Web
Analytics
Release, Jumat, 07/09/2018 00:00 WIB

Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!

Gagal maning, gagal maning! Cuma kurang satu tahap lagi, selalu gagal terus dapat kerja! Kira-kira apa ya penyebabnya?

Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Kedengarannya sepele, namun kadang kamu abai terhadap hal kecil yang berakibat fatal untuk masa depanmu. Kira-kira apa saja ya, hal sepele yang bisa gagalkan prosesi wawancara kerjamu? Pernah mengalaminya? 

Serangkaian proses rekrutmen tak akan paripurna tanpa tahapan wawancara. Di tahap ini akan ‘dipindai’, dan bertemu perusahaan secara langsung kamu. Maka tahap yang sangat penting ini harus dijalani jobseeker dengan baik. 

Supaya berjalan mulus dan lolos ke tahap selanjutnya, ada beberapa hal yang haram kamu lakukan untuk menghadapi proses ini. Apa saja ya?

1. Kurang Teliti Dengan Informasi Rekrutmen 

Psikolog ECC UGM, Ria Aprilia Ariestiani, M. Psi mengungkapkan hal sepele yang sering dilewatkan jobseeker setelah mendapat notifikasi undangan wawancara kerja adalah membaca, dan memahami isi pesan. Hal tersebut tentu saja sangat fatal dan menggagalkan kesempatan untuk masuk ke perusahaan yang diinginkan. 

2. Telat Datang

Tidak datang tepat waktu menyebabkan perusahaan berpikir bahwa kamu bukan orang yang disiplin. “Kalau sudah dijadwalkan jam 8, seharusnya kamu harus sudah tiba di lokasi sebelum jam 8, “ tegas Ria. 

Hal ini menjadi salah satu penilaian perusahaan terhadap kepribadianmu. “Meski nantinya bakal ada antrian saat wawancara, tapi komitmen tepat waktu ini sangat berpengaruh bagi kelangsungan proses wawancaramu, “ kata Ria. 

3. Pakaian Enggak Rapi

“Ketika penampilanmu tidak rapi, perusahaan akan menilai kamu sebagai orang yang belum siap bekerja, “ tambahnya. Ini juga bisa jadi catatan buruk yang disematkan oleh interviewer kepada kamu.

“Yang penting dalam wawancara adalah kesan, ketika pakaian tidak rapi maka kesan yang ditimbulkan adalah buruk, “ Ria menuturkan. 

4. Gawai Tak di-Silent Mode

Keadaan gawai yang tidak diubah ke silent mode akan mempengaruhi konsentrasi, baik konsentrasimu maupun interviewer. “Antisipasi dengan mematikan ponselmu. Toh, proses interview itu enggak lama kok, kurang lebih 20 menit saja, “ kata Ria. 

5. Kurang Bijak Memilik Agen Perjalanan

Ini berlaku bagi kamu yang menjalani interview di luar kota. Tentunya memperhitungkan waktu dan jarak menjadi hal terpenting. Maka, pilihlah agen perjalanan yang terpercaya. Bikin perencanan jauh hari. Googling dulu lokasi wawancaranya, pilih transportasi yang paling pas untuk menuju kesana. Baca review tentang agen perjalanan yang kamu pilih. 

6. Tak Jaga Kesehatan  

Ketika wawancara seringkali kita mendapati kondisi antri dengan jobseeker lain karena jumlah interviewer yang terbatas. Kondisi tak nyaman ini akan mempengaruhi mood-mu juga lho! Abai kondisi tubuh akan berakibat fatal bagi kelancaran wawancara kerja. Pahami dirimu, bawa air minum, camilan, dan multivitamin bila perlu. 

7. Tiba-Tiba Blank 

“Wawancara kerja enggak cukup hanya bawa diri saja, melainkan harus ada kesiapan tentang materi yang sekiranya nanti muncul dalam wawancara, “ ungkap Ria.  

“Pengetahuan tentang perusahaan, pertanyaan yang sering ditanyakan, bagaimana cara bersikap, bagaimana memberi umpan balik ke interviewer, dan detail lain terkait adalah hal dasar yang perlu kamu kantongi, “ tandas Ria. 

Salah satu training yang bisa memantapkan dirimu menghadapi wawancara kerja adalah Recruitment Preparation Job Interview and LGD (RPJI) Training. Di dalam training tersebut kamu dilatih oleh trainer ECC UGM secara langsung. Kamu akan paham tentang apa saja tahapan, teknik, dan tip seleksi proses interview serta mengikuti praktik wawancara. 

Training akan diadakan dua kali dalam Bulan September, yakni tanggal 13 September dan 27 September 2018. Menarik kan? 

Klik di sini untuk ikut RPJI tanggal 13 September 2018

Klik di sini untuk ikut RPJI tanggal 27 September 2018

Jangan sampai 7 masalah di atas menggagalkan jalanmu menggapai karier yang cemerlang ya! Tetap semangat dan lampaui cita-citamu! 


Penulis : Puspa Aqirul Mala 

Foto : Muhammad Angga


Tags : Job Interview, LGD, training september, training ECC UGM
Hai Semarang! BARIKADE Akan Sapa Komunitasmu Lho! FREE! Barikade Semarang, karier, diskusi karier, LGD, coaching session, ,
Senin, 22/10/2018 20:36 WIB Hai Semarang! BARIKADE Akan Sapa Komunitasmu Lho! FREE!
Ini Top 5 Problem Jobseeker Zaman Now, dan Temukan Solusinya Di Sini! problem jobseeker 2018, Softskill Training ECC UGM, event gratis ecc ugm, event Oktober ECC UGM,
Selasa, 09/10/2018 00:00 WIB Ini Top 5 Problem Jobseeker Zaman Now, dan Temukan Solusinya Di Sini!
Tetap Semangat Upgrade Diri, Ini Jadwal Training September! softskill training, CV & cover letter, job interview LGD tips,
Jumat, 14/09/2018 15:09 WIB Tetap Semangat Upgrade Diri, Ini Jadwal Training September!
Cuma Di Sini, Lifetime Member Bisa Dapat Ini Semua! Mau? benefit member ECC UGM, lifetime member, Softskill Training ECC UGM, free training class, untung,
Jumat, 22/06/2018 16:42 WIB Cuma Di Sini, Lifetime Member Bisa Dapat Ini Semua! Mau?
[ECC FIT Training] Boost Your Soft Skill and Hard Skill Through ECC Training! training ECC UGM, training Bulan Maret, people development, CV, Cover Let, Cara membuat CV dan Cover Letter, Training Bahasa Inggris, Softskill, hardskill training, tip sukses melamar kerja,
Jumat, 02/03/2018 13:31 WIB [ECC FIT Training] Boost Your Soft Skill and Hard Skill Through ECC Training!
Event September Yang Bisa Kamu Ikuti (Part 2) agenda bulan september, event ECC UGM, ICP LGD, sharing session, ,
Jumat, 25/08/2017 14:22 WIB Event September Yang Bisa Kamu Ikuti (Part 2)
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png