Career Issue, Sabtu, 16/05/2015 11:25 WIB

PT Fresh On Time Seafood: 20 Tahun Bergerak di Budidaya Ikan Laut

Indonesia banyak dikenal sebagai penghasil ikan laut yang berkualitas. Hmm, bagaimana prospek berkarir di perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan produksi ikan laut? Tertarik untuk mencoba?
PT Fresh On Time Seafood: 20 Tahun Bergerak di Budidaya Ikan Laut
PT Fresh On Time Seafood merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perikanan laut, untuk diditribusikan di dalam maupun luar negeri. Perusahaan ini sudah 20 tahun memenuhi kebutuhan ikan laut berbagai negara di dunia. 

“Produk kami adalah olahan seafood, pembekuan, dan lain-lain,” jelas Himawasesa Permada Negara, HR Officer PT Fresh On Time Seafood. Hingga saat ini, PT Fresh On Time Seafood sudah memiliki beberapa grup dan kantor cabang yang berlokasi di seluruh Indonesia.


Memanfaatkan potensi Indonesia

Dikenal sebagai negara maritim dengan hasil laut yang kaya dan garis pantai terpanjang di dunia, PT Fresh On Time Seafood melihat potensi Indonesia sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan memiliki tempat penyimpanan dingin di berbagai daerah di seluruh Indonesia, perusahaan ini berusaha menjaga kesegaran dari produk yang dihasilkan. Sebagai salah satu perusahaan seafood terdepan di tanah air, produk yang dihasilkan adalah produk yang berkualitas dengan mutu kesehatan yang terjaga.

Hingga saat ini, PT Fresh On Time Seafood sudah melakukan ekspor ke negara-negara di Asia, Eropa, dan Amerika. Hal ini membuat mereka harus bersaing dengan banyak perusahaan sejenis lainnya yang bergerak di bidang budidaya hasil laut, tak hanya dalam skala nasional. “Kita harus bersaing dengan banyak kompetitor tapi justru di situlah tantangannya,” ucap Himawasesa. Ia mengatakan, PT Fresh On Time Seafood adalah perusahaan yang target oriented. “Bagi orang yang suka tantangan, cocok sekali bekerja di sini,” lanjutnya. 

PT Fresh On Time Seafood hingga saat ini telah memiliki kantor-kantor kecil hampir di seluruh daerah pesisir Indonesia. Tujuannya untuk menampung produk laut yang didapatkan, kemudian untuk pengolahan dilakukan di pabrik pusat di Cileungsi, Kawasan Industri Kembang Kuning, Bogor. Di sana juga terdapat kantor pusat PT Fresh On Time Seafood. “Karena kita kan banyak fokus di ekspor, untuk pabriknya banyak berada di kawasan industri,” jelas Himawasesa. 


Tak hanya produk mentah

Sebelumnya, PT Fresh On Time Seafood hanya memproduksi produk mentah yang sudah dikemas untuk siap masak. Misalnya, produk tuna steak, yang bentuk dagingnya dibuat sedemikian rupa menyerupai steak. Selain tuna, produk lainnya adalah udang, cumi-cumi dan sejenisnya, serta kepiting atau rajungan. Produk tersebut telah dikemas dan diberi nama sesuai dengan bentuk pengemasannya. 

Sejak 2015, PT Fresh On Time Seafood mulai menjajal memproduksi produk value added. Artinya, bukan hanya memproduksi ikan dalam bentuk mentahan tetapi seafood tersebut diolah terlebih dahulu sehingga menghasilkan produk yang siap makan. Saat ini, terdapat empat produk value added yang ditawarkan, yaitu premium spring roll, crab cake, stuffed crab, dan stuffed shrimp. “Selama ini kan kita pemasaran ekspor ke Asia, Eropa, dan Amerika. Untuk produk value added, kita coba dulu dipasarkan di pasar lokal,” papar Himawasesa. 

Himawasesa melanjutkan, produk value added ini dibuat karena tidak semua hasil laut bisa memiliki nilai ekspor. “Untuk jenis hasil laut yang kurang ekspornya, kita buat menjadi produk value added. Sedangkan untuk udang, saat ini memang sedang banyak sekali peminatnya,” paparnya. 

Ke depannya, produk yang baru dipasarkan secara domestik ini direncanakan bisa mulai diekspor jika pemasaran secara lokal menunjukkan hasil yang baik dan memuaskan. 


Jenjang karir menjanjikan

Jenjang karir di PT Fresh On Time Seafood terbilang sangat menjanjikan. “Jenjang karir kita bisa dibilang cukup cepat. Kalau memiliki prestasi yang bagus, cepat untuk naik jabatan,” jelas Himawasesa. Bahkan untuk mereka yang berada di posisi management trainee, dalam waktu 2-3 bulan sudah bisa berada di level manajerial, tergantung dari kompetensinya. 

Karyawan baru nantinya akan menjalani training di Cileungsi, Bogor, dengan durasi yang cukup singkat, yaitu satu bulan. “Training-nya kita lakukan secara intens dan mendatangkan trainer khusus,” ujar Himawasesa.

Selain itu, dibukanya pabrik baru membuat kebutuhan akan karyawan juga cukup tinggi. Direncanakan akan ada pabrik baru, khusus untuk produk cakalang, dan juga ada pabrik baru di Banjarmasin. “Kita berencana  akan membuka untuk semua posisi, karena akan ada regenerasi dan peremajaan, serta memperkuat pabrik di Banjarmasin,” jelas Himawasesa.

Pada gelaran 17th Career Days UGM yang akan digelar pada pengujung bulan ini, Direktur Utama PT Fresh On Time Seafood berencana akan datang dan melakukan interview kepada kandidat posisi tertentu. Interview langsung pada saat pelaksanaan 17th Career Days UGM akan dilakukan untuk posisi-posisi yang urgent dibutuhkan kepada seluruh kandidat yang memasukkan lamaran pada posisi-posisi tersebut. Posisi-posisi yang dibutuhkan antara lain adalah posisi marketing internasional, manajer QA, dan supervisor HRD.

Sedangkan untuk kebutuhan posisi lain yang tidak urgent, akan dilakukan screening CV terlebih dahulu. Meski demikian, Himawasesa mengatakan, proses seleksi PT Fresh On Time Seafood tidak banyak memakan waktu. Untuk interview pun tidak melewati sesi bersama HRD terlebih dahulu tetapi langsung ke level user

Bagi kamu yang tertarik untuk berkarir di perusahaan ini, jangan lupa kunjungi booth PT Fresh On Time Seafood di 17th Career Days UGM. Di sana kamu bisa mendapatkan informasi tentang lowongan, produk, detail mengenai posisi-posisi yang dibuka, ekspansi usaha, dan lain sebagainya. Yuk, datang dan gali informasi lebih dalam dari mereka! [CN]



Penulis    : Ratih Wilda O.

Editor      : Rifki Amelia F.

Grafis      : Hero Oka

Tags : profil perusahaan, lowongan kerja, smart jobseeker, Fresh Ontime, infocdugm17, profil perusahaan,
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
PT Fresh On Time Seafood: 20 Tahun Bergerak di Budidaya Ikan Laut | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png