Career Issue, Kamis, 25/09/2014 14:00 WIB

Gelar Sarjana Itu Penting Gitu Nggak Sih di Dunia Kerja?

Setelah bekerja, apakah gelar sarjanamu masih dianggap penting? Temukan jawabannya di artikel berikut ini!
Gelar Sarjana Itu Penting Gitu Nggak Sih di Dunia Kerja?
Mempunyai ijazah dan gelar sarjana menjadi salah satu modal bagi jobseeker untuk mendapatkan pekerjaan. Lalu apakah gelar sarjana juga berpengaruh pada jenjang karir seorang officer?
Berdasarkan hasil polling yang dilakukan ECC UGM, sebanyak 24,5 persen responden mengatakan gelar sarjana sangat berpengaruh. Kemudian 28,3 persen responden memilih gelar sarjana cukup berpengaruh, 28,3 persen responden lain mengatakan gelar sarjana mempunyai pengaruh yang biasa saja, dan terakhir sebanyak 18,9 persen responden mengatakan gelar sarjana tidak ada pengaruhnya sama sekali. Apa saja yang dapat mengantarkan kamu mendapatkan jenjang karir yang baik?


Menurut Rudi Widiyanto, M.Psi., Psikolog., People Development Manager ECC UGM, gelar sarjana akan berguna bagi kamu yang menginginkan bekerja di suatu perusahaan. “Gelar sarjana membuka peluang level karir, maunya di bagian apa, tapi kalo mau berwirausaha, gelar sarjana tidak berpengaruh sama sekali,” kata Rudi. Pernyataan Rudi senada dengan pengakuan Risvandi Dwi Setyawan atau Vandi, alumni Fakultas Psikologi UGM, “Gelar sarjana bagi saya penting karena itu yang menjadi pertimbangan dalam menentukan langkah kita ke depannya mau berkarir di bidang apa.” 


Gelar kesarjanaan Vandi yang diperolehnya pada Agustus 2014 lalu berhasil mengantarkannya mendapatkan beasiswa TNI. Sebelum bertugas di Matra Udara bagian psikologi, Vandi harus menjalani pendidikan selama 7 bulan. Gelar sarjana yang ada pada seseorang memang membantu para jobseeker untuk menemukan pekerjaan, tetapi apakah gelar sarjana juga membantu officer memperoleh jenjang karir?


Performa tetap diperhitungkan


Menurut Septyarini Putri, Organization Development Operation Officer PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk, “Kenaikan pangkat dilihat dari berapa lama bekerja, performa, dan kinerja saat bekerja,” ungkapnya. Septi menyatakan, gelar sarjana hanya berpengaruh saat akan melamar kerja saja. "Jadi jangan hanya mengandalkan titel sarjana saja ya jobseeker, kamu juga harus melaksanakan tugas kantor semaksimal mungkin sehingga performa kerja baik di mata bos dan rekan kerja. Setelah memberikan performa kerja terbaik, tentu jenjang karir yang baik akan mengikuti dengan sendirinya," ujarnya. 


Namun demikian, berbeda hal dengan yang terjadi di negara tetangga, yakni Singapura. Negeri Merlion itu mempekerjakan orang sesuai dengan gelar yang disandang oleh yang bersangkutan. Manfaat gelar sarjana dilihat secara holistik, mulai dari sistem pendidikan yang diterapkan hingga ke jenjang universitas.


Tak hanya itu saja, universitas di Singapura sudah memproyeksi seperti apa dan seberapa banyak kebutuhan pasar tenaga kerja, baik di Singapura maupun di tingkat global. Salah satu alasannya adalah perusahaan di Singapura terikat oleh ketentuan ketenagakerjaan mengenai standar gaji setiap tingkatan gelar, misalnya ketentuan untuk memberikan gaji kepada seseorang bergelar PhD. Perusahaan harus memberikan mereka gaji yang berada di atas gaji master yang sebesar 5000 SGD-6000 SGD. Mau tahu lebih lengkap? Baca artikelnya di pranala berikut.

Semua kembali kepadamu, kawan! [CN]



Penulis          : Desinta Wahyu K
Editor           : Vinia Rizqi, Rifki Amelia
Grafis           : Tongki A.W


Tags : tip menjadi sarjana sukses, sarjana sukses, tip sukses melamar kerja
Hi Millennial, Pahami Dirimu Supaya  Mudah Tentukan Karier Career Issue,
Jumat, 12/01/2018 10:07 WIB Hi Millennial, Pahami Dirimu Supaya Mudah Tentukan Karier
Jalur Karir Ini Berpeluang Besar untuk Cemerlang di 2018 Career Issue,
Selasa, 02/01/2018 16:53 WIB Jalur Karir Ini Berpeluang Besar untuk Cemerlang di 2018
Gelar Sarjana Itu Penting Gitu Nggak Sih di Dunia Kerja? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png