News, Kamis, 12/11/2015 17:27 WIB

Career Workshop: Tunjukan Percaya Dirimu Lewat Penampilan Profesionalmu

Kamu masih sering gagal dalam tahap interview? Kamu perlu jajal Professional Grooming ala Wardah Cosmetic ini!
Career Workshop: Tunjukan Percaya Dirimu Lewat Penampilan Profesionalmu
Apa sih yang dilihat pertama kali oleh perusahaan saat wawancara kerja? Tentu saja penampilan! Yakin penampilanmu sudah okay untuk ikut interview? Mampukah penampilan itu mengantarkanmu menjadi bagian dari perusahaan yang kamu impikan?

First impression saat seleksi kerja ternyata bukan hanya perihal baju yang kamu kenakan atau wajah penuh riasan. Siapa sangka bau badan yang kurang sedap juga memengaruhi kelolosan dalam seleksi kerja. Dalam Career Workshop yang diadakan pada 12 November 2015 ini, ECC UGM tidak hanya membicarakan mengenai eksplorasi kemampuan diri tapi juga memberikan tips terkait Outfit of The Day (OOTD) saat interview. Career Workshop bertemakan 'Self Exploration And Professional Grooming' kali ini menghadirkan dua narasumber ahli yaitu Galuh Setya Winahyu dari tim People Development ECC UGM dan Dina Nilam Wulandari, Business Development PT Paragon Technology and Innovation. Dalam kesempatan ini, dua narasumber mengemukakan tentang pentingnya penampilan fisik rapi dan tidak berlebihan yang mampu membuat seseorang lebih percaya diri terutama saat menghadapi proses wawancara.


Girls Grooming versus Boys Grooming

Dina menegaskan bahwa grooming atau mempercantik diri dilakukan oleh semua orang, bukan hanya mahasiswa atau pekerja saja. Bagi jobseeker perempuan, peralatan wajib untuk grooming beberapa di antaranya adalah lipstick, eye liner, mascara, dan two way cake. Selain peralatan, riasan wajah ternyata juga dinilai penting penting untuk meyakinkan seseorang terhadap jawaban yang kamu berikan khususnya riasan mata. Dina menyarankan jika ingin menonjolkan bagian mata maka bisa memilih eye shadow dengan warna natural seperti coklat. Bagi kamu yang suka memakai soft lens, jangan gunakan warna yang mencolok seperti warna hijau karena akan terkesan berlebihan.

Cara grooming jobseeker wanita ini tentu saja berbeda dengan jobseeker pria. Biasanya para pria lebih memerhatikan penampilannya dari segi baju, sepatu, dan jam tangan. Tak heran jika pria memerlukan waktu lebih sedikit untuk grooming yaitu sekitar 15-30 menit saja.

Menurutnya, ada enam aspek yang harus diperhatikan dalam melakukan professional grooming, antara lain aroma tubuh, kebersihan kulit, kerapihan rambut, kebersihan gigi dan mulut, serta kebersihan pakaian. Pernyataan Dina tersebut disetujui oleh Galuh, menurut Galuh aroma tubuh saat melakukan interview perlu diperhatikan. Berdasarkan pengalamannya, Ia pernah tidak meloloskan jobseeker karena aroma tubuh yang kurang sedap. Aroma tubuh ini akan mempengaruhi kenyamanan seseorang untuk bekerja bersama kita.


Sesuaikan diri dengan posisi yang dilamar

Menurut Dina, seseorang dikatakan menarik jika menjadi diri sendiri dan menyesuaikan penampilan dengan posisi yang dilamar. “Etiket berpenampilan untuk pertama kali yang dilihat adalah outfit yang dikenakan dan bagaimana dia menyesuaikan diri dengan posisi yang dilamar,” tegas Dina. Misalnya kamu ingin melamar di posisi marketing maka tunjukkanlah bahwa kamu pantas bekerja menjadi karyawan marketing dengan mengenakan baju yang modis tapi sopan.

Setelah merasa nyaman dengan pakaian yang dikenakan, saatnya kamu mempersiapkan jawaban yang akan kamu berikan pada recruiter. Jangan lupa memelajari keahlian yang harus dimiliki dari posisi yang kamu lamar.


Berkatalah yang sejujurnya saat interview

Saat wawancara kerja berlangsung, salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah perihal kelemahan dan kelebihan diri. Jangan sampai keinginanmu mendapatkan pekerjaan membuatmu berbohong demi menutupi kekuranganmu. Galuh berkata, “saat ditanya kekurangan, katakan saja tapi jangan langsung berhenti menyebutkan kekurangan tanpa mengatakan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya.” Galuh memberi contoh, misalnya saja kekurangan diri seperti pelupa, maka kamu bisa menambahkan kalimat ‘tapi saya berusaha mencatat hal-hal penting di handphone’. Jadi tidak perlu berbohong untuk menutupi kelemahan diri karena bisa terlihat dari mata. 

Nah, tunggu apa lagi? Kamu sudah tahu kan apa yang harus kamu persiapkan sebelum bertemu dengan para recruiter? Jadi, mulailah persiapkan penampilan profesionalmu agar percaya dirimu meningkat saat tahap wawancara. Selamat mencoba!



Penulis         : Desinta W.K

Editor           : Yuana Anandatama

Foto             : Adityo R.D.

Tags : Career Workshop, infogf9, 9th GF, mahasiswa,
HacKGen Pancing Peserta Tuangkan Ide Kreatif, Simak Kisah Mereka Di Sini! HacKGen, Hackathon, kompas gramedia, teknologi informasi, aplikasi ,
Rabu, 09/05/2018 10:53 WIB HacKGen Pancing Peserta Tuangkan Ide Kreatif, Simak Kisah Mereka Di Sini!
Ikuti Simposium Untuk Umum Bersama PT Pertamina! Gratis. Yuk Daftar Sekarang! pertamina, kuliah umum, seminar, ,
Rabu, 18/04/2018 15:00 WIB Ikuti Simposium Untuk Umum Bersama PT Pertamina! Gratis. Yuk Daftar Sekarang!
Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker carcentos, ecc ugm, jobfair unika atmajaya,
Selasa, 20/03/2018 06:23 WIB Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker
Begini Pendapat Jobseeker Mengenai 23rd CD ECC UGM jobfair, jobseeker, 23rd career days, ,
Kamis, 08/03/2018 00:00 WIB Begini Pendapat Jobseeker Mengenai 23rd CD ECC UGM
Bank Tabungan Negara Terima Drop CV langsung di Ruang Presentasi BTN, cdugm23, 23rd CD, lowongan kerja, lowongan perbankan, ECC UGM ,
Rabu, 07/03/2018 15:18 WIB Bank Tabungan Negara Terima Drop CV langsung di Ruang Presentasi
Punya Cita-Cita Kerja di Start Up? Saatnya Gabung ke JD.ID! JD.ID, 23rd CD, Job Fair, lowongan kerja, ECC UGM, ,
Rabu, 07/03/2018 00:00 WIB Punya Cita-Cita Kerja di Start Up? Saatnya Gabung ke JD.ID!
Career Workshop: Tunjukan Percaya Dirimu Lewat Penampilan Profesionalmu | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png