Web
Analytics
News, Rabu, 09/05/2018 10:53 WIB

HacKGen Pancing Peserta Tuangkan Ide Kreatif, Simak Kisah Mereka Di Sini!

Acara HacKGen yang dilaksanakan minggu lalu menyisakan kenangan bagi para pesertanya. Kira-kira apa saja ya kisah mereka?

HacKGen Pancing Peserta Tuangkan Ide Kreatif, Simak Kisah Mereka Di Sini!

Berjalan dengan sukses, acara HacKGen yang terdiri dari Hackathon (kompetisi aplikasi inovatif), dan Code Jam (kompetisi coding) membuat para peserta mengalami kisah yang menarik. Simak penuturan mereka di artikel ini. 



Berjalan selama dua hari, kompetisi yang menghadirkan dua juri dari Kompas Gramedia, yakni Product Lead, Berlian Akbar, dan Data Lead, Omar Abdillah. Hackathon sendiri menyisakan tiga juara dari belasan tim yang mengikuti kompetisi tersebut. Juara pertama berhasil disabet Tim Hore yang beranggotakan Raufi Mudaddiq, Hikmawan Arbaini Z, dan Bayu Adin Hartomo. Kemudian di posisi kedua yakni Tim WYD! berisi tiga orang yakni Hibatul Ghazi Z, Fadlan Hawali, dan Antonius Yonanda CN. Dan Juara ketiga dinobatkan kepada Tim Sepertiga LJ yang digawangi oleh Adibta Triantama, M. Wyndham Haryata P, Mahendra Tirta Saputra T.

Sedangkan untuk Code Jam, menyisakan dua finalis yang berhasil mencapai skor dan keluar sebagai pemenang, yakni Wisang Jati Anggoro, dan Rizki Midi Wardana.


Kepada Careernews, para peserta menuturkan pengalamannya selama mengikuti acara ini. Berikut kisah mereka: 

Puput Putiandini, Muflih Nadzarudin, dan Cerwyn Eliata Cahyono (Tim Aplikasi Eazy)

“Kami seneng banget bisa ikut acara ini. Kami memang senang dan sering ikut kompetisi seperti ini, apalagi bertiga, kami memang sedang fokus dengan dunia pengembangan aplikasi. Untuk aplikasi yang kami buat bernama EAZY, yakni aplikasi nota digital, dan bisa juga untuk antrian digital. Segmentasi kami adalah UMKM, harapannya bisa membantu para pelaku UMKM tanpa harus pakai alat yang mahal untuk transaksi, namun hanya dengan men-download di ponsel mereka” 


Aditya Laksana Suwandi

“Senang sekali bisa menyalurkan kreatifitas melalui kompetisi ini. Saya pikir ini bakal coding banget, tapi ternyata malah nyambung banget dengan bidang yang sedang saya geluti, yakni product development. Yang saya buat dalam kompetisi ini adalah aplikasi perencanaan event. Semoga ke depan ECC UGM sering bikin acara kerjasama dengan perusahaan kayak gini, karena acara ini membantu banget mahasiswa untuk networking, cari pengalaman intern dan bisa buat cari kerja juga”


Aziz

“Pertama enggak nyangka bakal sepadat ini acaranya, tapi seneng sih bisa punya pengalaman seperti ini. Ini pertama kali saya ikut acara seperti ini, harus menyelesaikan project saya, finacial planner selama 24 jam. Harapannya produk yang saya hasilkan bisa ada di appstore dan  dimanfaatkan masyarakat“ 


Raufi Muddadiq [Tim peraih Juara 1 Hackathon)

“Acaranya sangat bagus, dilaksanakan 24 jam sudah sesuai. Di kompetisi ini tim kami membuat aplikasi yang mana ketika kita beli buku cetak, di buku cetak itu ada barcode-nya, ketika kita scan barcode-nya secara otomatis akan mendapatkan pula buku digitalnya. Bukan hanya buku saja nanti akan direkomendasikan pula artikel-artikel yang terkait dengan buku tersebut. Intinya ketika kita beli buku cetak, kita akan dapat pula buku digitalnya. Puji syukur kami menang, dan dapat juara 1. Nanti hadiahnya akan kami tabung, dan untuk modal nikah”


Ditemui setelah pengumuman pemenang, Product Lead Kompas Gramedia, Berlian Akbar menuturkan bahwa secara garis besar pertimbangan juri memilih finalis adalah karena inovasi, kreatifitas, originalitas, dan detail produk yang mereka sampaikan pada sesi presentasi. "Jadi informasi tentang detail produk menjadi salah satu penilaian penting, ada yang produknya sebenarnya bisa dibilang sudah umum, namun mereka sangat detail dalam menganalisis produk, nah itu menjadi poin plus bagi kami, " tegasnya. 

Sebelum acara ditutup, Berlian menyampaikan info penting bagi para peserta tentang inside dan budaya kerja di Kompas Gramedia (KG). Dia menjelaskan bahwa saat ini di perusahaannya didominasi generasi millennial. "Jadi, sebenarnya di KG sudah mengalami regenerasi, 70% karyawan kami adalah anak muda, jadi kesempatan untuk kalian bergabung ke KG, " tuturnya. 

Beruntungnya beberapa dari peserta akan dihubungi pihak KG untuk dijamu makan bersama dengan Vice CEO KG, Jayant Bhargava, dan tim KG. Wah beruntung banget ya mereka! Kamu ingin seberuntung mereka? Caranya gampang, joint aja di event ECC UGM selanjutnya dengan terus ikuti info terkini melalui web ecc.ft.ugm.ac.id dan media sosial IG, Twitter, Facebook : ECC UGM. 

Sukses Selalu!



Penulis : Puspa Aqirul Mala 

Foto : Muhammad Rizal


Tags : HacKGen, Hackathon, kompas gramedia, teknologi informasi, aplikasi
Ragam Lowongan Bagi Lulusan IT di 24th Career Days! it lowongan, teknologi informasi, lowongan perusahaan IT, career days 24, cdugm24, IT vacancy, ,
Minggu, 02/09/2018 10:00 WIB Ragam Lowongan Bagi Lulusan IT di 24th Career Days!
Programmer: Mengembangkan Aplikasi Seperti Memasuki Hutan Rimba INSIDE, programmer, teknologi informasi, profesi,
Selasa, 10/03/2015 20:00 WIB Programmer: Mengembangkan Aplikasi Seperti Memasuki Hutan Rimba
Kompas Gramedia Buka 70 Lowongan di 16th Career Days UGM! lowongan kompas gramedia, 70 lowongan kompas gramedia, jadwal presentasi perusahaan 16th Career Days, cdugm16, career days ugm, job fair UGM,
Minggu, 28/09/2014 13:00 WIB Kompas Gramedia Buka 70 Lowongan di 16th Career Days UGM!
Ragam Karir di Kompas Gramedia lowongan kompas gramedia group, fasilitas selama jobfair UGM 2014, cdugm15, 15th career days ugm 2014,
Sabtu, 10/05/2014 12:00 WIB Ragam Karir di Kompas Gramedia
Cara Baru Gunakan ECC UGM for Blackberry ECC UGM aplikasi for Blackberry, ,
Selasa, 05/06/2012 16:39 WIB Cara Baru Gunakan ECC UGM for Blackberry
HacKGen Pancing Peserta Tuangkan Ide Kreatif, Simak Kisah Mereka Di Sini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png