Career Issue, Kamis, 02/06/2016 15:42 WIB

Pensiun Besar-Besaran, Pupuk Kaltim Siapkan Ratusan Karyawan Pengganti

Raih kesempatanmu berkarir di perusahaan BUMN ini!
Pensiun Besar-Besaran, Pupuk Kaltim Siapkan Ratusan Karyawan Pengganti
“Pada tiga tahun terakhir ini (2015-2017), PT Pupuk Kaltim akan kehilangan banyak tenaga kerja karena pensiun,” ungkap Nurdi Saptono, Super Intendent Humas PT Pupuk Kaltim.

Disampaikan Nurdi, kurang lebih karyawan pensiun PT Pupuk Kaltim pada tahun 2015 berjumlah 200 orang. Sementara tahun 2016, jumlah karyawan pensiun diperkirakan bertambah mencapai 250 orang. Bahkan 2017 nanti, pensiun yang terjadi pada karyawan berusia 55 tahun akan mencapai angka sekitar 270 orang.


Kebutuhan karyawan dari semua jurusan

Hingga saat ini, PT Pupuk Kaltim punya sekitar 2.400 tenaga kerja organik dan 1.200 orang tenaga outsource. Dari jumlah tersebut, karyawan dari jurusan Teknik Kimia adalah yang paling mendominasi meski lowongan juga terbuka untuk berbagai jurusan. “Core business PT Pupuk Kaltim memang di bidang teknik kimia. Namun, kita juga membuka lowongan untuk semua jurusan, disesuaikan dengan posisi yang kosong,” tambah Nurdi.

Nurdi juga menyatakan bahwa alumni Teknik Sipil dapat melamar ke bagian rekayasa dan konstruksi. “Di PT Pupuk Kaltim Bontang pun, ada banyak psikolog,” lanjutnya.

Sejauh ini, PT Pupuk Kaltim memiliki dua sistem rekrutmen. Sistem tersebut adalah sistem pool (mahasiswa yang mendekati perusahaan) dan road to campus (perusahaan yang mendekati mahasiswa). Sementara untuk tahap rekrutmen akan dimulai dari lokal, yakni penduduk Bontang. Baru kemudian dilanjutkan rekrutmen secara nasional.

“Rekrutmen akan dimulai dari tahap lokal terlebih dulu, dibuktikan dengan adanya KTP Bontang. Namun penduduk non Bontang yang sudah tiga tahun berturut-turut tinggal di Bontang, juga dipersilakan ikut,” paparnya.

Nah, apabila rekrutmen lokal belum memenuhi kuota, PT Pupuk Kaltim baru akan membuka lowongan untuk daerah se-Kalimantan Timur. Hal yang sama juga berlaku untuk rekrutmen nasional. Rekrutmen nasional baru akan dibuka jika rekrutmen untuk daerah se-Kalimantan Timur belum mencapai kuota tenaga kerja yang dibutuhkan.


Kemana mau melamar?

Jika kamu tertarik meniti karir pada perusahaan BUMN, industri strategis, dan pertambangan urea, inilah saat tepat untuk menjadikan PT Pupuk Kaltim sebagai masa depanmu. Terlebih Presiden RI, Joko Widodo tengah menggalakkan program ketahanan pangan. Tentunya, berkarir di PT Pupuk Kaltim akan mendukung ketahanan pangan lewat ketersediaan pupuk untuk pertanian.

Selalu perbaharui informasi tentang rekrutmen PT Pupuk Kaltim pada laman resminya. Di samping memantau laman resmi PT Pupuk Kaltim ini, pantau juga situs ECC di http://ecc.ft.ugm.ac.id.

Gapai masa depanmu yang cemerlang di PT Pupuk Kaltim sekarang juga!



Penulis      : Febriyanti Revitasari

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Swevel

Tags : career issue, lowongan perusahaan, jobseeker, newsletter, pupuk kaltim,
Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja Career Issue,
Kamis, 28/09/2017 16:43 WIB Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Pensiun Besar-Besaran, Pupuk Kaltim Siapkan Ratusan Karyawan Pengganti | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png