Career Issue, Selasa, 03/01/2017 14:25 WIB

Berapa Sih Kisaran Gaji yang Diharapkan Jobseeker di Tahun 2017?

Besaran gaji jadi alasan paling realistis bagi seseorang untuk menentukan bekerja di sebuah perusahaan.
Berapa Sih Kisaran Gaji yang Diharapkan Jobseeker di Tahun 2017?
Menginginkan bekerja di sebuah perusahaan yang bonafide tentu tidak lepas dari bayangan seputar gaji jika bekerja di perusahaan tersebut. Perusahaan-perusahaan BUMN seperti PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) merupakan beberapa perusahaan yang disebut-sebut menawarkan gaji tinggi bagi pegawainya.

Terlebih isu kenaikan UMP/UMR yang kian santer diberitakan menambah optimisme jobseeker terkait harapan mereka soal gaji di perusahaan yang mereka inginkan. Lalu, berapakah gaji yang kamu harapkan? Dan perusahaan mana yang paling kamu inginkan untuk merealisasikan ekspektasi gaji tersebut?


Gaji 5-7 juta jadi harapan mayoritas jobseeker

Berdasarkan survei yang diadakan Careernews di bulan Desember ini, nominal gaji yang paling diharapkan di tahun 2017 berkisar 5-7 juta rupiah. Angka tersebut menjadi yang paling banyak diharapkan oleh responden dengan perolehan 52 persen dari total 228 peserta survei. Kisaran gaji ini masih sama dengan hasil survei yang diadakan tepat setahun yang lalu oleh Careernews. Ini mengindikasikan, gaji senilai 5-7 juta adalah hal yang semakin realistis untuk diperoleh.

Selanjutnya rentang gaji 8-10 juta merupakan nominal gaji yang diharapkan 23 persen responden yang mengikuti survei yang sama. Diikuti nominal gaji 2-4 juta yang dipilih oleh 15 persen responden sebagai ekspetasi gaji realistis di tahun 2017. Sementara, hanya 10 persen yang mengharapkan pendapatan mereka melebihi angka 10 juta di tahun 2017 ini.

Ekspektasi gaji yang diharapkan juga diiringi dengan keinginan responden untuk bekerja di perusahaan yang memiliki nama besar. PT Pertamina (Persero) dipilih sebanyak 13 persen peserta survei sebagai perusahaan yang paling diminati di tahun 2017. Dilansir dari liputan 6 bisnis, Pertamina memberi gaji lebih baik dari rata-rata industri. Meski tak menyebut rincian besaran gaji, VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro memaparkan bahwa gaji di Pertamina 2-3 juta rupiah di atas industri lainnya.

Perusahaan BUMN, PT PLN (Persero) memeroleh 8 persen suara, diikuti PT Astra Internasional, Tbk yang dipilih sebanyak 6 persen responden. Bank sentral, Bank Indonesia dan perusahaan konsesi tambang yakni PT Pamapersada Nusantara (PAMA) sama-sama mendapat 4 persen suara.


Kenaikan UMP jadi angin segar

Kenaikan UMP (Upah Minimum Provinsi) yang telah diumumkan oleh masing-masing Pemerintah Daerah di 34 provinsi yang ada di Indonesia jelas merupakan kabar baik untuk merealisasikan ekspetasi gaji di tahun 2017. Seperti dilansir detik finance, kenaikan UMP tersebut akan berlaku per tanggal 1 Januari 2017 mendatang.

Kota-kota besar seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur mengalami peningkatan UMP meskipun tidak signifikan. Dari ketiganya, DKI Jakarta mengalami kenaikan yang paling banyak dengan UMR sebesar 3.355.750 rupiah, yang sebelumnya hanya di angka 3.100.000 rupiah. Sementara, kota-kota lain pun mengalami peningkatan sekitar 100.000 hingga 400.000 rupiah.

Walaupun gaji yang diberikan perusahaan mengacu pada UMP/UMR, namun tak jarang perusahaan memerhatikan aspek lain dalam memberikan gaji terhadap pegawainya. Risiko pekerjaan juga bisa dijadikan pertimbangan perusahaan dalam memberikan gaji. Selain itu, gaji yang diberikan pun masih akan ditambah beberapa tunjangan yang menjadi kebijakan masing-masing perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawainya.

Nah, untuk merealisasikan harapan kamu mengenai gaji di tahun 2017, kamu harus cermat dalam melakukan kalkulasi standar gaji plus tunjangan yang diberikan perusahaan kepada pegawainya. Paparan hasil survei di atas tentunya juga bisa kamu jadikan acuan dalam menetapkan standar gaji versi kamu di tahun 2017. Jadi, berapa ekspetasi gajimu di tahun 2017?



Penulis      : Elvan Susilo

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis         : Muhammad Rizal

Tags : gaji, issue, jobseeker, gaji 2017, perusahaan, mahasiswa
Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja Career Issue,
Kamis, 28/09/2017 16:43 WIB Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Berapa Sih Kisaran Gaji yang Diharapkan Jobseeker di Tahun 2017? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png