Jobseeker / workplace, Selasa, 20/02/2018 00:00 WIB

Mau Apply Online Saat Jobfair? Ini Berkas-Berkas yang Wajib Kamu Bawa!

Input data secara online pada saat jobfair beri kemudahan, baik bagimu maupun perusahaan. Menjelang 23rd Career Days nih, apa saja yang perlu dipersiapkan?
Mau Apply Online Saat Jobfair? Ini Berkas-Berkas yang Wajib Kamu Bawa!
Saat jobfair berlangsung biasanya ada beberapa perusahaan menyediakan layanan input data online bagi jobseeker. Tujuannya agar perusahaan bisa menyeleksi pelamar dalam waktu cepat, terutama jika yang melamar di perusahaan tersebut jumlahnya hingga ribuan.

Dari sekian ribu pelamar tersebut, tak jarang perusahaan menerima CV yang copy-paste. Nah, dengan adanya sistem input data online, selain bisa menyiasati masuknya CV yang demikian atau mengurangi plagiarisme, juga membuat perusahaan bisa melakukan proses rekrutmen dengan lebih efisien.

Agar proses input data secara online berjalan lebih lancar, ada beberapa berkas yang mesti kamu persiapkan. Apa saja?


1. Curriculum Vitae 

“CV harus benar-benar mencerminkan dirimu sendiri, jangan sampai copy-paste. Selain pendidikan, yang harus ditonjolkan dalam CV adalah pengalaman kita, entah itu pengalaman organisasi atau kerja, baik kerja full time atau part time,” tutur  Iris Maria Indiramurti, Assistant Head of Marketing Department ECC, yang akrab disapa Iin ini.


2. Surat lamaran

Menurut www.jobs.ac.uk, surat lamaran yang baik adalah surat lamaran yang isinya tidak sekadar mengulang apa yang sudah tertulis di dalam CV. Jangan bertele-tele, terutama di paragraf pertama surat lamaranmu. Pastikan kamu sudah melakukan research soal perusahaan yang akan kamu lamar sehingga surat lamaranmu lebih ‘berisi’ dan menarik perhatian perusahaan yang kamu lamar. Berikut beberapa hal yang harus kamu kemukakan dalam surat lamaranmu:

  • Alasan mengapa kamu tertarik melamar di perusahaan tersebut dan mengapa perusahaan perlu merekrutmu.
  • Pengalaman yang mencerminkan kualitas yang dicari oleh perusahaan untuk posisi incaranmu
  • Kontakmu secara detail agar perusahaan tahu kemana harus menghubungimu jika kamu dianggap layak untuk masuk pada tahapan seleksi berikutnya.


3. Motivation Letter

Meski tidak selalu diwajibkan oleh perusahaan, Iin berpendapat bahwa mempersiapkan motivation letter adalah sebuah nilai tambah buatmu. “Ketika bikin cover letter dan CV, tambahin aja motivation letter. Kadang itu sering dilupakan tapi itu bisa jadi sesuatu yang bernilai plus,” jelas Iin.


4. Berkas-berkas akademik, seperti ijazah, transkrip nilai, atau Surat Keterangan Lulus (SKL) bila kamu belum memeroleh ijazah

“Atau surat rekomendasi dosen kalau misalnya kamu semester akhir. Tujuannya supaya recruiter tahu kapan estimasi lulusmu atau kamu sidang kapan, karena ada beberapa perusahaan yang open untuk mahasiswa last semester,” imbuh Iin.


5. ID card atau kartu identitas beserta pas foto

“Untuk pas foto idealnya 4x6 dan 3x4. Tapi saran saya, siapkan 4x6 saja. ID bisa berupa KTP, SIM. Atau kalau kamu masih mahasiswa, bisa disertakan juga kartu mahasiswa, ujar Iin. Iin menambahkan bila sekiranya ada perusahan yang mensyaratkan akte dan NPWP, itu juga mesti dibawa meskipun hanya berupa fotocopy.

Nah, sudah tahu apa yang perlu kamu masukan dalam tasmu sebelum berangkat ke jobfair bukan? Selamat mempersiapkan diri, ya. Good luck!


Sudah siapkah kamu menjelang 23rd Career Days 3-4 Maret mendatang? Jangan lupa cetak tanda masuk sekarang ya, klik di sini untuk non member.

Semoga lancar jaya dan sukses selalu! 


Penulis      : Elyzabeth Winda

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Careernews 

Tags : jobfair, career days, jobseeker, melamar kerja, tips jobfair, CV, Cover Letter,
Upgrade Skill-mu, Ikuti Agenda Training dari ECC di Bulan Oktober Ini! training softskill Oktober, free traning, upgrade softskill,
Senin, 24/09/2018 17:21 WIB Upgrade Skill-mu, Ikuti Agenda Training dari ECC di Bulan Oktober Ini!
Datang ke MTF Roadshow? Dapatkan Ilmunya dan Free Trip to Thailand Mandiri Tunas Finance, mahasiswa semester akhir, event jogja 2018,
Senin, 17/09/2018 16:02 WIB Datang ke MTF Roadshow? Dapatkan Ilmunya dan Free Trip to Thailand
Yuk Gabung MTF Business Case Competition, Menangkan Free Trip ke Thailand! Mandiri Tunas Finance, MTF, MTF 2018, MTF Business Case Competition, Business Case Competition,
Kamis, 13/09/2018 13:53 WIB Yuk Gabung MTF Business Case Competition, Menangkan Free Trip ke Thailand!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Job Interview, LGD, training september, training ECC UGM,
Jumat, 07/09/2018 00:00 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Kenapa Millennial Perlu Paham Bisnis Media? Temukan Jawabannya Di Sini! kompas saba kampus UGM, Kompas Saba Kampus 2018 UGM, Kompas, seminar,,
Jumat, 07/09/2018 00:00 WIB Kenapa Millennial Perlu Paham Bisnis Media? Temukan Jawabannya Di Sini!
Buat Dirimu Lebih Semangat Berinovasi dengan Hadiri Paragon Innovation Summit! paragon technology and innovation, paragon technology and innovation summit 2018, inovasi, muda millennials,
Kamis, 06/09/2018 14:22 WIB Buat Dirimu Lebih Semangat Berinovasi dengan Hadiri Paragon Innovation Summit!
Mau Apply Online Saat Jobfair? Ini Berkas-Berkas yang Wajib Kamu Bawa! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png