Career Issue, Selasa, 20/12/2016 13:55 WIB

Ayo, Kenali Lagi Jalur Rekrutmen PT PLN (Persero)!

Taukah jobseeker, tenyata PLN punya lebih dari satu jenis rekrutmen karyawan, lho. Apa saja ya?
Ayo, Kenali Lagi Jalur Rekrutmen PT PLN (Persero)!
Jobseeker, bagaimana perasaanmu saat tahu kalau PLN membuka rekrutmen kembali? Pasti langsung tertarik dan segera cari tahu cara ikut rekrutmennya, bukan? Sebelum kabar baik seperti ini datang padamu di tahun depan, ada baiknya kamu kenali jenis-jenis rekrutmen yang mereka lakukan.

Masih banyak jobseeker yang hanya paham satu jalur rekrutmen yang umum dilakukan PLN saat merekrut karyawannya. Jalur umum ini adalah jalur di mana perusahaan menyebarkan informasi pelaksanaan rekrutmen secara terbuka lewat laman-laman atau website resmi mereka.

Dalam wawancara yang dilakukan oleh tim careernews.id pada Alif Fajar Rahman, Staf Bidang Rekrutmen dan Seleksi PT PLN (Persero), Alif memaparkan bahwa jalur seleksi PLN sebenarnya ada beberapa macam, antara lain Jalur Pelaksana (tingkat SLTA), D3 Kerjasama, Beasiswa Mahasiswa Semester Akhir (semester 5-7), Rekrutmen Umum, Direct Shopping (rekrutmen langsung di kampus-kampus PTN terbaik di Indonesia), serta Jobfair Recruitment.

Jalur Pelaksana biasanya dibuka untuk lulusan tingkat SMA/SMK/sederajat dengan tujuan memeroleh karyawan yang ahli di bidang-bidang khusus, contohnya saja teknik listrik. Sedangkan, jalur Beasiswa Mahasiswa Semester Akhir dan Direct Shopping dilakukan oleh PLN dengan bekerjasama pada beberapa universitas di Indonesia. Mahasiswa dapat mengakses informasinya melalui kampus masing-masing.

Meski dari segi rangkaian dan jenis tes seleksinya relatif serupa tetapi tetap ada beberapa perbedaan di masing-masing jalur seleksi tersebut. Dijelaskan Alif, "Tiap jalur berbeda-beda tesnya, untuk Jalur Pelaksana ditambahkan Tes Endurance di awal tahapan. Untuk Direct Shopping itu tidak memakai Tes Akademik dan Bahasa Inggris. Selebihnya sama, termasuk untuk yang D3 Kerjasama."


Adanya jalur serupa ikatan dinas di PLN

Saat ditanya lebih jauh, Alif juga menambahkan informasi tentang adanya jalur serupa ikatan dinas yang dilakukan oleh PLN kepada calon karyawannya. Jalur ini dikenal dengan D3 Kerjasama.  Menurutnya, Jalur ini dilakukan dengan harapan supaya PLN memiliki benih-benih karyawan yang berkompetensi kerja sesuai dengan proses bisnis PLN. Sejak awal, mereka akan diperkenalkan dengan seluruh rangkaian proses bisnis PLN dengan magang di unit PLN sejak dini. "Intinya mereka ibarat telur-telur yang berpotensi. Ketika menetas nanti dia siap bekerja di PLN," papar Alif.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti jalur ini mirip dengan persyaratan mendaftar kuliah di universitas atau perguruan tinggi. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara jalur ini dengan jalur seleksi umum. Semua tahapan, proses dan tingkat kelulusan sama, hanya SDMnya saja yang diambil dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA IPA) dan SMK. Selanjutnya, proses administrasi akan dikelola oleh kampus.

Lebih spesifik, calon pelamar jalur ini akan melalui tahapan secara urut dengan melakukan pendaftaran sesuai persyaratan, Seleksi Administrasi, General Aptitude Test (GAT), Tes Akding (Akademik dan Bahasa Inggris), Psikotes, Tes Kesehatan Fisik, Tes Laboratorium, Wawancara. Setelahnya kandidat akan mengikuti kuliah dan lulus sesuai kontrak. Terakhir setelah lulus tersebut, kandidat akan diberikan Diklat Prajabatan.

Mengenai pertanyaan tentang status karyawan yang diterima melalui jalur ini, Alif menerangkan bahwa karyawan akan memiliki status sama dengan pegawai jalur umum.  Tidak ada perbedaan untuk jenjang karir, bisa menduduki jabatan struktural di PLN. "Gaji sama, pensiun sama, 56 tahun," jelasnya.

Well jobseeker, sudah siap hadapi tahun yang baru bersama PT PLN (Persero)? Pantau terus ecc.ft.ugm.ac.id untuk info-info rekrutmen mereka di tahun depan!



Penulis      : Nikita Yolania

Editor        : Yuana Anandatama

Foto          : Careernews.id

Tags : PLN, PT PLN (Persero), jobseeker, jalur rekrutmen, Rekrutmen PLN,
Rasakan Pengalaman Go Internasional Dengan Magang Inkompass magang internasional, inkompass 2018, Magang, internasional, karier sukses, mahasiswa magang, ECC UGM, HM Sampoerna Tbk, ,
Kamis, 15/02/2018 11:01 WIB Rasakan Pengalaman Go Internasional Dengan Magang Inkompass
[Info 23rd CD] Cek Dirimu Dengan Program Ini! Agar Semakin Siap Ikut 23rd CD talent hunt, program talent hunt, Career Days, performa terbaik, 23rd CD, kenali diri,
Kamis, 15/02/2018 11:03 WIB [Info 23rd CD] Cek Dirimu Dengan Program Ini! Agar Semakin Siap Ikut 23rd CD
Ikuti Career Workshop: Paragon Campus Roadshow! Daftar di Sini, Free! pti, wardah, paragon, job hunting, career, konseling, career workshop, cdugm23,
Jumat, 09/02/2018 09:26 WIB Ikuti Career Workshop: Paragon Campus Roadshow! Daftar di Sini, Free!
Ayo Join Overcoffee 2.0: How to Boost Your Event with Instagram! FREE! overcoffee, careernews.web.id, eccugm, special training, training, eventjogja, ,
Kamis, 08/02/2018 16:12 WIB Ayo Join Overcoffee 2.0: How to Boost Your Event with Instagram! FREE!
[Info 23rd CD]48 Perusahaan Merapat, Cek Apa Perusahaan Impianmu Sudah Disini perusahaan 23rd CD, Career Days, 23rd, talent hunt, ECC UGM, jobfair, sukses,
Selasa, 06/02/2018 00:00 WIB [Info 23rd CD]48 Perusahaan Merapat, Cek Apa Perusahaan Impianmu Sudah Disini
Ada Yang Baru Dari ECC UGM! Ikut Program Ini Bisa Jadi Nilai Tambah Untukmu baru, ECC UGM, Training Februari, Hard Skill, Siap Kerja, Sukses, Plus plus,
Jumat, 02/02/2018 15:54 WIB Ada Yang Baru Dari ECC UGM! Ikut Program Ini Bisa Jadi Nilai Tambah Untukmu
Ayo, Kenali Lagi Jalur Rekrutmen PT PLN (Persero)! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png