2017 karena menurunnya suku bunga acuan dan stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Bidang industri perdagangan, jasa, dan investasi serta industri pertambangan sama-sama dipilih oleh 11 persen responden sebagai sektor industri yang diperkirakan bakal melejit di tahun ini. Sektor industri pertambangan yang selama tiga tahun terakhir dianggap lesu, ternyata masih diperhitungkan sejak pertengahan tahun 2016 lalu hingga saat ini. Hal tersebut tidak lepas dari laporan Bursa Efek Indonesia (BEI) mengenai kenaikan harga batu bara yang menyentuh angka US$70.75 dari yang semula hanya US$68 per ton.

Sedangkan industri infrastruktur-services dan industri keuangan masing-masing dipilih oleh 10 persen responden sebagai sektor industri yang dinilai cukup menjanjikan dan mampu bersaing dengan industri lainnya. Kedua sektor industri tersebut hanya unggul 3 persen suara dari industri barang konsumsi yang hanya memeroleh suara 7 persen dalam survei kali ini.


Pergeseran prediksi tahun sebelumnya

Seperti survei kali ini, tahun 2016 lalu pun kami sempat melakukan survei yang sama terhadap 76 responden. Hasilnya, terdapat lima besar bidang industri yang menurut mereka akan gemilang selama 2016. Lima bidang industri tersebut adalah industri teknik dan manufaktur (19%), sektor publik dan pemerintahan (16%), industri energi (13%), konstruksi (13%), dan Fast Moving Consumer Goods atau FMCG (10%).

Namun ternyata hasil terawangan responden terhadap bidang industri yang diminati selama 2016 ini tidak sepenuhnya sesuai harapan. Berdasar data ECC UGM terhadap lowongan yang dibuka selama 2016, justru pekerjaan-pekerjaan di bidang servis infrastruktur, media, perdagangan, jasa, dan investasilah yang paling banyak dibuka. Meski begitu, bidang industri FMCG cukup bisa dikatakan ada di urutan atas sebagai lowongan yang sering dibuka melalui ECC UGM.

Data yang kami himpun selama 2016 ini cukup mengindikasikan bahwa apa yang menjadi harapan jobseeker terhadap lowongan yang mereka harapkan menjanjikan tidak diiringi dengan kondisi yang sama di lapangan. Banyak perusahaan yang justru tidak membuka kesempatan rekrutmen lebih luas untuk bidang-bidang yang diharapkan mampu memberikan jenjang karir yang lebih baik tersebut.

Bidang Industri
Jumlah
Persentase (%)
Infrastruktur-Services
69
18
Media dan Teknologi Informasi
66
17
Perdagangan, Jasa, dan Investasi
49
12
Industri Barang Konsumsi / FMC
41
10
Industri Kimia
37
9
Aneka Industri
28
7
Lainnya
28
7
Keuangan
20
5
Pertambangan
18
5
Industri Dasar
12
3
Transportasi
12
3
Pertanian
8
2
Properti dan Real Estate
6
2
Total
394
100

Sumber : Data ECC UGM 2016

Lalu, bagaimana dengan hasil terawangan jobseeker terhadap bidang industri yang menjanjikan pada 2017? Apakah perusahaan di bidang industri sasaran juga akan membuka kesempatan berkarir yang lebih banyak? Mari kita lihat hasilnya nanti. Apapun itu, penting bagi kita untuk tetap menyusun mimpi dan peta karir yang ingin kita raih di tahun ini. Bagi yuk resolusi karirmu selama 2017 pada kami di kolom komentar.



Penulis      : Elvan Susilo dan Rita Pamilia

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Muhammad Rizal

Tags : survei menerawang 2017, bidang industri, trend industri masa depan, jobseeker, mahasiswa,
Sektor Industri yang Bakal Melejit di Tahun 2017, Apa Saja? Career Issue,
Senin, 09/01/2017 15:53 WIB Sektor Industri yang Bakal Melejit di Tahun 2017, Apa Saja?
Ini Pekerjaan yang Paling Diminati Jobseeker di Tahun 2017! Career Issue,
Rabu, 04/01/2017 10:30 WIB Ini Pekerjaan yang Paling Diminati Jobseeker di Tahun 2017!
Sektor Industri yang Bakal Melejit di Tahun 2017, Apa Saja? | CAREERNEWS
1486001424_top_banner_homepage_cn.png