Career Issue, Selasa, 08/03/2016 08:39 WIB

Kamu Bisa Dapatkan Beragam Benefit dengan Magang di Luar Negeri, Apa Saja?

Program magang efektif tuk buatmu lebih stand out dibandingkan yang lain!
Kamu Bisa Dapatkan Beragam Benefit dengan Magang di Luar Negeri, Apa Saja?
Ada dua pilihan magang yang bisa kamu ambil terkait dengan lokasi, yakni dalam negeri atau luar negeri. Keduanya tentu mendatangkan banyak benefit untukmu. Penasaran?

Kamu mungkin masih kebingungan, apakah sebaiknya kamu membidik lokasi magang domestik atau mancanegara. Pelajari kembali benefit mana yang lebih banyak kamu dapat, dan apakah pilihan itu lebih tepat untuk kondisimu saat ini!


Keluar dari zona aman

Magang di luar negeri tentu merupakan suatu pencapaian besar bagimu. Dilansir dari situs Global Link Abroad, tidak banyak orang yang bisa berkuliah di luar negeri. Apalagi untuk magang, semakin sedikit lagi yang bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Nah, saat kamu memasuki dunia karir, pengalaman magang di luar negeri ini tentunta bisa membuat CV kamu lebih stand out dibanding kandidat lain.

Selain itu, dengan magang di luar negeri kamu juga bisa mengembangkan personal branding-mu. Personal branding ini penting untuk memberitahukan pada orang lain siapakah kamu dan benefit apa yang bisa mereka ambil jika berasosiasi denganmu.

Sebelum memperkuat personal branding-mu, kamu perlu terlebih dulu mengenali siapa kamu. Dengan melakukan magang di luar negeri, kamu secara alami akan menemukan jati diri dengan cara 'memaksa' diri keluar dari zona aman. Sebab, magang di luar negeri tentu lebih sulit daripada magang di dekat tempat domisilimu. Selain itu, kamu juga akan jauh dari rumah selama beberapa waktu, bekerja dengan orang tidak dikenal, bahasa asing, dan lain sebagainya.

Melalui pengalaman inilah, kamu secara natural akan menemukan siapa dirimu sebenarnya dan apa talenta yang kamu miliki sehingga bisa dikembangkan. Kamu akan punya waktu untuk berpikir dan melihat lebih dalam ke dirimu sendiri. Kamu mungkin bisa menemukan banyak hal tentang dirimu yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Namun, dengan keluar dari zona nyaman bisa membuatmu lebih memaksimalkan talenta, sehingga lebih banyak pula hal yang akan kamu temukan dari pengalaman tersebut.


Mengembangkan soft skill lebih maksimal

Tak hanya dari segi keahlian teknis, kamu juga bisa mengembangkan soft skill dengan lebih maksimal. Banyak fresh graduate yang menunjukkan kurangnya soft skill, terutama yang berkaitan dengan relasi bersama orang lain. Dengan melakukan magang di luar negeri, kamu bisa mendapat banyak pengalaman bekerja dengan orang lain dari berbagai kultur, adat, negara, bahasa, dan berbagai perbedaan lain yang tidak seberagam ketika kamu magang di lingkungan domestik.

Kamu juga bisa sekaligus menambah keahlian berbahasa asing dengan banyak berkomunikasi bersama orang dari negara lain. Belajar melalui pelatihan atau pendidikan resmi tentu berbeda dengan praktek secara langsung.

Jika magang di dalam negeri, kamu tentu juga bisa mengembangkan banyak soft skill di berbagai bidang. Namun, dengan banyak bersinggungan dengan orang dari mancanegara melalui magang di luar negeri, kamu bisa lebih memaksimalkan talenta karena tantangan yang kamu hadapi lebih sulit. 

Melihat dunia dari berbagai perspektif bisa kamu tempuh dengan magang internasional. Di sana, kamu bisa bertemu dengan peserta magang yang berasal dari negara lain, juga staf yang memiliki latar belakang kultur berbeda. Pikiranmu dapat lebih terbuka dengan semakin banyak pengalaman yang kamu hadapi.

Pada dasarnya, benefit yang akan kamu dapatkan dengan magang internasional maupun dalam negeri sama saja, di luar benefit keahlian berbahasa. Bedanya, dengan magang mancanegara akan ada banyak pengalaman yang bisa kamu gali lebih dalam sehingga lebih banyak pula bekal yang bisa kamu dapatkan tuk menghadapi dunia karir yang sebenarnya.

Bagaimana, sudah menentukan magang apa yang akan kamu tempuh? Apapun itu, semoga kamu sukses dan selalu bersemangat!



Penulis      : Ratih Wilda O.

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : magang luar negeri, jobseeker, mahasiswa,
Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja Career Issue,
Kamis, 28/09/2017 16:43 WIB Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Kamu Bisa Dapatkan Beragam Benefit dengan Magang di Luar Negeri, Apa Saja? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png