Release, Selasa, 09/10/2018 20:00 WIB

Catatan Editor : Euforia Pendaftaran CPNS di Penghujung 2018

Di penghujung tahun 2018, masyarakat terutama pencari kerja banyak disuguhi beragam berita dan informasi yang berkaitan dengan pendaftaran CPNS.

Catatan Editor : Euforia Pendaftaran CPNS di Penghujung 2018
Catatan Editor : Euforia Pendaftaran CPNS di Penghujung 2018

Pendaftaran CPNS bahkan telah dibuka secara resmi oleh pemerintahan pada pertengahan bulan September 2018 lalu.


Seperti tahun sebelumnya,  pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018 juga dilakukan secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran online yakni sscn.bkn.go.id, yang kini menjadi sangat familiar di ingatan pencari kerja. Apakah mungkin termasuk kamu juga?

Sejak tahun 2014, telah diberlakukan ketentuan bahwa pendaftar CPNS hanya diperkenankan mendaftar di satu instansi. Selain itu, kamu harus pastikan formasi yang dibuka memang diperuntukkan bagi jurusanmu. Sehingga, kamu harus pikirkan betul kesesuaian institusi yang kamu daftar dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki. Dari data yang dihimpun oleh bkn.go.id, adapun total jumlah formasi yang tersedia antara lain 238.015 formasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 51.271 posisi diantaranya akan ditempatkan di pemerintah pusat dan sebanyak 186.744 lainnya diperuntukkan bagi instansi daerah.

Banyaknya dorongan kepadamu untuk turut mendaftar diri menjadi CPNS, terkadang menjadi salah satu alasan kenapa kamu turut mendaftar. Hal itu tidak menjadi masalah selama kamu juga tidak keberatan untuk menjalaninya kelak. Tanyakan kembali kepada diri sendiri: mengapa kamu melamar sebagai PNS? Apa yang mau kamu cari? Mungkin banyak juga yang beranggapan bahwa menjadi PNS akan menjamin keamanan finansialmu kelak. Itu boleh menjadi salah satu alasan mendaftar, namun sebaiknya bukan satu-satunya alasan. Ada banyak orang di luar sana yang memang berniat menjadi CPNS dengan sepenuh hati, bukan hanya semata mencari keamanan finansial.

Satu lagi, sistem rekrutmen CPNS yang kini telah lebih baik, seharusnya dapat memberimu alasan untuk tidak mencari jalan pintas. Sembari mempersiapkan diri, silakan simak ulasan demi ulasan soal CPNS 2018 yang akan kami suguhkan selama beberapa hari ke depan!

Saya jadi ingin tahu, kira-kira apa yang menjadi alasan utamamu untuk mendaftar sebagai CPNS? Semoga sukses dalam menjalani dan meyakini apa yang telah kamu pilih.

 

 

Tabik,

Redaksi

Catatan Editor : Euforia Pendaftaran CPNS di Penghujung 2018 | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png