Career Issue, Rabu, 28/05/2014 09:00 WIB

Apakah Gajiku Sudah Cukup?

Tak dapat dimungkiri, salah satu tujuan bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan. Namun, apakah penghasilan tersebut sudah cukup, terutama bagi Anda yang ditempatkan di luar Jawa?
Apakah Gajiku Sudah Cukup?
Hasil survei pada situs ECC UGM menunjukkan 55,4%  pencari kerja fresh graduate memiliki ekspektasi gaji di atas Rp 5 juta jika bekerja di perusahaan luar Jawa. Sedangkan 41,2% memiliih kisaran Rp 2,5-5 juta, dan 3,4% sisanya berekspektasi pada gaji di bawah Rp 2,5 juta.
Johan Ruth, Site Administration Manager PT Hutama Karya (Persero) mengatakan, standar gaji yang ditetapkan oleh perusahaannya yang memiliki kantor di Medan tersebut berada di atas Rp 4 juta.


Namun, jumlah tersebut belum terhitung kerja lembur. “Standar gaji itu untuk karyawan kantor, beda lagi dengan yang di proyek,” ujarnya. Ia melanjutkan, standar gaji untuk karyawan di bagian proyek bisa mencapai Rp 8-11 juta bagi yang baru diangkat. “Tapi kerjanya lebih berat, dan tidak ada hari libur. Tanggal merah pun tetap masuk kerja,” terangnya. Selisih gaji yang cukup besar tersebut juga dikarenakan adanya tunjangan proyek dan dilihat pula dari besar kecilnya proyek yang ditangani.

Fasilitas dan tunjangan

PT Hutama Karya juga memberikan fasilitas makan, minum, tempat tinggal, dan juga tiket pulang-pergi ke Jawa sekali dalam dua bulan di luar gaji. Gaji digunakan oleh karyawan di luar kebutuhan pokok yang sudah ditanggung oleh perusahaan. Menurut Citra Widiastuti, M.Psi., HR Service Supervisor ECC UGM, standar gaji di luar Jawa memang relatif lebih tinggi. Hal ini dikarenakan harga kebutuhan yang berbeda dan cenderung lebih tinggi. “Kalau tanpa tunjangan makan dan tempat tinggal, paling tidak membutuhkan gaji sekitar Rp 5 juta,” jelasnya.


Citra mengatakan, makan dan tempat tinggal adalah kebutuhan paling utama yang menghabiskan cukup banyak dana. Apalagi harga kebutuhan pokok di luar Jawa memang terbilang tinggi. “Ada perusahaan yang memberi gaji Rp 2,7 juta. Kalau itu di luar tunjangan makan dan tempat tinggal, cukup. Tapi kalau belum, tidak cukup untuk hidup di luar Jawa,” paparnya.


Ia melanjutkan, ada beragam jenis tunjangan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Biasanya, semakin jauh lokasi perusahaan maka tunjangan yang diberikan pun akan semakin tinggi.


Penentuan standar perusahaan


Standar gaji yang diberikan setiap perusahaan berbeda-beda. Ada yang membuat standar dengan mengikuti UMR setempat, kemudian menyesuaikan dengan standar perusahaan. “Jenis perusahaan juga memengaruhi besaran standar gaji ini, tidak bisa disamaratakan,” ujar Citra.

Standar gaji yang diberikan berbeda-beda setiap perusahaan. Ada yang membuat standar dengan mengikuti UMR setempat, kemudian menyesuaikan dengan standar perusahaan

Menurut Johan, perusahaannya menetapkan standar gaji yang sama untuk setiap karyawan di level yang sama. Perbedaan terletak pada domisili. Jika karyawan berasal dari luar pulau, ada tunjangan transportasi untuk pulang dua bulan satu kali. “Untuk staf yang sudah diangkat, gajinya naik sekitar Rp 1 juta,” jelasnya. Perbedaan yang terletak pada karyawan kantor dan proyek PT Hutama Karya juga telah disesuaikan dengan bobot pekerjaan masing-masing.


Bekerja di luar Jawa


Memutuskan berkarir di perusahaan yang terletak di luar Jawa memang harus dipertimbangkan dengan matang. Terutama bagi Anda yang berdomisili di Jawa atau di pulau lain yang jauh dari lokasi kerja. Teliti kembali apakah gaji yang diberikan dapat memenuhi biaya kebutuhan hidup di sana. “Lihat juga fasilitas yang diberikan, kalau tidak ada, seharusnya jumlahnya relatif tinggi,” jelas Citra.


Johan menambahkan, lihat pula besaran bonus tahunan yang diberikan. “Jangan hanya lihat gaji, cek juga bonus tahunan berapa kali dari gaji,” saran Johan. Semua hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang tengah memikirkan kemungkinan untuk mulai berkarir di tempat yang jauh dari domisili.


Semoga bermanfaat ya! Selamat bekerja! [CN]



Penulis          : Ratih Wilda Oktaviana

Editor           : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Grafis            : Muhammad Setiawan


Tags : standar gaji luar Jawa, gaji fresh graduate, tip melamar kerja, tip negosiasi gaji,
Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja Career Issue,
Kamis, 28/09/2017 16:43 WIB Jangan Anggap Remeh, Magang Latih Kita Untuk Siap Kerja
Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho! Career Issue,
Senin, 18/09/2017 00:00 WIB Performa Teamwork-mu Bisa Terindikasi Dengan Tes Ini Lho!
Apakah Gajiku Sudah Cukup? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png