Workplace, Rabu, 10/10/2018 09:00 WIB

5 Langkah Minimalisir Praktik Penipuan Dalam Seleksi CPNS!

Lima langkah ini mungkin bisa kamu jadikan referensi agar terhindar dari penipuan!
5 Langkah Minimalisir Praktik Penipuan Dalam Seleksi CPNS!
5 Langkah Minimalisir Praktik Penipuan Dalam Seleksi CPNS!

Euforia penerimaan CPNS selaiknya disikapi dengan lebih berhati-hati. Meski tahun ini sistem rekrutmen jauh lebih transparan, penipuan bisa terjadi melalui banyak cara.

Kawan, segala macam modus penipuan dapat terjadi pada siapa saja. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk dapat mengenali lowongan kerja palsu. Cara tersebut dapat kembali kamu aplikasikan sebagai satu filter agar kamu terhindar dari oknum tak bertanggungjawab saat mendaftar seleksi CPNS nanti. Berikut langkah yang dapat kamu lakukan:

 

1. Berpedoman pada website resmi

Tahun 2018, pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018 juga dilakukan secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran online resmi yakni situs sscn.bkn.go.id .Pastikan website tersebut kamu jadikan pedoman dalam mencari segala informasi dan persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar CPNS 2018. Dari website tersebut, kamu dapat mengetahui posisi, formasi yag dibuka, persyaratan, hingga jadwal seleksi.


2. Silakan cek partner

Ada kemungkinan pelaksanaan tes CPNS bekerja sama dengan instansi lain. Namun demikian, pihak panitia penyelenggara pasti akan mencantumkan mitra-mitra kerjasama di website resmi: sscn.bkn.go.id. Pastikan kamu kroscek lebih lanjut kebenarannya ya. 


3. Seleksi bebas biaya

Kamu patut curiga terhadap segala hal yang mengatasnamakan CPNS namun mengharuskanmu untuk membayar sejumlah biaya. Seleksi CPNS yang dilaksanakan tahun 2018 ini sama sekali tidak memungut biaya apapun dari semua calon pendaftar.


4. Oknum nakal 

Pastikan kamu menjadi bagian dari seleksi yang sehat dan bersih. Sebab, tak jarang terdapat oknum kurang bertanggungjawab yang menawarkanmu ‘bantuan’ untuk diterima di posisi incaranmu. Meyakini kemampuan diri sendiri dan menghindari praktik seleksi tidak sehat adalah cermin kepribadian yang bertanggungjawab. Yakinah bahwa cara yang baik akan menghasilkan sesuatu yang juga baik.


5. Selalu lakukan kroscek

Segala macam bentuk pengumuman CPNS yang kamu terima melalui emai atau situs resmi, ada baiknya untuk kamu kroscek kebenarannya. Domain yang biasa digunakan adalah go.id, jadi pastikan kamu menerima informasi yang valid. Terkadang penipu mengganti nama sender email dengan alamat website atau email resmi CPNS. Pastikan kamu mengecek kembali alamat pengirim pada emailmu lalu kemudian klik reply. Sebagai contoh, kamu menerima email yang dengan alamat akhir go.id.

Cobalah untuk mengecek alamat tersebut dengan pasti. Jika kamu klik reply, seharusnya alamat tersebut tetap berakhiran go.id. Jika alamat tersebut palsu, biasanya akan langsung terlihat alamat asli yang digunakan oleh oknum tersebut. Waspadai segala macam celah yang dapat digunakan oleh sindikat penipuan CPNS untuk memperoleh keuntungan.


Mari kita putus mata rantai penipuan dimulai dari diri sendiri dan jadilah peserta cerdas, bersih, dan berkualitas! [Careernews.id]

 

5 Langkah Minimalisir Praktik Penipuan Dalam Seleksi CPNS! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png