Workplace, Selasa, 05/06/2018 15:39 WIB

Jangan Langsung Tandas! Perlakukan Secara Bijak THR-mu Dengan Cara Ini!

Bentar lagi lebaran! Slip THR sudah di tangan. Mau kamu apakan THR-mu?
Jangan Langsung Tandas! Perlakukan Secara Bijak THR-mu Dengan Cara Ini!
Jangan Langsung Tandas! Perlakukan Secara Bijak THR-mu Dengan Cara Ini!

Mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) memang menggembirakan. Tambahan rezeki ini bisa kamu manfaatkan untuk membeli kebutuhan saat lebaran. Eits, namun tambahan rezeki ini bisa jadi bumerang buat kamu lho! Kok bisa ya?



THR dibagikan untuk mengantisipasi bertambahnya pengeluaran saat Hari Raya Idul Fitri. Tapi, hati-hati! Bisa jadi tambahan rezeki ini menjadi bumerang bagimu. Pengeluaran yang tak terencana, malah melenyapkan THR-mu seketika. Sebaliknya, jika kamu pandai dalam mengelolanya, THR malah bisa menyelamatkanmu dari kebutuhan tak terduga di kemudian hari. 

Analyst Quantity Account PT Pertamina Cilacap, Ardian Putranto membahas tentang bagaimana cara mengelola THR dengan bijak. Apa saja? Ini dia!

1. Bedakan gaji bulanan dengan THR 

Kamu harus membedakan fungsi dari dua hal tersebut. Gaji bulanan dialokasikan untuk kebutuhan pribadi, keluarga, tabungan berencana, hingga cicilan kendaraan dan rumah. Sedangkan untuk zakat, angpau, dan ongkos mudik bisa diambil dari THR. 

2. Transfer ke rekening yang lain

Bagi karyawan yang pembayaran gajinya menggunakan sistem transfer, maka bedakan rekening milik pribadi dengan rekening dari perusahaan. "Kalau saya, setiap gajian, atau dapat THR, langsung ditransfer ke rekening yang lain. Saya sisihkan untuk tabungan berencana keperluan istri, cicilan, zakat,” tutur Ardi. Ia juga menyarankan agar para karyawan hanya menyisakan 20-25% di rekening dari kantor guna memenuhi kebutuhan pribadi selama satu bulan.

3. Anggaran = Alat Kontrol Keuangan

Agar kamu tidak sembarangan mengeluarkan uang, sebaiknya Anda membuat catatan anggaran belanja. Catatan ini berfungsi untuk mengingatkan Anda berapa batasan uang yang bisa Anda keluarkan. Sebagai contoh, Ardi memberikan rincian berikut:

THR  :  100%
Kebutuhan membeli baju  : 15%
Transportasi mudik  :  15%
Angpau  : 10%
Kue lebaran/oleh-oleh  : 5%

Sisa THR   : 55%

Sebagai tambahan, dilansir dari hipwee.com dalam artikel berjudul ‘Bagaimana Mengelola Uang THR Secara Tepat’, disebutkan bahwa THR bisa menyelamatkanmu dari kebutuhan-kebutuhan tak terduga saat mudik dan kemudian hari. Caranya dengan tidak langsung menghabiskan semua, namun menyisihkannya ke tabunganmu. Jika sekiranya masih tersisa, kamu juga bisa memanfaatkan sisa THR untuk berinvestasi, misalnya saja membeli emas. 

Terakhir, yang tak kalah penting adalah setelah menerima THR, seyogyanya kamu juga menyisihkan sebagian rezekimu itu untuk berbagi dengan sesama. Dengan berbagi, kamu akan lebih merasakan betapa bahagianya bisa berbagi rezeki. Menolong sesama merupakan salah satu bentuk syukur yang tepat bukan?

Itu tadi, beberapa cara bijak yang bisa kamu praktikan agar THR mu tidak menguap sia-sia. Semoga bermanfaat ya! Dan semoga uang THR-mu dapat memberikan berkah dan manfaat. [careernews.id]







Penulis : Desinta Wahyu K, Puspa Aqirul Mala

Fotografer : Puspa Aqirul Mala


Jangan Langsung Tandas! Perlakukan Secara Bijak THR-mu Dengan Cara Ini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png