Career Issue, Jumat, 23/12/2016 09:02 WIB

Menilik Efektivitas Rekrutmen PLN Melalui ECC UGM

Bagaimana pendapat PLN mengenai kandidat karyawan yang didapat melalui ECC? Yuk, simak penjelasan dari officer PLN!
Menilik Efektivitas Rekrutmen PLN Melalui ECC UGM
Dalam usaha menjaring Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai kriteria, sebuah perusahaan harus menerapkan metode rekrutmen yang sesuai. Bagaimana dengan PLN?

PT PLN (Persero) merupakan satu dari sekian banyak perusahaan yang menetapkan standar yang cukup tinggi dalam proses penjaringan karyawan. Proses seleksi yang ketat dan detail ini merupakan bukti komitmen PLN dalam menjaring SDM yang memenuhi kriteria.

Selain melalui rekrutmen umum, PLN juga memercayakan proses penjaringan karyawan kepada konsultan karir. ECC UGM jadi salah satu konsultan karir yang digandeng PLN dalam proses penjaringan karyawan. Lalu, berapa rata-rata kandidat yang diterima lewat proses rekrutmen di ECC? "Peluang untuk lolos dan diterima menjadi pegawai PLN yang melalui ECC itu rata-rata 7-11 persen dari total pendaftar. Itu angka yang wajar mengingat jumlah pendaftar yang membludak saat ada event seperti jobfair," ujar Alif Fajar Rahman, selaku Staf Bidang Rekrutmen dan Seleksi PT PLN (Persero).


Poin tinggi di hampir setiap aspek

Alif mengaku bahwa kandidat yang didapat PLN melalui ECC kadang bisa melebihi ekspektasi dari standar yang telah ditetapkan PLN. "Kami memiliki standar kualitas SDM untuk setiap tahapan seleksi. Pelamar yang disalurkan ECC hampir semuanya bagus. Hanya saja terbentur dengan kuota penerimaan karena kebutuhan pegawai sudah ditetapkan oleh unit," jelas Alif.

Ada banyak aspek (sesuai standar operasional rekrutmen yang telah ditetapkan-red) yang dinilai oleh officer PLN. Menariknya, poin rata-rata yang diperoleh pelamar melalui ECC di setiap tahapan tes cenderung tinggi dan selalu meningkat. "Nilai tesnya bagus-bagus. Enggak heran kalau SDM yang disalurkan ECC sangat potensial," ujar Alif.

Selain itu, Alif juga terkesima dengan attitude yang ditunjukan pelamar yang disalurkan ECC. "Selain nilainya bagus, attitude-nya juga tidak kalah okay," tambahnya. Menurutnya, sangat jarang kandidat karyawan yang cakap secara potensi serta personal. Hal tersebut bisa dilihat saat pelamar memasuki tahap seleksi wawancara.

Sementara itu, tahap yang dinilai menjadi momok bagi seluruh kandidat karyawan di PLN adalah Tes Kesehatan. Alif mengamati ada titik minus kandidat yang disalurkan ECC di tahap ini. "Memang banyak yang gugur justru di tes kesehatan. Kita wajib mencari pegawai yang siap secara kompetensi maupun fisik. Mengingat risiko bekerja di PLN yang terbilang besar," kata Alif. Karenanya, standar penilaian untuk tahap tes kesehatan merupakan salah satu yang paling ketat.


Dari tips hingga info rekrutmen tersedia lengkap

Alif menjelaskan bahwa sejauh ini rekrutmen PLN melalui ECC sangatlah efektif karena sangat membantu proses manajemen pelamar PLN. "Melalui ECC, pelamar jadi tahu info-info rekrutmen PLN, di mana saja yang buka. Jadi, peserta tahu bagaimana tips menghadapi tahapan-tahapan tes seleksi menjadi pegawai PLN," tambahnya. Informasi-informasi tersebut dianggap Alif sangat membantu kandidat-kandidat karyawan yang melamar kerja di PLN. Selain itu, PLN tidak pernah kesulitan dalam mendapatkan data-data kandidat langsung dari pihak ECC.

Yogyakarta sebagai basis ECC diakui Alif telah banyak meloloskan banyak kandidat karyawan PLN  yang sangat potensial. Banyak cara dan kesempatan yang bisa dimaksimalkan untuk lolos seleksi kerja di PLN. Mencoba memaksimalkan peluang melalui konsultan karir mungkin sudah saatnya untuk coba kamu lakukan. Agar bisa mendapat informasi-informasi lebih yang mampu menunjang wawasan dan informasi mengenai kompetensi-kompetensi karyawan yang dibutuhkan PLN.



Penulis      : Elvan Susilo

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews.id

Tags : PT PLN (Persero), PLN, jobseeker, seleksi rekrutmen, Rekrutmen PLN,
Baca Persyaratan Lowongan Kok Kurang Antusias, Kenapa Ya? Career Issue,
Jumat, 10/03/2017 11:22 WIB Baca Persyaratan Lowongan Kok Kurang Antusias, Kenapa Ya?
Sektor Industri yang Bakal Melejit di Tahun 2017, Apa Saja? Career Issue,
Senin, 09/01/2017 15:53 WIB Sektor Industri yang Bakal Melejit di Tahun 2017, Apa Saja?
Menilik Efektivitas Rekrutmen PLN Melalui ECC UGM | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png