Release, Minggu, 13/08/2017 00:00 WIB

Tak Hanya Jobseeker, Kamu yang Sudah Bekerja Bisa datang ke Podjok Konseling

Masalah karir sebenarnya tak hanya dialami oleh para jobseeker, namun beberapa karyawan yang telah bekerja tak jarang mendapati masalah di perusahaan tempat ia bekerja. Beberapa dari mereka yang telah bekerja ternyata juga membutuhkan bimbingan konseling terhadap masalah karirnya. 

 Tak Hanya Jobseeker, Kamu yang Sudah Bekerja Bisa datang ke Podjok Konseling

Siapa sih yang enggak bahagia dapat kerjaan? Diterima bekerja disuatu perusahaan bukanlah akhir dari pencapaian karir, hal ini justru menjadi titik awa pegawai memulai kehidupannya di dunia kerja. Sebuah awal dari mimpi menuju puncak karir yang sukses. Walau demikian, lika-liku menuju puncak karir tak bisa dipungkiri akan sering muncul. Bagi sebagian orang, jika hal itu tidak diatasi dengan benar justru akan menghambat perjalanan karirnya.

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh ECC UGM dalam acara 22nd Career Days UGM 2017 adalah Podjok Konseling. Berada di paling selatan area job fair, booth ini memberikan konsultasi gratis seputar masalah karir kepada pengunjung yang datang. Dalam melayani keluhan karir pengunjung, mereka ternyata menerima tidak hanya para jobseeker atau fresh graduate yang baru pertama kali mencari kerja. Ada pula beberapa yang datang ke booth ini mengakui sudah bekerja dan menjadi pegawai di suatu perusahaan.

Salah satu Counselor ECC UGM, Vani mengatakan bahwa dari hari pertama yang hadir di Podjok Konseling tak hanya jobseeker, namun beberapa yang sudah bekerja. “Mereka memutuskan untuk resign, dan alasannya pun macam-macam, “ tuturnya.

Masalah yang dikemukakan para pegawai ini pun beragam. Mulai dari kebijakan kantor, atasan yang tidak mereka sukai, salah memilih jenis pekerjaan, jumlah upah gaji yang tidak sesuai,  hingga keinginan untuk naik ke jenjang karir lebih tinggi yang terhambat.

“Contoh kasus menarik adalah kenaikan jenjang karir yang dikeluhkan salah satu pengunjung, semua target sudah dipenuhhi namun mereka merasa  jenjang karir tidak menjanjikan karena terhenti pada satu level saja tidak kunjung di promosikan, “ ungkapnya.

Vani menganalisa permasalahan tersebut biasanya terjadi di perusahaan berbasis pada perusahaan keluarga. Pada perusahaan tersebut jajaran tertinggi diisi anggota keluarga. Jika si pegawai bukan anggota keluarga pemilik perusahaan maka kecil kemungkinan ia berada di jajaran tinggi perusahaan. “Tidak semua perusahaan menjanjikan jenjang karir bagus,  kembali lagi pada masing-masing perusahaannya, semisal jenjang karir mereka tidak bisa naik, mungkin mereka bisa memberikan fasilitas dari sudut yang lain. kesejahteraan bisa lebih lebih diperhatikan,” jelas Vani.

Ia juga menambahkan bahwa satu hal yang wajib diperhatikan jobseeker saat melamar pekerjaan adalah memahami lebih dalam tentang jenjang karir diperusahaan tersebut. Menanyakan kesempatan jenjang karir pada adalah hak para jobseeker. “Dengan mengetahui jenjang karir, jobseeker dapat terhindar dari salah pilih kerja,” Tambahnya.

Jadi, buat jobseeker, ingat terus tipsnya untuk pahami lebih dalam perusahaannya sebelum kamu lamar. Menjadi pribadi yang kritis dangat diperlukan supaya tak salah jalan. [careernews.id]

 

Penulis            : Nikita Yolania

Editor              : Puspa A. Mala

Foto                : Ryma Aulia 

Tags : podjok konseling, event ECC UGM, 22nd Career Days UGM, konsultasi karir dan kesehatan gratis,
Yuk Ikut Tokopedia Devcamp, dan Raih Total Hadiah 69 Juta Rupiah! tokopedia, hackathon, ecc ugm, internship,
Kamis, 19/07/2018 19:26 WIB Yuk Ikut Tokopedia Devcamp, dan Raih Total Hadiah 69 Juta Rupiah!
Buat Dirimu Kece Di Mata Perusahaan, Update CV & Isi Assessment-mu! assessment online, ECC UGM, career days 24th,
Kamis, 19/07/2018 18:22 WIB Buat Dirimu Kece Di Mata Perusahaan, Update CV & Isi Assessment-mu!
Kolaborasi 24th CD ECC UGM dan Talent Hunt, Serap Lebih Banyak Tenaga Produktif talent hunt, Talent Recuitment Program, rekrutmen kerja, ECC UGM, 24th CD ECC UGM, ,
Kamis, 19/07/2018 15:27 WIB Kolaborasi 24th CD ECC UGM dan Talent Hunt, Serap Lebih Banyak Tenaga Produktif
Berakit ke Hulu, Berenang ke Tepian. Join di 24th CD Dulu, Mapan Kemudian 24th CD ECC UGM, jobfair, ECC UGM, jobfair ecc ugm, ,
Kamis, 19/07/2018 09:14 WIB Berakit ke Hulu, Berenang ke Tepian. Join di 24th CD Dulu, Mapan Kemudian
Pendapat Officer Perusahaan tentang Career Days ECC UGM testimoni perusahaan, Career Days, Perusahaan, ECC UGM, jobfair, ,
Rabu, 18/07/2018 00:00 WIB Pendapat Officer Perusahaan tentang Career Days ECC UGM
Ngobrolin Soal Resign di Bulan Juli careernews, pengunduran diri, resign, berita karir, rencana karir, etika resign,
Jumat, 13/07/2018 00:00 WIB Ngobrolin Soal Resign di Bulan Juli
Tak Hanya Jobseeker, Kamu yang Sudah Bekerja Bisa datang ke Podjok Konseling | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png