Career Issue, Kamis, 02/06/2016 15:46 WIB

Bekerja di Pupuk Kaltim Haruskah Siap Ditempatkan di Tempat Terpencil?

Area tambang terkenal dengan jaraknya yang jauh dari area perkotaan, lantas di manakah para pekerja bermukim?
Bekerja di Pupuk Kaltim Haruskah Siap Ditempatkan di Tempat Terpencil?
“Banyak industri tambang di sana. Jadi, sudah ramai,” tekan Muhammad Arifin tentang bayangan wilayah kerja PT Pupuk Kaltim di Bontang, Kalimantan Timur. Karena itu, jobseeker yang ingin berkarir di perusahaan ini tak perlu ragu lagi.

Ditambahkan oleh pria yang menjabat sebagai Kepala Bagian Data Karyawan dan Peraturan Ketenagakerjaan Departemen KHI (Kesejahteraan dan Hubungan Industrial) PT Pupuk Kaltim ini, kota Bontang adalah produsen urea terbesar di Indonesia. Maka, jangan heran jika kebanyakan tenaga kerja ditempatkan di area kerja tersebut. “Bontang sekarang sudah mulai macet, sudah jadi kota sekarang,” tambah Arifin.

Fasilitas yang diberikan Pupuk Kaltim kepada karyawannya pun, semakin menghapuskan kesan terpencilnya area kerja anak perusahaan PT Pupuk Indonesia Holding Company ini. “PT Pupuk Kaltim sangat memperhatikan karyawannya. Berbagai fasilitas diberikan, mulai dari perumahan dinas, fasilitas ibadah, pesawat yang menerbangkan karyawan dari Bontang ke Balikpapan, rumah sakit, asuransi kesehatan, fasilitas pendidikan mulai dari playgroup sampai dengan SMA, fasilitas olahraga, dan hiburan yang terpadu. Berbagai komunitas hobi mulai dari fotografi, diving, golf, dan lain-lain bisa ditemukan di lingkungan Pupuk Kaltim,” papar Zatul Farrah, Departemen Kesra dan Hubind PT Pupuk Kaltim.


Budaya kerja keras, karyawan anti stres

Di mata orang, bekerja di industri pertambangan adalah suatu hal yang berat. Selain kerja lapangan yang kompleks, risiko keselamatannya juga cukup tinggi. “Orang yang mau bekerja. Itu yang akan jadi budaya di PT Pupuk Kaltim,” sebut Nurdi.

Bekerja keras memanglah penting pada perusahaan yang mayoritas pemasarannya di Indonesia timur ini. Saking pentingnya, sejak masa rekrutmen, PT Pupuk Kaltim menjadikan karakter mampu bekerja dalam tim (teamwork), mampu menghadapi pekerjaan yang berat, dan tahan stres sebagai karakter karyawan impiannya.

“Kalau yang orisinal, suasana kerja PT Pupuk Kaltim masih sama dengan perusahaan lainnya. Tingkat kedisiplinan pun masih terbilang bagus,” jabar Nurdi. Sedangkan untuk sisi keamanan (safety), PT Pupuk Kaltim sangat peduli dan menjamin dengan BPJS atau asuransi kesehatan lainnya. Seakan belum cukup, masih ada segenap tunjangan kesejahteraan lainnya.

Meski pekerjaannya berat dan menantang, bekerja di PT Pupuk Kaltim  punya keseruannya sendiri. “Yang unik adalah karena banyak karyawan yang sama-sama merantau, jiwanya semakin terbentuk. Lalu, muncul perasaan senasib dengan sesama rekan,” kisah Nurdi berdasarkan pengalamannya.

Nah, menengok kebenaran mitos dan serunya budaya kerja PT Pupuk Kaltim, bagaimana denganmu? Siap bergabung, bekerja keras, dan merasakan serunya berkarir di PT Pupuk Kaltim?



Penulis      : Febriyanti Revitasari

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Swevel

Tags : career issue, lowongan perusahaan, jobseeker, newsletter, pupuk kaltim,
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Bekerja di Pupuk Kaltim Haruskah Siap Ditempatkan di Tempat Terpencil? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png