Do You Know, Kamis, 12/04/2018 18:29 WIB

Di Balik Liarnya Hoax, Cermati Ini Biar Tak Salah Arah!

Alarm untuk kamu yang sering menerima info-info enggak jelas, beberapa hal ini bisa kamu jadikan pegangan untuk tahu kebenaran info tersebut.

Di Balik Liarnya Hoax, Cermati Ini Biar Tak Salah Arah!
Di Balik Liarnya Hoax, Cermati Ini Biar Tak Salah Arah!
Apa yang biasa kamu lakukan kalau kamu dapat info dari orang lain? Apakah kamu akan menelan info tersebut mentah-mentah, dan men-share ke teman-temanmu juga. Atau kamu mengecek kebenarannya dulu?



Menurut Cyber Crime Ditreskrimsus Polda DIY,  Kompol Donny Zulianto, saat ini hoax bebas beredar di masyarakat. Berkaca dari data jumlah kasus yang ia tangani ada salah satu bidang yang sangat sering ditunggangi hoax. “Kebanyakan hoax terjadi di dalam dunia politik, mendiskreditaskan pemerintah, tokoh negara, gubernur, sampai anggota DPR, “ tuturnya pada acara Vday: Countering Hoax

Menanggapi hal ini, pihaknya mengambil penanganan, salah satunya melalui restorative justice, penyelesaian kasus dengan menjunjung tinggi keadilan bagi pelaku dan korban. “Tindakan ini juga menekankan pada upaya pihak kepolisian memberikan efek jera kepada pelaku, “ terangnya. 

Dosen Komunikasi UGM, Gilang Desti Parahita di balik liarnya hoax yang berkembang, kewaspadaanmu terhadap hoax sangatlah penting. Meski sangat banyak ditemui dalam dunia politik, ia menekankan bahwa hoax berbeda dengan propaganda, dan satire (sindiran). Untuk membedakan ketiga hal tersebut, kamu perlu cermati poin ini:

1. Apakah untuk membohongi atau tidak

2. Motifnya finansial atau non finansial

Untuk golongan propaganda, Gilang menerangkan bahwa berita yang berkembang di dunia politik kebanyakan adalah propaganda. “Kalau satire, lebih kepada menyindir dan kepentingannya hiburan, “ tuturnya.

Siapa Saja Bisa Kena Bahaya Hoax

“Siapa pun itu, baik pendidikan tinggi ataupun rendah bisa menjadi korban hoax dan juga pelaku hoax bila literasi digitalnya tidak mumpuni, ” tegasnya. 

Untuk itu, sebelum menyebarkan informasi, ada baiknya melakukan verifikasi pada literasi digital yang terpercaya. “Bahkan yang doktoral, kalau literasi digitalnya nggak bagus ya tertipu,” kata Gilang. 

Koordinator Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Yogyakarta, Valentina Sri Wijiyanti sepakat dengan pendapat Gilang. “Tidak ada satu orang pun yang bisa imun dengan hoax.

Pemutusan rantai hoax bisa dilakukan melalui berhenti mengirimkan broadcast di grup WhatssApp atau pun media sosial lainnya.  “Jikapun ingin menyebarkan informasi, harus melalui verifikasi literasi digital terlebih dahulu, “ Gilang memberikan saran. 

Jadi gitu lho guys, kamu harus waspada dan teliti dengan segala macam informasi yang kamu terima. Jangan lupa check and re-check tentang info tersebut! Jangan langsung main share ya! Salah-salah, malah kamu juga jadi pelaku hoax! Janji?

Pengen dapat info tentang dunia karier yang enggak hoax? Gampang! Cukup setia dengan careernews.id salah satu kuncinya! 

Waspadalah, waspadalah! [careernews.id]


Penulis : Tri Puspitasari

Editor : Puspa Aqirul Mala 

Foto : Rio Hary Martha 



Di Balik Liarnya Hoax, Cermati Ini Biar Tak Salah Arah! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png