Career Issue, Rabu, 04/01/2017 10:30 WIB

Ini Pekerjaan yang Paling Diminati Jobseeker di Tahun 2017!

Berminat mendapatkan sebuah pekerjaan di tahun depan? Yuk, ketahui pekerjaan apa saja yang paling jadi incaran di tahun 2017!
Ini Pekerjaan yang Paling Diminati Jobseeker di Tahun 2017!
Berdasarkan survei yang diadakan Careernews Desember 2016, insinyur ternyata menjadi pekerjaan yang paling diminati. Selain itu, hasil survei yang diikuti oleh 164 responden ini menunjukkan bidang pekerjaan yang diminati jobseeker di tahun 2017 sangat beragam.

Yuk, simak pemaparan hasil survei berikut.


Meski potensial, IT masih di bawah teknik dan ekonomi

Bidang IT yang sangat luas cakupannya didapuk sebagai bidang pekerjaan yang akan melejit di tahun 2017 oleh LinkedIn. Namun, nyatanya bidang teknik dan ekonomi masih mendominasi pekerjaan yang diminati oleh jobseeker peserta survei Careernews.

Insinyur dipilih oleh 9 persen dari keseluruhan jumlah responden, atau yang tertinggi sebagai pekerjaan yang paling mereka inginkan di tahun 2017. Herwinda Rosyid, mahasiswa tingkat akhir Fakultas Teknik UGM mengungkapkan, profesi insinyur merupakan cita-cita awal seorang mahasiswa ketika memasuki jurusan teknik di sebuah perguruan tinggi. Jadi, akan banyak jobseeker, termasuk dirinya, yang akan mengejar profesi tersebut di tahun 2017.

Setelah insinyur ada profesi akuntan dan Human Resources (HR) yang sama-sama dipilih sebanyak 8,5 persen responden. Nur Mazhariya Ulmi, alumni Fakultas Ekonomika & Bisnis UGM, yang akan memulai karirnya di tahun 2017 telah menetapkan pilihan untuk berkarir sebagai akuntan, sesuai bidang perkuliahannya selama ini. Nur menyadari akan ada persaingan yang ketat untuk bisa menggeluti profesi akuntan atau bidang ekonomi lainnya. Terlebih jika melihat ada begitu banyaknya fakultas ekonomi di perguruan tinggi Indonesia.

Profesi Human Resources (HR) juga mendapat atensi yang tinggi dari para jobseeker di tahun 2017. Dengan semakin ketatnya seleksi masuk ke perusahaan, maka dibutuhkan kualitas serta kuantitas yang lebih di posisi HR sebuah perusahaan.

Selanjutnya ada profesi kontraktor yang mendapatkan suara sebanyak 6 persen dari survei yang sama. Dilansir dari kompas.com, pada bulan Juni kemarin, Joko Widodo selaku presiden RI mengatakan, Indonesia akan fokus terhadap pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia kira-kira hingga 2020 mendatang. Tidak heran mengapa kontraktor menjadi pekerjaan yang banyak diminati di tahun 2017.

IT hanya mendapat suara sebanyak 5 persen responden. Meskipun dinilai menjanjikan, IT hanya menarik perhatian 8 dari 164 orang dalam polling kali ini. Angka tersebut juga diperoleh profesi wirausaha dan bidang ekonomi lainnya, yaitu Management Trainee (MT) atau Officer Development Program (ODP).

Di posisi belakang, ditempati oleh konsultan, legal, dan quality control, yang dipilih oleh 4 persen responden. Nah, bagaimana menurutmu? Apakah profesi yang kamu inginkan ada dalam pemaparan hasil survei di atas? Kalau ada, tentunya kamu harus berusaha lebih keras karena persaingannya tentu tidak akan mudah. Selamat menentukan pilihanmu, ya!




Penulis      : Elvan Susilo

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis         : Muhammad Rizal



Tags : pekerjaan favorit, pekerjaan yang diinginkan jobseeker, pekerjaan 2017, jobseeker, perusahaan, mahasiswa,
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Ini Pekerjaan yang Paling Diminati Jobseeker di Tahun 2017! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png