Do You Know, Selasa, 05/06/2018 10:00 WIB

6 Aplikasi Cerdas Mudahkan Mudikmu!

Mari unduh enam aplikasi ini, yang akan memudahkan perjalanan mudik kamu!
6 Aplikasi Cerdas Mudahkan Mudikmu!
Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Namun terkadang perjalanan mudikmu tak berjalan lancar karena adanya kemacetan.
Karena itu, kamu harus pintar mencari informasi tentang keadaan lalu lintas yang akan dilewati. Enam aplikasi Global Positioning System (GPS) rangkuman tekno.liputan6.com ini bisa jadi teman kamu selama perjalanan mudik.


1. Sygic
Sygic merupakan aplikasi yang memberikan informasi lokasi dan navigasi. Uniknya, aplikasi ini dijalankan melalui panduan suara. Sygic memakai sistem navigasi turn-by-turn yang diperbarui secara berkesinambungan dan tersedia secara gratis.

Aplikasi yang ditampilkan secara 3D ini menghadirkan informasi lalu lintas secara real time dan menampilkan batas kecepatan laju kendaraan maupun kecepatan kamera. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menyimpan informasi peta agar bisa diakses dalam keadaan offline. Sygic tersedia untuk Android dan iOS.

2. Wisepilot

Fitur unggulan pada Wisepilot ialah pengguna bisa meminta rute jarak jauh yang dibutuhkannya secara online. Navigasi menggunakan suara juga tersedia di aplikasi ini. Berbentuk tampilan 3D untuk wilayah seluruh dunia, aplikasi ini juga dilengkapi live traffic dan kontrol kecepatan kamera maupun batas kecepatan lokasi.


Selain itu, Wisepilot juga memiliki kemampuan merekomendasikan public area terdekat yang diperlukan pemudik. Aplikasi ini juga memudahkan pemudik untuk berbagi tempat yang didatanginya ke akun jejaring sosial.


3. Waze

Aplikasi ini memanfaatkan kekuatan komunitas untuk pembaruan informasinya. Secara real time, para pengemudi dapat mengabarkan status jalanan yang dilalui, lalu diperbarui secara otomatis. Menariknya, Waze pun akan mengabarkan saat ada polisi, kemacetan, maupun kondisi lain yang bisa menghambat perjalanan.


Seperti aplikasi navigasi lainnya, Waze juga memudahkan pemudik dengan panduan navigasi suara, tampilan 3D, dan informasi lokasi area publik. Aplikasi ini tersedia gratis untuk pengguna Android dan iOS.


4. Nokia Here

Seperti namanya, aplikasi ini merupakan buatan Nokia. Aplikasi ini dapat menyediakan kabar lokasi yang diperlukan kebanyakan orang ketika datang ke wilayah baru. Nokia Here juga menghadirkan rekomendasi lokasi maupun tempat favorit yang biasa didatangi banyak orang.


Nokia dinilai memiliki kemampuan yang baik dalam membuat pencitraan untuk peta. Karenanya, Microsoft pun mengadopsi untuk Windows Phone. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia khusus untuk perangkat Windows Phone 8 buatan Nokia.


5. LewatMana.com

LewatMana.com merupakan aplikasi navigasi karya anak bangsa. Aplikasi ini memiliki kekuatan video streaming yang menampilkan kondisi jalan secara real time. Video streaming  di LewatMana.com berasal dari pantauan CCTV milik Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya yang cukup akurat dan terpercaya. Bahkan, tampilan lalu lintas di jalan tol juga tersedia di aplikasi ini.


Di samping itu, informasi area publik seperti kantor polisi, SPBU, rumah sakit, apotek, halte, stasiun kereta api, hingga terminal bus dapat ditemui di aplikasi ini. Pengguna Blackberry OS, Blackberry 10, Android, Nokia dan Windows Phone bisa mengunduhnya langsung dalam ponsel.


6. Zohib Messanging
Zohib 2014 atau Zohib Messanging ialah aplikasi mobile dan website yang disediakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Aplikasi ini berfungsi untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat tentang arus mudik maupun arus balik lebaran. Melalui Zohib Messanging, masyarakat juga dapat memberikan informasi terkini tentang kondisi jalur mudik lebaran 2014 dan kondisi lalu lintas yang sering dilewati oleh pemudik.

Zohib Messanging sudah mempunyai koordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan kepolisian yang bekerja sama dengan sejumlah pihak yang terintegrasi dalam sistem internet, penyiaran, dan telekomunikasi. Namun demikian, Zohib Messanging hanya dapat diunduh oleh pengguna Android.

Lebaran sudah di depan mata. Sudah sejauh mana persiapan mudikmu? Semoga mudikmu aman, lancar, dan selamat sampai tujuan.

Salam untuk keluarga besarmu ya! [CN]



Penulis             : Annisa Ika Tiwi

Editor               : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Grafis               : Muhammad Setiawan


Tags : aplikasi mudik, aplikasi pendeteksi macet, aplikasi smartphone untuk mudik
Berapa Sih, Nominal THR yang Seharusnya Kamu Terima? Career Issue,
Minggu, 10/06/2018 23:01 WIB Berapa Sih, Nominal THR yang Seharusnya Kamu Terima?
Hampir Kena Rekrutmen ‘Bodong’, Gimana Ya Kisah Mereka? Career Issue,
Kamis, 17/05/2018 14:07 WIB Hampir Kena Rekrutmen ‘Bodong’, Gimana Ya Kisah Mereka?
6 Aplikasi Cerdas Mudahkan Mudikmu! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png