News, Rabu, 12/10/2016 15:08 WIB

Event 6th ISTS Resmi Ditutup Hari Ini (12/10)

Rangkaian acara 6th Intenational Symposium on Technology for Sustainability (ISTS) dan 2nd International Student Seminar on Leadership and Networking (ISSLN) yang didakan oleh Sekolah Vokasi UGM bekerjasama dengan beberapa universitas di seluruh dunia pada 4-12 Oktober 2016 telah usai.
Event 6th ISTS Resmi Ditutup Hari Ini (12/10)
Upacara penutupan event ISTS ke-6 yang juga berbarengan dengan ISSLN ke-2 dilakukan pada pukul 08.30-10.30 WIB di Ballroom Ayodya, Hotel Indoluxe, Yogyakarta. Upacara ini dilakukan sebagai penutup rangkaian simposium yang telah dilaksanakan kurang lebih selama sepekan sejak Rabu, 4 Oktober 2016 dengan dihadiri oleh peserta mahasiswa dari berbagai negara, seperti Jepang, Pilipina, Finlandia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Indonesia.
Closing ceremony dibuka dengan sambutan dari Ketua Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto, Ph.D. Diikuti dengan sambutan dari Chairman of JSOC 2017, Chairman of FSOC 2017 dan Chairman of IDSOC 2016, serta perwakilan tiap-tiap universitas peserta yang hadir. Selain itu, hadir pula Fitri Damayanti Berutu, S.E.,S.S., M.Sc. selaku Ketua Umum 6th ISTS Indonesia.

Dalam pidatonya Fitri menyampaikan bahwa acara ISTS haruslah menjadi suatu hal berkelanjutan yang dapat merealisasikan ide-ide kreatifitas para pesertanya. Ia juga berharap, “I hope that the products or ideas digging deep from this ISTS should be implemented in Poncosari, Srandakan, Bantul. The case study village we already visited few days ago.” Seperti yang telah diagendakan sebelumnya, dalam rangkaian acara ISTS ini, para peserta diberikan kesempatan terjun langsung ke wilayah Desa Poncosari, Srandakan, Bantul untuk mempelajari proses pembuatan mie lethek yang selanjutnya dijadikan bahan studi kasus.

Acara ISTS berkonsentrasi pada pembangunan teknologi berkelanjutan bertujuan untuk memberikan kontribusi secara nyata di bidang pengembangan teknologi. Para peserta yang berjumlah 124 peserta mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, antara lain paper exhibition, oral presentation, dan kunjungan perusahaan. Tidak hanya yang bersifat formal akademis, kegiatan ini juga diselingi dengan kunjungan budaya dan rekreasi. Beberapa spot wisata yang mereka kunjungi ialah Malioboro dan Candi Borobudur.


Kucuran dana dari berbagai pihak

ISTS sendiri sejauh ini telah memiliki pencapaian perolehan pendanaan untuk proyek-proyek yang sedang dikembangkan di Desa Poncosari, Srandakan, Bantul. Pendanaan tersebut berasal dari Pemerintah Daerah Bantul dan Universitas Gadjah Mada. Menurut Viktoro Fikgi Amartha, Ketua Panitia Penyelenggaraan 6th ISTS menyampaikan, “Untuk ke depannya kita mencoba untuk mendekati Bank Indonesia (BI) dan NIT Jepang untuk pendanaan atau support project kita ke depan.” Ia juga menyampaikan bahwa terdapat dua proyek yang sedang menjadi konsentrasi utama mereka saat ini, yaitu kincir air dan teknologi pembuatan mie lethek yang keduanya berlokasi di Pocosari.

Selain itu, dalam rangkaian acara ini juga diberikan award kepada para peserta yang terdiri dari 10 kategori. Beberapa contohnya ialah The Most Outstanding  Project Presentation, The Best Paper dan The Best Poster Exhibition. Dalam kesempatan ini juga terdapat salah satu kategori award yang disabet oleh mahasiswa asal Institut Teknologi Bandung (ITB), Indonesia. Ia memenangkan The Best Civil Construction. Sebuah proyek yang mengembangkan kontruksi sipil di wilayah pedesaan. “Dilirik projectnya karena bener-bener bisa laksanakan atau diimplementasikan dengan sederhana, masyarakat desa pasti bisa menerima,” ungkap Viktoro.

Pada sesi terakhir, upacara penutupan dilakukan dengan pemutaran video dokumentasi event dan pemberian cinderamata kepada masing-masing perwakilan universitas pendukung acara ISTS dan ISSLN. Acara ini merupakan acara rutin tahunan yang rencananya tahun depan akan dilaksanakan pada akhir bulan Maret 2017 di Turku University of Applied Sciences, Finlandia.



Penulis      : Nikita Yolania

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Devi Aprillia

Tags : Event, mahasiswa, universitas di dunia,
HacKGen Pancing Peserta Tuangkan Ide Kreatif, Simak Kisah Mereka Di Sini! HacKGen, Hackathon, kompas gramedia, teknologi informasi, aplikasi ,
Rabu, 09/05/2018 10:53 WIB HacKGen Pancing Peserta Tuangkan Ide Kreatif, Simak Kisah Mereka Di Sini!
Ikuti Simposium Untuk Umum Bersama PT Pertamina! Gratis. Yuk Daftar Sekarang! pertamina, kuliah umum, seminar, ,
Rabu, 18/04/2018 15:00 WIB Ikuti Simposium Untuk Umum Bersama PT Pertamina! Gratis. Yuk Daftar Sekarang!
Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker carcentos, ecc ugm, jobfair unika atmajaya,
Selasa, 20/03/2018 06:23 WIB Adopsi Sistem Carcentos, Unika Atmajaya Dibanjiri Jobseeker
Begini Pendapat Jobseeker Mengenai 23rd CD ECC UGM jobfair, jobseeker, 23rd career days, ,
Kamis, 08/03/2018 00:00 WIB Begini Pendapat Jobseeker Mengenai 23rd CD ECC UGM
Bank Tabungan Negara Terima Drop CV langsung di Ruang Presentasi BTN, cdugm23, 23rd CD, lowongan kerja, lowongan perbankan, ECC UGM ,
Rabu, 07/03/2018 15:18 WIB Bank Tabungan Negara Terima Drop CV langsung di Ruang Presentasi
Punya Cita-Cita Kerja di Start Up? Saatnya Gabung ke JD.ID! JD.ID, 23rd CD, Job Fair, lowongan kerja, ECC UGM, ,
Rabu, 07/03/2018 00:00 WIB Punya Cita-Cita Kerja di Start Up? Saatnya Gabung ke JD.ID!
Event 6th ISTS Resmi Ditutup Hari Ini (12/10) | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png