Career Issue, Senin, 22/08/2016 10:05 WIB

Media dan IT, Bakal Jadi Industri Favorit Jobseeker di 20th Career Days UGM

Dunia karir semarak dipadati oleh berbagai bidang industri, yang manakah favoritmu?
Media dan IT, Bakal Jadi Industri Favorit Jobseeker di 20th Career Days UGM
Bidang industri perusahaan-perusahaan di Indonesia memang sangat beragam. Masing-masing punya karakteristik yang khas. Sebagai jobseeker, kamu tentu sudah mengincar industri tertentu sebagai tujuan karirmu nanti

Bulan ini, dalam rangka menuju 20th Career Days UGM, Careernews mengadakan polling seputar industri favorit jobseeker dalam helatan tersebut. Hasilnya, tiga industri terfavorit diraih oleh media dan IT, keuangan, serta barang konsumsi.


Media dan IT, favorit jobseeker

Seolah mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin pesat, jawaban terbanyak yang dipilih responden adalah industri media dan IT. Sebanyak 24 persen dari total responden memilih industri ini menjadi yang paling favorit pada 20th Career Days UGM nanti.

Di helatan jobfair yang akan digelar pada akhir bulan ini, industri media dan IT akan dipadati oleh sederet perusahaan. Seperti PT Lativi Media Karya (tvOne), Trans7, PT Kreatif Media Karya, PT Mitra Integrasi Informatika, dan lain sebagainya. Industri ini terbilang sangat dinamis dan dituntut untuk mengikuti perubahan zaman sekecil apapun.

Sedangkan di posisi kedua sebanyak 22 persen, ditempati oleh industri keuangan. Perbankan, finance, dan asuransi, tergolong dalam industri ini. Banyak dikenal dengan gaji yang berada di rata-rata atas, industri ini ternyata mampu mengundang ketertarikan jobseeker untuk berkarir di sana. Sepanjang sejarah Career Days sebelumnya, booth-booth perusahaan tak pernah sepi oleh perusahaan partisipan yang berasal dari bidang ini. Demikian pula dengan jumlah peminatnya yang selalu banjir pelamar.

Ketiga, sebanyak 17 persen responden mengungkap industri barang konsumsi sebagai opsi favorit. Di setiap helatan jobfair, kamu pasti akan banyak menemui jenis perusahaan yang bergerak di bidang ini, termasuk di 20th Career Days UGM nanti. Di antaranya adalah PT Paragon Innovation and Technology, PT Mandom Indonesia, PT Mayora Indah, dan masih banyak lagi.

Hanya 9 persen responden yang pilihannya jatuh pada industri kimia sebagai favorit mereka. Industri ini memang cenderung terbatas terkait kebutuhan tenaga kerjanya, artinya sebagian besar kandidat berasal dari jurusan eksakta. Jadi, mereka yang berasal dari ranah sosial memang cenderung tidak familiar dengan bidang ini.

Sisanya, 10 persen responden memilih Industri Dasar (olahan tambang, tembakau, logam dasar, dan lain-lain), dan 18 persen lainnya menjadikan industri perdagangan, jasa dan investasi menjadi yang mereka minati.

Pertimbangan dalam memilih industri favorit ini memang bisa dipengaruhi banyak faktor, di antaranya adalah latar belakang pendidikan, benefit yang didapat, sistem kerja, dan lain sebagainya. Pastika Setyorini, mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM, mengungkapkan dirinya memang cenderung memilih industri jasa sebagai yang paling favorit. Namun jika mempertimbangkan jurusan, pilihannya jatuh pada industri media dan IT. “Karena ingin menerapkan ilmu yang didapat ketika kuliah,” jelasnya.

Nah, setujukah kamu dengan pilihan jobseeker di atas? Tentukan pilihanmu dengan datang di 20th Career Days UGM, 27-28 Agustus ini, ya! Kami nanti kehadiranmu!



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews

Tags : 20th career days ugm, CDUGM20, jobseeker, job fair ECC UGM, mahasiswa, jobfair, cdugm20
Kamu Produktif Apa Sibuk? Ketahui di Sini! Career Issue,
Kamis, 05/07/2018 17:04 WIB Kamu Produktif Apa Sibuk? Ketahui di Sini!
Berapa Sih, Nominal THR yang Seharusnya Kamu Terima? Career Issue,
Minggu, 10/06/2018 23:01 WIB Berapa Sih, Nominal THR yang Seharusnya Kamu Terima?
Media dan IT, Bakal Jadi Industri Favorit Jobseeker di 20th Career Days UGM | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png