Workplace, Selasa, 13/03/2018 15:20 WIB

6 Cara Biar Kamu Enggak Mudah Kena Tipu-tipu!

Jobseeker cerdas itu anti dan bisa kenali hoax. Mari kedepankan waspada, no tipu-tipu.
6 Cara Biar Kamu Enggak Mudah Kena Tipu-tipu!
6 Cara Biar Kamu Enggak Mudah Kena Tipu-tipu!
Ada beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengenali keaslian sebuah lowongan atau panggilan kerja.
Beberapa cara ini kami himpun berdasar dari pengalaman kami sebagai lembaga kari dan pengembangan diri selama beberapa tahun terakhir dan juga informasi dari member-member kami. Baca yuk, supaya kamu lebih waspada!

1. Pastikan di official web perusahaan
Ketika kamu mendapat informasi mengenai sebuah lowongan, ada baiknya kamu cek terlebih dahulu keaslian lowongan tersebut pada official website perusahaan. Biasanya, untuk lowongan yang sifatnya open vacancy, perusahaan juga mempublikasikannya di official website milik mereka.

2. Cermati isi panggilan tes
Ada dua cara yang bisa kamu jadikan acuan dalam meneliti isi panggilan tes.
- Pertama, format bahasa yang digunakan. Panggilan tes dari perusahaan resmi akan menggunakan bahasa dan format penulisan sesuai kaidah yang berlaku.
- Kedua, perhatikan logo perusahaan. Dalam surat panggilan kerja resmi, logo perusahaan tidak akan dapat disunting dan diubah-ubah oleh si penerima.
- Ketiga, lihat email yang digunakan. Perhatikan alamat yang digunakan pengirim bila menerima panggilan kerja melalui email. Setiap perusahaan memiliki hosting sendiri, bila pengirim menggunakan hosting gratis, Anda perlu memastikan benar tidaknya panggilan itu. Yang perlu kamu tahu, nama yang tertera pada nama pengirim e-mail itu dapat disunting sesuai dengan nama yang kamu mau. Artinya, jika kamu tiba-tiba mendapatkan e-mail dengan nama tertera perusahaan tertentu, jangan keburu percaya.

Cobalah kamu klik reply e-mail tersebut dan lihat kembali alamat tersebut. Jika e-mail itu palsu, nantinya akan tertera alamat hostingan gratis yang telah disunting sebelumnya. 

- Keempat, perhatikan nomor kontak. Panggilan kerja dapat melalui SMS ataupun telepon. Apabila Anda memperolehnya, perhatikan nomor kontak yang digunakan. Biasanya sebuah perusahaan memiliki nomor korporat dengan kombinasi angka yang cukup mudah diingat. Hal ini cukup penting mengingat oknum penipu terkadang sengaja menggunakan/membuat nomor kontak yang mirip dengan nomor telpon asli perusahaan.

3. Menunjuk agen travel tertentu dan meminta sejumlah uang
Untuk melakukan pengecekan, kamu dapat menghubungi nomor yang tertera di iklan. Saat dihubungi dan ternyata meminta sejumlah uang untuk biaya akomodasi, dapat dipastikan iklan yang kamu baca palsu. Terlebih, sampai meminta kamu untuk menghubungi agen travel tertentu. Duh!

4. Jarak lokasi tes
Lumrahnya lokasi tes perusahaan yang kamu lamar tidaklah jauh dari domisilimu. Perusahaan yang letaknya jauh, bisa menunjuk kantor perwakilannya untuk melanjutkan proses seleksi. Kalaupun kamu harus tes di luar kota tempat perusahaan tersebut berada, biasanya mereka akan memberikan tiket transportasi dan diberikan di muka bukan dengan sistem reimburse.

5. Menggunakan nomor telepon provider yang umum digunakan
Waspadalah jika mendaat panggilan tes atau informasi dari provider yang umum digunakan. Walaupun tidak semua perusahaan memiliki nomor kantor official, namun seyogyanya kamu tetap harus waspada.

6. Pencantuman alamat fiktif
Kebanyakan iklan lowongan kerja palsu mencantumkan alamat fiktif. Untuk memastikannya, kamu dapat melakukan pengecekan secara langsung ke website ataupun telepon resmi perusahaan. Ingat ya, kamu harus mengakses official website perusahaan secara langsung, jangan hanya sekadar browsing.

Semoga jalanmu dimudahkan. Tetap update lowongan terbaru dengan beragam informasi menarik lainnya melalui website ecc.ft.ugm.ac.id.
Akses juga dirimu untuk mengetahui minat karir serta dapat merencanakan masa depan lebih lancar dan bersemangat! Coba di sini yuk untuk Assessment Online. Free! [careernews.id]



Penulis  : Tim Careernews

Grafis    : Tongki A.












Kerja di Dunia Iklan Tawarkan Pengalaman Spesial Workplace,
Senin, 24/09/2018 10:00 WIB Kerja di Dunia Iklan Tawarkan Pengalaman Spesial
Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya? Do You Know,
Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing! Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
6 Cara Biar Kamu Enggak Mudah Kena Tipu-tipu! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png