News, Sabtu, 12/08/2017 16:00 WIB

Bingung Menentukan Minat Karir, Jadi Tren Problem Jobseeker Saat Ini

Mendapat pekerjaan merupakan tujuan utama jobseeker tapi bagaimana jika memilih jenis pekerjaan yang diinginkan saja masih bingung?

Bingung Menentukan Minat Karir, Jadi Tren Problem Jobseeker Saat Ini

ECC UGM selalu memberikan pelayanan maksimal untuk membantu jobseeker mencari pekerjaan. Fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan jobseeker disediakan ECC UGM agar jobseeker dapat mengembangkan diri sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan. 



Salah satu fasilitas yang disediakan tersebut ialah pojok konseling yang menghadirkan para psikolog bagi para jobseeker. Para Jobseeker yang datang di acara 22nd Career Days UGM diberi kesempatan untuk berkonsultasi seputar permasalahan karir yang mereka miliki.

Terletak di booth bagian selatan lokasi acara jobfair, pojok konseling bersebelahan dengan ruang interview. Di bilik konseling, para peserta jobfair yang hadir dapat langsung mendaftar di bagian resepsionis untuk kemudian mendapat antrian konseling.

Para konselor di pojok konseling ini mengamati bahwa masalah yang sering dijumpai para jobseeker ketika akan melamar kerja adalah minat kerja. Masih banyak yang justru bingung ketika menentukan sebenarnya pekerjaan apa yang cocok atau yang benar-benar menjadi minat (passion) dari si jobseeker itu sendiri.

Selain itu, juga ada pula masalah lain yang sering dikonsultasikan jobseeker yaitu mengenai dilema antara memutuskan akan bekerja atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Salah satu peserta yang datang ke pojok konseling mengatakan,”Saya lulusan S1 tapi bingung mau lanjut S2 atau kerja dulu, sementara ibu saya nyuruhnya langsung S2, gitu,” terang Vania, jobseeker lulusan salah satu perguruan tinggi di Bandung. 

Pengadaan booth ini sendiri menurut Cindani, Psikolog ECC UGM, “Tujuan utama kita adalah wadah buat jobseeker, karena biasanya mereka banyak keluhan, kesulitan, hambatan ketika melakukan proses seleksi di dunia kerja. Nah peran kita untuk menjawab sebagian dari kekhawatiran mereka, seperti itu.”

Pendapat ini juga disetujui oleh peserta konseling lain bernama Amal yang datang ke berkonsultasi di sini. Menurutnya, program ini sangat membatu dan sangat baik bagi jobseeker maupun orang yang telah atau pernah bekerja untuk dimanfaatkan ketika mereka memiliki permasalahan seputar dunia kerja. 

Amal mengatakan, “Ekspektasi saya kiraian hanya konseling seputaran karir aja, tetapi ternyata lebih meluas fokus arahan karir itu ke mana, sampai kita itu nanti mau jadi apa di akhir dari cita-cita kita.” Ia juga menambahkan bahwa ECC sudah bagus dalam pengadaan job hunting ini, baik secara online maupun offline recruitment. “Prosesnya sudah bagus, saya juga dulu pernah di Kepnaker mengurus jobfair juga. Kepnaker pun adopt-nya juga dari model-model seleksi ECC UGM atau ITB Career dan kampus-kampus hiring,” ungkap Amal.

Menurut data terkumpul pada hari pertama pelaksanaan 22nd Career Days 2017, Sabtu (12/8), telah ada 84 nama yang mendaftar untuk melakukan konsultasi karir di pojok konseling. Bagi jobseeker yang belum mendapatkan kesempatan, Cindani menyampaikan bahwa pojok konseling akan dibuka kembali di hari kedua jobfair pada Minggu (13/8) pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. [careernews.id]


Penulis   : Nikita Yolania

Editor     : Yuana Anandatama



Tags : profil perusahaan, CDUGM22, career days ugm, job fair, career fair,
HacKGen Pancing Peserta Tuangkan Ide Kreatif, Simak Kisah Mereka Di Sini! HacKGen, Hackathon, kompas gramedia, teknologi informasi, aplikasi ,
Rabu, 09/05/2018 10:53 WIB HacKGen Pancing Peserta Tuangkan Ide Kreatif, Simak Kisah Mereka Di Sini!
Ikuti Simposium Untuk Umum Bersama PT Pertamina! Gratis. Yuk Daftar Sekarang! pertamina, kuliah umum, seminar, ,
Rabu, 18/04/2018 15:00 WIB Ikuti Simposium Untuk Umum Bersama PT Pertamina! Gratis. Yuk Daftar Sekarang!
Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker carcentos, ecc ugm, jobfair unika atmajaya,
Selasa, 20/03/2018 06:23 WIB Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker
Begini Pendapat Jobseeker Mengenai 23rd CD ECC UGM jobfair, jobseeker, 23rd career days, ,
Kamis, 08/03/2018 00:00 WIB Begini Pendapat Jobseeker Mengenai 23rd CD ECC UGM
Bank Tabungan Negara Terima Drop CV langsung di Ruang Presentasi BTN, cdugm23, 23rd CD, lowongan kerja, lowongan perbankan, ECC UGM ,
Rabu, 07/03/2018 15:18 WIB Bank Tabungan Negara Terima Drop CV langsung di Ruang Presentasi
Punya Cita-Cita Kerja di Start Up? Saatnya Gabung ke JD.ID! JD.ID, 23rd CD, Job Fair, lowongan kerja, ECC UGM, ,
Rabu, 07/03/2018 00:00 WIB Punya Cita-Cita Kerja di Start Up? Saatnya Gabung ke JD.ID!
Bingung Menentukan Minat Karir, Jadi Tren Problem Jobseeker Saat Ini | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png