Career Issue, Kamis, 02/06/2016 15:44 WIB

Prospek Bisnis Cerah, Kenapa Ragu Berkarir di PT Pupuk Kaltim?

Benarkah berkarir di BUMN terkemuka cukup menjanjikan terkait prospek bisnisnya?
Prospek Bisnis Cerah, Kenapa Ragu Berkarir di PT Pupuk Kaltim?
Salah satu kekhawatiran bekerja di industri pertambangan adalah habisnya bahan baku tambang itu sendiri. Bagaimana dengan PT Pupuk Kaltim?

Nurdi Saptono, Super Intendent Humas PT Pupuk Kaltim, menyampaikan jika cadangan urea untuk produksi pupuk masih tersedia hingga setengah abad ke depan. “Dalam 10 tahun kedua, cadangan urea masih cukup untuk 50 tahun ke depan,” ungkapnya. Seandainya pun habis, Nurdi sampaikan PT Pupuk Kaltim bisa beralih ke batubara dan ini sedang dikaji.

Namun, Nurdi tidak memungkiri jika perusahaannya mendapat tantangan besar dari luar negeri. “Core business urea untuk lima tahun ke depan mendapat tantangan dari Cina,” beber Nurdi. Ditambahkannya, Cina memiliki pabrik dan bahan baku yang besar tapi mereka dapat menjual dengan harga yang lebih murah. Sedangkan PT Pupuk Kaltim masih menjalankan bisnisnya di bawah Pertamina. Karenanya, harga pupuk pun disesuaikan dengan kurs dollar. Untuk itu, PT Pupuk Kaltim sudah menyiapkan strateginya sendiri. “Karena dari itu, kita tidak hanya berbisnis urea,” pungkasnya.

Ditilik dari laman resmi PT Pupuk Kaltim, perusahaan di bawah PT Pupuk Indonesia Holding Company ini, tak hanya menjual pupuk urea, masih ada pupuk amoniak dan pupuk NPK. Produk-produk tersebut nantinya akan dipasarkan ke area Indonesia timur (Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua) untuk kategori pupuk bersubsidi dan seluruh Indonesia untuk pupuk non subsidi.

Dengan hadirnya MEA, kesempatan PT Pupuk Kaltim untuk berkiprah di luar Indonesia semakin terbuka lebar. Hal ini diamini oleh Zatul Farrah, Departemen Kesra dan Hubind PT Pupuk Kaltim. “Untuk itu, PT Pupuk Kaltim berusaha memperluas kesempatannya dengan menambah jumlah pabrik pupuk menjadi 7 pabrik. Saat ini, kami juga sedang mengembangkan proyek NPK cluster yang bekerjasama dengan Perusahaan Pupuk Jordan,” ungkap Farrah. Langkah ini sengaja diambil PT Pupuk Kaltim dalam menghadapi persaingan dan meningkatkan pendapatan.


PT Pupuk Kaltim dan SDM berkualitas

Dengan prospek bisnis dari PT Pupuk Kaltim yang terbilang cerah ini, tentu berpengaruh pada kebutuhan SDM yang berkualitas.

“SDM yang berkualitas merupakan nilai penting dalam menghadapi MEA. Tanpa didukung SDM yang berkualitas, PT Pupuk Kaltim tidak bisa mewujudkan visi perusahaan yaitu menjadi perusahaan di bidang industri pupuk, kimia dan agribisnis kelas dunia yang tumbuh dan berkelanjutan,” tandas Farrah.

Lalu apa syarat SDM berkualitas versi PT Pupuk Kaltim? Bagi lulusan SMK, nilai ijazah di atas 7 adalah salah satu syaratnya. Untuk lulusan sarjana dan diploma, nilai TOEFL sebesar 450 dan 400 adalah syarat wajibnya. Di luar itu, IPK di atas 3,00 juga akan diperhatikan.

Selain terkait dengan akademik, lingkungan pergaulanmu pun akan dipantau oleh PT Pupuk Kaltim melalui keterangan bebas dari narkoba. Pun dengan kesehatan mental atau jiwamu karena keduanya juga akan dijadikan syarat bagi calon karyawan PT Pupuk Kaltim.

Sekarang, beranikah kamu berkarir di perusahaan industri pupuk, kimia, dan agribisnis kelas dunia yang masih terus tumbuh dan berkelanjutan ini?



Penulis      : Febriyanti Revitasari

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Swevel

Tags : newsletter, career issue, jobseeker, pupuk kaltim,
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Prospek Bisnis Cerah, Kenapa Ragu Berkarir di PT Pupuk Kaltim? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png