Career Issue, Jumat, 04/11/2016 15:17 WIB

Masih Kuliah Tapi Ingin Kerja? Jajal Jadi Volunteering dan Magang di NGO Saja!

Berbasis pemberian pendidikan alternatif bagi anak-anak, Project Child Indonesia buka kesempatan magang dan volunteer buatmu yang ingin berkontribusi.
Masih Kuliah Tapi Ingin Kerja? Jajal Jadi Volunteering dan Magang di NGO Saja!
Kamu mungkin berpikir ada banyak syarat yang harus kamu penuhi kalau kamu ingin bergabung di sebuah NGO. Faktanya?

Menurut Shabrina, Mahasiswa Magang dari Jurusan Psikologi Universitas Gadjah Mada, syarat utama untuk jadi Intern ataupun Volunteer di Project Child Indonesia (PCI) adalah bisa berbahasa Inggris. “Kemampuan bahasa Inggris tapi intermediate (tingkatan-red) saja, enggak harus advance. Dia cukup brave enough to speak english itu enough,” jelas Muhammad Ikhwan H, Program Manager PCI. Hal inilah yang mungkin menyebabkan volunteer PCI sebagian besar adalah mahasiswa. Meski, PCI tidak menutup kesempatan bagi yang bukan mahasiswa untuk bergabung. “…yang (tingkat-red) SMA ada juga,” tambah Ikhwan.

Saat ini, sukarelawan di PCI berjumlah kurang lebih 40 orang. 18 orang untuk Program Sekolah Sungai dan Drinking Water Program ada 12 orang. “Akan tambah lagi 12 (orang-red) karena di Water Program akan membuka sekolah baru,” ungkap Shabrina.


Magang dan volunteer. Apa bedanya?

PCI melakukan perekrutan volunteer secara terbuka. informasi akan dipublikasikan melalui website dan akun media sosial resmi PCI. Perekrutan menggunakan sistem kloter atau batch dan dibuka setiap 4 bulan sekali yakni pada bulan Desember, April, dan Agustus. “Satu batch ini kalau mereka (volunteer Program Sekolah Sungai sekarang-red) mulainya Agustus dan selesai di akhir Desember, kayak gitu terus, setiap empat bulan buka (lowongan-red),” papar Shabrina. Menurut Awan, jika volunteer yang sudah terpilih ingin melanjutkan programnya, masa kerja ini bisa diperpanjang lagi pada batch berikutnya.

Selain volunteer, PCI juga memberi kesempatan magang untuk para mahasiswa. Kesempatan ini diberikan agar pemagang dapat mengenal organisasi PCI secara langsung. Mereka juga bisa mempelajari PCI lebih jauh sebagai sebuah NGO resmi dan bagaimana program-programnya dijalankan.

Kelebihan lain dari program magang ini ialah membuka kesempatan bagi para mahasiswa atau peneliti yang ingin melakukan riset bersama Project Child. Awan membocorkan bahwa saat ini ada mahasiswa asal Amerika yang sedang magang sekaligus melakukan riset mengenai Internet Literacy di PCI.

Ada perbedaan masa kerja antara peserta volunteer dan magang. Pemagang memiliki waktu yang lebih fleksibel dibanding sukarelawan. Mereka dapat menentukan sendiri kapan magang tersebut dapat dilakukan. Rentang waktu magang umumnya dimulai dari 2 minggu sampai 1 tahun. Bagi mahasiswa yang ingin magang di Project Child bisa mengajukan diri dengan menyerahkan CV dan surat pengantar resmi dari kampus. Sementara kamu yang berminat jadi volunteer bisa menuju laman volunteer.projectchild.ngo dan langsung mengisi form yang sudah disediakan. 

Layaknya organisasi sosial pada umumnya, PCI tidak berorientasi pada profit, para sukarelawan dan peserta magang bekerja tanpa digaji atau mendapat fee. Namun, mereka tentu akan mendapat sertifikat penghargaan di akhir program kegiatan.

Buat kamu yang tertarik jadi volunteer ataupun magang di NGO, jangan ragu buat gabung di Project Child Indonesia pada batch selanjutnya, ya. As they said, everyone can help!



Penulis      : Nikita Yolania

Editor        : Rita Pamilia dan Yuana Anandatama

Grafis        : Muhammad Rizal

Tags : NGO, karir NGO, kerja di NGO, mahasiswa, Magang,
Sektor Industri yang Bakal Melejit di Tahun 2017, Apa Saja? Career Issue,
Senin, 09/01/2017 15:53 WIB Sektor Industri yang Bakal Melejit di Tahun 2017, Apa Saja?
Ini Pekerjaan yang Paling Diminati Jobseeker di Tahun 2017! Career Issue,
Rabu, 04/01/2017 10:30 WIB Ini Pekerjaan yang Paling Diminati Jobseeker di Tahun 2017!
Masih Kuliah Tapi Ingin Kerja? Jajal Jadi Volunteering dan Magang di NGO Saja! | CAREERNEWS
1486001424_top_banner_homepage_cn.png