News, Minggu, 28/09/2014 14:00 WIB

Kamu Butuh Tantangan Lebih? Bergabunglah di Perusahaan Kontraktor!

Karir di perusahan jasa kontraktor harus siap turun lapangan ke proyek. Siap menerima tantangan?
Kamu Butuh Tantangan Lebih? Bergabunglah di Perusahaan Kontraktor!
Beberapa perusahaan jasa kontraktor turut meramaikan 16th Career Days UGM kali ini. Bagi kamu yang tertarik untuk berkarir bersama, kamu harus siap untuk turun langsung ke proyek perusahaan yang terletak di berbagai daerah di Indonesia.
“Kami ada 14 site, terletak di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan,” jelas Freddy Andreas Permana, Recruitment Section Head PT Pamapersada Nusantara.


Berkarir di jasa kontraktor


Sama halnya dengan perusahaan lain, perusahaan jasa kontraktor juga memiliki jenjang karir yang bertingkat. Salah satunya seperti di PT Hutama Karya (Persero) yang membuka program Management Trainee (MT) yang dilaksanakan selama satu tahun. “Dalam satu tahun, akan dilakukan penilaian dan magang proyek bagi staf MT,” jelas Yussie Indrawati, bagian Pengembangan SDM dan Organisasi PT Hutama Karya (Persero).


Jika dinyatakan lulus pada tahap tersebut, staf MT juga akan dilatih oleh militer selama dua minggu. “Penilaian juga akan dilakukan oleh pihak militer,” lanjut Yussie. Jika dinyatakan lulus, karyawan dapat diangkat untuk menduduki posisi tertentu. Namun jika tidak lulus, ia akan diberi penawaran dan kompensasi dari perusahaan.


“Boleh mengundurkan diri, atau mengulang level MT kembali,” ujarnya. Akan tetapi apabila setelah mengulang kembali masih dinyatakan gagal, maka karyawan tersebut harus mengundurkan diri.


Tak semua jurusan teknik diterima


Kebutuhan PT Hutama Karya (Persero) cenderung pada jurusan spesifik. Misalnya, tidak semua lulusan jurusan teknik bisa diterima bekerja tetapi spesifik terhadap jurusan teknik tertentu sesuai dengan kebutuhan. “Karena posisi di kami adalah posisi fungsional yang spesialis pada bidangnya,” jelas Yussie.


Jenjang karir di perusahaan ini pun menuntut improvement dari segi performa kerja untuk naik ke posisi yang lebih tinggi. Misalnya, staf yang memiliki kapasitas dan kompetensi baik akan diangkat ke level manajer. Jika penilaiannya masih bertahan atau lebih baik lagi, maka ia akan naik ke level site manager, kemudian ke level project manager.


Sedangkan untuk mereka yang berasal dari jurusan nonteknik maupun teknik yang tidak ingin bekerja di proyek, ada posisi-posisi yang telah disiapkan. Posisi ini juga memiliki jenjang karir yang bertingkat dan menuntut performa kerja yang prima dari masing-masing staf.


Sama halnya dengan PT Hutama Karya, saat ini PT Pamapersada Nusantara juga tengah membutuhkan kandidat yang berasal dari jurusan teknik yang spesifik, yaitu teknik geologi, pertambangan, dan sipil. Untuk ditempatkan di 14 site, dibutuhkan sekitar 200 staf baru. “Karena kami sedang fokus pada produksi dan desain tambang sehingga membutuhkan kandidat dari jurusan tertentu,” jelas Freddy. Untuk posisi support yang tidak berhubungan langsung dengan proyek, karyawan tetap berada di lapangan meskipun bekerja di kantor yang ada di masing-masing site.


PT Pamapersada Nusantara menerima lulusan dari jenjang diploma maupun strata 1 (S1). Untuk diploma, entry level adalah di golongan 3C, sedangkan untuk S1 di level 4A. “Kenaikan golongan ini dinilai berdasarkan prestasi kerja,” lanjut Freddy.


Mempersiapkan diri


Menurut Freddy, dalam proses melamar pekerjaan, seseorang tidak cukup sekadar mendaftar sesuai kualifikasi perusahaan saja. “Perlu juga untuk tahu tentang penerapan dari ilmunya. Misalnya untuk teknik geologi, harus tahu gambaran seperti apa nanti penerapannya di dunia tambang,” paparnya.


Freddy menegaskan, jobseeker harus  banyak mencari tahu aplikasi apa saja yang digunakan nantinya di pertambangan jika ingin berkarir di PT Pamapersada Nusantara. Dari 2.000 berkas yang masuk di hari pertama 16th Career Days UGM saja, 200 di antaranya dinilai sudah memenuhi kualifikasi. Hal tersebut harus diimbangi dengan pengetahuan terhadap penerapan ilmu yang ditekuni selama kuliah. “Selain untuk meningkatkan awareness terhadap perusahaan, kami mengikuti Career Days ini juga dengan harapan bisa mendapatkan banyak kandidat yang sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan,” tukas Freddy.


Yussie juga mengharapkan agar jobseeker sudah menyiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengikuti magang sejak masih menyusun skripsi maupun TA (tugas akhir, -red). “Ini berguna untuk memahami suasana kerja karena pada prinsipnya di perusahaan manapun sama,” jelas Yussie. Hal ini juga bermanfaat dalam memahami kultur kerja dan kampus yang sangat berbeda.


Selain itu, Yussie juga menyarankan agar jobseeker membekali diri dengan wawasan dan berita terkini. Terutama tentang wawasan corporate. “Jadi misalnya ketika kita mengumumkan ada program MT, tidak lagi bertanya-tanya itu program yang seperti apa,” lanjutnya. Event job fair seharusnya mampu dimafaatkan oleh jobseeker dengan sebaik-baiknya. “Apalagi kami selama ini memang hanya ikut job fair UGM dan ITS saja,” imbuh Yussie. Salah satunya dikarenakan jobseeker yang berasal dari daerah DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur cenderung sabar dalam meniti jenjang karir.


Mentalitas yang tinggi menjadi kualifikasi yang sangat penting untuk bergabung dengan PT Hutama Karya (Persero). Berani? [CN/RARA]



Tags : perusahaan kontraktor di 16th Career Days, cdugm16, career days, tip sukses melamar kerja, job fair ugm 2014
Begini Pendapat Jobseeker Mengenai 23rd CD ECC UGM jobfair, jobseeker, 23rd career days, ,
Kamis, 08/03/2018 00:00 WIB Begini Pendapat Jobseeker Mengenai 23rd CD ECC UGM
Kenali Personal Yang Dicari Perusahaan IT, Mereka Cari Sosok Yang Seperti Ini career days, PT Difini Technology, ECC UGM ,
Rabu, 07/03/2018 11:36 WIB Kenali Personal Yang Dicari Perusahaan IT, Mereka Cari Sosok Yang Seperti Ini
PT Kapal Api Global Efektifkan Rekrutmen Dengan Online Recruitment PT Kapal Api Global, tip sukses melamar kerja, 23rd, event ECC UGM, ,
Sabtu, 03/03/2018 00:00 WIB PT Kapal Api Global Efektifkan Rekrutmen Dengan Online Recruitment
Paragon Technology & Innovation Buka Loker Untuk Kamu Yang Suka Inovasi paragon, presentasi perusahaan, career days ,
Sabtu, 03/03/2018 23:52 WIB Paragon Technology & Innovation Buka Loker Untuk Kamu Yang Suka Inovasi
Majukan “Karya Anak Bangsa” Bersama Go-Jek Indonesia gojek indonesia, start up online, go jek, cdugm22, jobseeker, Career Days, job fair,
Minggu, 13/08/2017 20:00 WIB Majukan “Karya Anak Bangsa” Bersama Go-Jek Indonesia
Kamu Butuh Tantangan Lebih? Bergabunglah di Perusahaan Kontraktor! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png