Release, Selasa, 22/08/2017 14:17 WIB

Hati-Hati, Hal-Hal Ini Sering Terjadi dan Membuatmu Gagal di Seleksi Awal Tes!

Ada beberapa hal penting yang mungkin tak kamu sadari saat kamu menjalani rekrutmen. Simak berikut ini!
Hati-Hati, Hal-Hal Ini Sering Terjadi dan Membuatmu Gagal di Seleksi Awal Tes!
Melamar kerja adalah sebuah proses luar biasa bagi sebagian orang, khususnya bagi mereka yang fresh graduates atau bagi mereka yang telah lama berjuang mencari pekerjaan pertamanya.
Agar perusahaan tertarik dengan kualifikasinya, jobseeker pun mempersiapkan CV terbaiknya, datang dengan pakaian terbaik ke lokasi tes, dan mempersiapkan jawaban paling dahsyat ketika ditanya hal ini-itu di wawancara kerja. Beberapa akan lolos, sebagian lagi masih harus menunggu kesempatan yang lain.

Bagi mereka dengan opsi kedua, ternyata tidak semuanya tahu alasan yang membuat mereka tidak lolos ke tahapan selanjutnya. Banyak jobseeker yang bertanya pada ECC UGM, apa alasan mereka sering gagal di tahap awal mencari kerja, biasanya pada tahap psikotes dan wawancara.

Septian Oki Suryo Dewanto, HR Regional Lead PT Ruang Raya Indonesia (ruangguru.com) mengatakan pada dasarnya kualifikasi semua jobseeker itu bagus. “Mereka memiliki nilai plus dan minus dan saya akan lihat berdasar posisinya,” ujarnya saat ditemui di perhelatan 22nd Career Days UGM 12-13 Agustus lalu.

Menurut Oki, sapaan akrabnya, ada beberapa hal yang ia lihat di screening awal proses rekrutmen karyawan. Menurutnya, attitude adalah hal yang bisa langsung dilihat dari karakter calon karyawan. Misalnya dari cara berjalan, cara duduk, ataupun cara bersalamaan. Dari sini bisa dilihat apakah dia menghormati lokasi kerjanya atau tidak. “Selanjutnya tetap saya gali dengan tes,” tambahnya.

Fatal terjadi di screening awal
Beberapa hal ini mungkin seringkali tidak kamu sadari. Padahal, akibatnya cukup fatal ke depannya:
1. Tidak jadi diri sendiri
Dalam kesempatan yang sama Oki juga mengungkapkan bahwa banyak juga jobseeker yang kurang jadi diri sendiri saat datang tes. “Orang datang ke HR (human resourceRed), itu pasti pakai topeng, tidak apa adanya,” ungkapnya. Kok bisa?

Oki mencontohkan, ada jobseeker dari jurusan teknik datang untuk melamar posisi technician. Ketika ditanya kesiapannya bekerja di site, dia pasti akan berkata siap. “Padahal dari bagaimana ia berpenampilan, keliatan kalau dia tuh melankolis. Daripada nanti merepotkan, biasanya tidak kita loloskan,” ujar Oki.

2. Copy dan Paste
Kesalahan lain yang sering dilakukan jobseeker adalah lupa pada apa yang ia tulis di CV. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana ia menjawab pertanyaan wawancara saat ditanya soal CV-nya. “Biasanya karena jobseeker ada juga yang cuma liat temennya (saat menulis CV-Red),” ujar Oki.

3. Kemampuan public speaking
Hal fatal terakhir yang bisa menggagalkan jobseeker versi Oki adalah lemahnya kemampuan public speaking dan kemampuan berorganisasi. Menurutnya, bekerja itu sama dengan berorganisasi. Hanya saja bekerja melibatkan organisasi yang lebih besar, ada atasan ada bawahan.

4. Kurang berorganisasi
Kemampuan berorganisasi yang kurang baik sering menjangkiti mereka yang cum laude. “Biasanya, mereka yang cuml aude itu lebih bersifat introvert. Kita lebih suka yang ekstrovert, two ways communication mereka biasanya lebih baik,” papar Oki.

5. Result oriented
Oki menambahkan, banyak juga dari jobseeker saat ini yang lebih result oriented daripada process oriented. “Kalau mereka bekerja memang atasan akan menanyakan result, tapi bisa saja kalau pindah lokasi kerja perusahaan baru akan menanyakan process,” terangnya. Menurutnya, pikiran idealis jobseeker seringkali belum bisa dilepaskan. Perusahaan A kok gini, perusahaan B kok gini, pernah mikir gitu, Guys?


Trik lolos screening awal
Meskipun banyak hal yang bisa menggagalkan seseorang di screening awal, namun ada juga hal yang bisa kamu persiapkan untuk terlepas dari jeratan ini.

1. Cantumkan nomor handphone aktif yang bisa dihubungi
Menurut Oki, hal pertama yang bisa kamu persiapkan tentu saja CV. “Tolong diperhatikan dalam menulis CV, misalnya nomor HP. CV-nya bagus tapi gak ada nomor HP, bagaimana kami bisa mengubungi?!” ujarnya.

2. Riset di awal, itu perlu!
Kedua, Oki menambahkan tentang pentingnya mencari info terkait perusahaan yang akan dilamar. Jangan sampai kamu bengong saat wawancara ketika ditanya soal bidang industri perusahaan yang kamu lamar. “Jobseeker seperti ini biasanya tidak ada keinginan research. Besok kalau dikasih kerjaan dengan minimum supervision dia cuma akan diam karena bingung,” ujarnya.

Hmm, jangan sampai itu terjadi padamu! Ayo jobseeker, mumpung masih muda dan peluang masih terbuka lebar, segera ambil kesempatan terbaikmu. Persiapkan semua bekalmu sebaik mungkin. Kalau tidak memulai berkarya sekarang, kapan lagi? [careernews.id]


Penulis    : Rita Pamilia
Editor      : Vinia R. Prima
Grafis      : M. Rizal

Tags : tips melamar pekerjaan, Rekrutmen, seleksi rekrutmen,
Event Oktober ECC Yang Bisa Kamu Ikuti (Part 1) training ecc ugm, bulan oktober, softskill training, ICP LGD, ICP wawancara, klinik karir, ,
Selasa, 19/09/2017 15:30 WIB Event Oktober ECC Yang Bisa Kamu Ikuti (Part 1)
Kenali Lebih Dalam Tentang Digital Transformation Melalui FI Bersama L’Oreal fridayindepth, friday indepth ecc ugm, l'oreal, transformasi dunia digital, ,
Selasa, 19/09/2017 00:00 WIB Kenali Lebih Dalam Tentang Digital Transformation Melalui FI Bersama L’Oreal
Yuk Belajar Pentingnya Adaptasi dan Personal Branding di FI Suntory Garuda friday indepth ecc ugm, PT Suntory Garuda Beverage,
Selasa, 05/09/2017 11:36 WIB Yuk Belajar Pentingnya Adaptasi dan Personal Branding di FI Suntory Garuda
Bank of  Tokyo Membuka Kesempatan Untuk Berkarir, Yuk Simak Info Di Bawah Ini Bank of Tokyo, Talent Recuitment Program, lowongan kerja, management trainee, ,
Kamis, 31/08/2017 09:52 WIB Bank of Tokyo Membuka Kesempatan Untuk Berkarir, Yuk Simak Info Di Bawah Ini
Berbicara Harus Berimpact Positif Bagi Sesama, Yuk Ikuti Event Ini! softskill training, effective communication, communicate with positive impact,
Selasa, 05/09/2017 11:53 WIB Berbicara Harus Berimpact Positif Bagi Sesama, Yuk Ikuti Event Ini!
Kamu Ingin Jadi Pemimpin Masa Depan? Yuk Ikuti SGC Young Leaders Program 2017 ! beasiswa SCG, program SCG, Program Mahasiswa,
Jumat, 25/08/2017 00:00 WIB Kamu Ingin Jadi Pemimpin Masa Depan? Yuk Ikuti SGC Young Leaders Program 2017 !
Hati-Hati, Hal-Hal Ini Sering Terjadi dan Membuatmu Gagal di Seleksi Awal Tes! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png