Career Issue, Kamis, 28/12/2017 11:05 WIB

Jobseeker Problem Ini Selalu Terulang Tiap Tahun, Bagaimana di Tahun 2018?

Dalam mencari kerja dan menghadapi proses rekrutmen kerja, para jobseeker pasti memiliki tantangan dan problem. Kira-kira apa saja yang menjadi problem jobseeker selama 2017 ini ya?
 Jobseeker Problem Ini Selalu Terulang Tiap Tahun, Bagaimana di Tahun 2018?


CV dan wawancara adalah dua tahapan tes yang biasanya ada di awal proses seleksi kerja. Seperti halnya mengerjakan tes, apa yang diberikan di awal biasanya adalah yang paling mudah. Apakah demikian?


Ternyata tidak! Careernews menjumpai, dua tahapan tes ini adalah topik yang paling banyak menjadi momok jobseeker. Berdasar data ECC UGM selama 2017, terdapat tiga topik yang paling sering dikeluhkan jobseeker, yakni seputar interview kerja, minat karir, dan CV. Data ini didapat dari 1896 orang peserta yang mengikuti konseling karir di ECC UGM selama 2017.

5 Masalah Utama Jobseeker  

Tiga topik di atas ternyata tidak hanya terjadi pada 2017. Topik ini selalu menjadi tema langganan tiap tahunnya. Kira-kira kenapa bisa begitu ya? Menurut People Development Manager ECC UGM, Gita Aulia Nurani, kondisi ini sebenarnya wajar terjadi. Menurutnya, banyak jobseeker merasa grogi karena mencari kerja adalah momen awal jobseeker bertemu dengan perusahaan. Karenanyalah jobseeker merasa perlu untuk menampilkan potensi terbaiknya.

“Bagi jobseeker yang telah memiliki rasa PD, proses ini bisa dilewati dengan mudah. Sebaliknya, bagi jobseeker yang belum terlalu PD terkadang justru memunculkan problem, seperti mudah grogi, blank di tengah wawancara, hingga tidak dapat menjawab pertanyaan,” terang Gita, sapaan akrabnya.

Ketiga permasalahan utama di atas ternyata tidak muncul dengan sendirinya. Setelah melakukan penggalian lebih dalam, konselor ECC UGM menemukan lima permasalahan mendasar yang dialami jobseeker dalam meraih karir impiannya. Hal ini didapatkan dari hasil konseling karir selama 2017. Kelima permasalahan tersebut adalah:

1. Kurang informasi (27%)

Sungguh ironis memang ketika teknologi dan internet berkembang pesat namun ternyata masih banyak jobseeker yang kekurangan informasi tentang karir. Gita menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena jobseeker kurang bijak dalam memanfaatkan teknologi. “Pencarian informasi baru aktif menjelang proses rekrutmen, walau sebenarnya bisa dimulai sejak jauh-jauh hari,” ujarnya. Hai jobseeker, sistem kebut semalam alias SKS tidak berlaku saat mencari kerja ya. Informasi untuk memasuki dunia kerja perlu kamu perdalam dan itu tentu saja tidaklah instan.

2. Gak yakin kalau belum bertanya (25%)

Ternyata banyak juga jobseeker yang mesti minta saran dari orang yang dianggap lebih senior sebelum mengambil kesimpulan. “Banyak jobseeker bertanya pada psikolog walau sebenarnya informasi terkait hal tersebut sudah banyak di internet,” papar Gita.

3. Kurang PD (13%)

Masalah yang satu ini bisa muncul karena jobseeker kurang terbiasa mengasah kemampuannya. Apalagi jika jobseeker tersebut memang memiliki pengalaman organisasi sedikit. Akibatnya mereka merasa kurang PD ketika pada akhirnya berhadapan dengan rekruter yang menanyakan kompetensinya.

4. Kurang menghargai kelebihan diri sendiri (10%)

Hal ini disebabkan karena jobseeker lebih sering membandingkan dirinya dengan orang lain yang menurutnya lebih di atasnya. “Pembandingan diri dengan orang lain membuat kita lebih fokus pada kelemahan, bukan pada kelebihan diri,” ujar Gita. 

5. Tidak ada kemauan untuk menambah nilai diri (10%)

Masalah ini muncul pada jobseeker yang sudah merasa “cukup” dengan kemampuannya sehingga malas untuk upgrade skill diri.


Masalah-masalah di atas memang sering ditemukan di meja konseling. Dari tahun ke tahun topik yang dibahas selalu berkutat pada hal yang sama. Menurut Gita, permasalahan ini sangat mungkin terjadi kembali di 2018. Mengapa? Menurut Gita, masa setelah kelulusan pasti akan selalu membutuhkan penyesuaian baru terhadap tahap selanjutnya, yakni bekerja. “Jika masa peralihan ini tidak dipenuhi dengan informasi dan pemenuhan softskill maupun hardskill, maka problem tersebut tetap akan muncul,” terangnya.

Hindari Masalah Yang Sama di 2018

Meski permasalahan dalam meja konseling kemungkinan berkutat pada hal yang itu-itu saja, namun ada tips-tips khusus untuk menghindarinya lho. Pertama, kamu wajib untuk mengetahui dan meningkatkan kompetensi diri. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari asesmen, konseling dengan orang yang berpengalaman, training, dan coaching. Pilih pelatihan hardskill dan softskill yang mengimbangi ilmumu di kampus.

Kedua, cari tahu Faktor X-mu. Mengetahui kelebihan dan kelemahanmu sangatlah penting, apalagi mengenali potensi diri yang orang lain tidak memilikinya. Faktor X inilah yang akan membedakanmu dengan jobseeker lainnya. Hal ini juga menjadi modal penting untukmu melalui tes seleksi kerja dan sukses menghadapi dunia profesional.

Nah jobseeker, tahun 2018 sudah di depan mata. Bagaimana persiapanmu?


*Bantu kami untuk menggali lebih dalam mengenai minat dan harapan kariermu dengan mengisi polling untuk para pejuang karier. Klik di sini untuk mengisi polling ini. Terimakasih 


Penulis  : Rita Pamilia 

Editor    : Puspa A. Mala

Grafis     : Bentar Sadani

Tags : isu karier, tahun 2017, ECC UGM, konseling, jobseeker, kerja,
Cuma Di Sini, Lifetime Member Bisa Dapat Ini Semua! Mau? benefit member ECC UGM, lifetime member, Softskill Training ECC UGM, free training class, untung,
Jumat, 22/06/2018 16:42 WIB Cuma Di Sini, Lifetime Member Bisa Dapat Ini Semua! Mau?
Libur Lebaran Usai, Upgrade Diri Jangan Lalai!  softskill training, ECC UGM, training Juli,
Kamis, 21/06/2018 17:30 WIB Libur Lebaran Usai, Upgrade Diri Jangan Lalai!
Ini Kultur FIF Group! Coba Temukan Hal Menarik Yang Bisa Kamu Ikuti! FIF ASTRA, FIF group, FYI program, Group Youth Innovation, program inovasi bagi pemuda, mahasiswa, umum, karier, hadiah seru, ,
Selasa, 22/05/2018 17:14 WIB Ini Kultur FIF Group! Coba Temukan Hal Menarik Yang Bisa Kamu Ikuti!
Liburan Sekaligus Kerja di Australia Lewat Working Holiday Visa whv, working holiday visa, working holiday, visa australia, ,
Senin, 21/05/2018 00:00 WIB Liburan Sekaligus Kerja di Australia Lewat Working Holiday Visa
Member Astra Internasional Akan Sapa Kamu di Acara Ini! Cari Tahu Di Sini! FIF ASTRA, FIF Competition, kompetisi bisnis mahasiswa, ASTRA, PT Astra International Tbk, ,
Senin, 14/05/2018 15:48 WIB Member Astra Internasional Akan Sapa Kamu di Acara Ini! Cari Tahu Di Sini!
HacKGen Pancing Peserta Tuangkan Ide Kreatif, Simak Kisah Mereka Di Sini! HacKGen, Hackathon, kompas gramedia, teknologi informasi, aplikasi ,
Rabu, 09/05/2018 10:53 WIB HacKGen Pancing Peserta Tuangkan Ide Kreatif, Simak Kisah Mereka Di Sini!
Jobseeker Problem Ini Selalu Terulang Tiap Tahun, Bagaimana di Tahun 2018? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png