Enterpreunership, Jumat, 27/04/2018 16:23 WIB

Tilik 8 Tip Dari CEO Bukalapak Untuk Kamu Yang Ingin Sukses!

Coba tilik 8 nilai yang diutarakan seorang CEO Bukalapak,  Ahmad Zaky. Mana yang paling mencerahkanmu saat ini?

Tilik 8 Tip Dari CEO Bukalapak Untuk Kamu Yang Ingin Sukses!
Tilik 8 Tip Dari CEO Bukalapak Untuk Kamu Yang Ingin Sukses!



Diskusi tak melulu harus dilaksanakan di tempat eksklusif. Namun bisa juga digelar dimana pun, bahkan di selasar kampus dengan format lesehan.




Diskusi bertajuk TECC TALKS yang diinisiasi BEM FT UGM dan ECC UGM pada Jumat (27/4) di Selasar Barat Fakultas Teknik UGM, berhasil menarik antusiasme peserta. Menghadirkan CEO Bukalapak, Ahmad Zaky TECC Talks penuh diikuti peserta yang berasal dari mahasiswa UGM, maupun non UGM. Ahmad Zaky yang kini memimpin salah satu e commerce besar di Indonesia ini berbagi cerita tentang cara dia membangun bisnis. 

Tak hanya bercerita soal Bukalapak saja, Zaky, sapaan akrabnya, membagikan tip yang bisa dijadikan referensi buat siapapun yang ingin berkembang dan menjadi lebih mandiri. Berikut Careernews sajikan 8 highlights dari seorang Zaky, khusus buat kamu :

1. Jangan jadi mahasiswa biasa saja!

Kamu harus bisa mengkreasikan, atau menghasilkan sesuatu. Berangkatlah dengan misi bahwa ilmu yang kamu dapat di bangku kuliah harus bisa memberi manfaat kepada banyak pihak

2. Pintar itu bukan state

Istilah `pintar` itu bukanlah sebuah state atau label, melainkan sebuah proses. Jadi jangan pernah patah arang untuk belajar dan terus belajar dalam mengembangkan diri. SEMUA BISA DIPELAJARI!

3. Dalam membangun start up, prioritaskanlah misi dan visi untuk membantu orang lain

Semangat itulah yang akan membuat start up menjadi besar. Uang atau keuntungan akan secara otomatis mengikuti. Jadi, pikirkan dulu manfaat apa yang bisa kamu beri, soal uang itu belakangan.

4. Hire yang lebih oke dan pintar

Dalam manajemen perusahaan, usahakan selalu hire orang-orang yang lebih pintar dari kita. Dari mereka, kita akan lebih banyak belajar dan selalu dapat berinovasi.

5. Uji militansi dan konsistensi

Dalam menjalankan bisnis, yang terpenting adalah militansi dan konsistensi. Jadi anak muda yang sedang membangun bisnis, jangan takut kalau tidak punya uang atau habis modal. Kamu harus jadi militan!

6. Dear generasi muda dan mahasiswa, jangan sia-siakan kesempatan masa golden age!

Golden age adalah usia produktif manusia dimana kita senantiasa masih memiliki banyak kesempatan dan tenaga. Gagal itu biasa, yang harus dijaga adalah semangat untuk tetap berada di ambisi dan tujuan yang sama sejak awal.

7. Gagal dalam membangun produk bukan akhir segalanya

Gagal? Ciptakan sendiri peluang-peluang selanjutnya. "Thomas A. Edison saja baru berhasil setelah mencoba 1000 kali, seharusnya mahasiswa juga bisa punya semangat sebesar itu, " tegasnya. 

8. Banyak yang awalnya ragu untuk memulai usaha

Silakan kembali lagi pada misi di awal, 'Membantu orang lain, mencoba mencari solusi'. Dalam sebuah risk (masalah), di dalamnya akan ada peluang bagi mereka-mereka yang mampu menangkapnya. 

Always think differently. Be creative! [careernews.id]


Penulis : Vinia R. Prima

Editor : Puspa Aqirul Mala 

Foto : R. Dida Hutama 




Tilik 8 Tip Dari CEO Bukalapak Untuk Kamu Yang Ingin Sukses! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png