Career Issue, Kamis, 22/12/2016 10:01 WIB

Perbesar Tingkat Kelulusanmu di Tahap Tes Kesehatan Seleksi Karyawan PLN

Kenapa sih banyak kandidat PLN gagal di tes kesehatan? Jangan-jangan banyak jobseeker tidak tahu alasan kenapa mereka gagal?
Perbesar Tingkat Kelulusanmu di Tahap Tes Kesehatan Seleksi Karyawan PLN
Dilamar oleh belasan bahkan puluhan ribu jobseeker membuat PLN cukup ketat saat melakukan seleksi calon karyawan. Mereka tak segan menerapkan standar tinggi demi memeroleh bibit-bibit unggul di perusahaan milik pemerintah ini.

Salah satu jenis tahapan seleksi yang memupuskan harapan hampir separuh pelamar PLN ialah Tes Kesehatan. Hal ini dikarenakan banyak pelamar tenyata belum masuk atau tidak sesuai dengan kriteria-kriteria sehat yang telah dipatok PLN. Kriteria ini dilihat lewat uji kesehatan yang dikategorikan dalam dua jenis tes, yakni Tes Fisik dan Tes Laboratorium.


Penyebab yang sering menggagalkan

Beberapa hal yang biasanya menyebabkan peserta gagal dalam tes fisik, antara lain ukuran lingkar perut berlebih, BMI tidak Ideal, mata minus, dan varises berat. Sedangkan dalam tes laboratorium, hal-hal yang umumnya menjadi alasan peserta gagal adalah kadar kolesterol, gula darah, tekanan darah, indikasi diabetes, paru-paru (terutama yang merokok), dan gangguan organ.

Tren penyebab gagal dari tahun ke tahun pun rata-rata hampir sama. Alif Fajar Rahman, Staf Bidang Rekrutmen dan Seleksi PT PLN (Persero) mengatakan, "Untuk tren tiap tahun sama sih, rata-rata kolesterol, gula darah, tensi, BMI tidak ideal, mata minus terlalu tinggi, lingkar perut melebihi standar kita."

Tingginya angka kegagalan dalam tes ini diperkirakan oleh Alif merupakan akibat dari pola hidup yang tidak sehat. "Pola makan, gaya hidup remaja sekarang masih menjadi momok banyaknya pelamar yang gugur di tes kesehatan. Kurang makan sayur, buah-buahan, makanan yang berserat. Jadi, semua kembali ke diri masing-masing bagaimana mengatur pola hidup sehat," papar Alif.

Alif menyarankan kepada calon pelamar untuk melakukan persiapan tes kesehatan sejak jauh-jauh hari. "Minimal 1 bulan itu sudah mempersiapkan untuk tes kesehatan. Kalau yang berat badan tidak ideal (postur) 1 tahunlah tergantung tingkat over standarnya. Sama menjaga pola makan, kurangi makan makanan yang kolesterol tinggi, puasa junk food dulu lah," tutur Alif.

Pentingnya seleksi tes kesehatan bagi calon karyawan PLN ini adalah demi mencapai kinerja yang maksimal. Dengan memiliki tubuh sehat, diharapkan para karyawan akan mampu bekerja dengan baik tanpa hambatan kesehatan.

Seperti kata pepatah, 'Mens Sana In Corpore Sano', di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Buat kamu jobseeker, mulailah pola hidup sehat dari sekarang dan dapatkan kesempatan lebih besar lulus di Tes Kesehatan PLN, yuk!




Penulis      : Nikita Yolania

Editor        : Yuana Anandatama

Foto          : Careernews.id


Tags : PLN, PT PLN (Persero), rekrutmen PLN, jobseeker, Tes kesehatan PLN, gagal tes kesehatan PLN, lolos tes kesehatan PLN, tes lab PLN, tes fisik PLN,
Memandang Sukses dengan Sebelah Mata : Success is Overrated! Career Issue,
Selasa, 09/05/2017 13:55 WIB Memandang Sukses dengan Sebelah Mata : Success is Overrated!
CV Saja Tak Cukup, Kamu Perlu Kuasai Beberapa Kemampuan Ini Career Issue,
Jumat, 09/06/2017 13:55 WIB CV Saja Tak Cukup, Kamu Perlu Kuasai Beberapa Kemampuan Ini
Perbesar Tingkat Kelulusanmu di Tahap Tes Kesehatan Seleksi Karyawan PLN | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png