Do You Know, Minggu, 31/12/2017 20:09 WIB

Kandidat Ini Yang Dicari Perusahaan Pada Tahun 2018

Supaya tidak gagap menghadapi tantangan di tahun 2018, ada baiknya kamu simak artikel berikut ini. 

Kandidat Ini Yang Dicari Perusahaan Pada Tahun 2018
Kandidat Ini Yang Dicari Perusahaan Pada Tahun 2018
Tahun 2017 adalah tahun yang luar biasa bagi kami. Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak pengalaman kami dapatkan tahun ini bersama perusahaan, rekan-rekan jobseeker, mahasiwa, serta semua stakeholder yang berkarya bersama ECC UGM. 

Salah satu momen menyenangkan bagi kami adalah ketika melihat perusahaan bisa mendapatkan kandidat terbaiknya. Sebaliknya, sangat menyenangkan pula ketika bisa melihat jobseeker bisa menemukan karir sesuai passion dan kompetensinya. Dan salah satu media mempertemukan dua kebutuhan ini adalah dengan adanya lowongan yang secara rutin kami buka di website ECC UGM.

Selama 2017, ada ribuan lowongan dibuka secara online di website ECC UGM, baik yang dibuka secara regular maupun yang dibuka melalui job fair. Berdasarkan data ECC UGM di tahun 2017, terdapat 10 perusahan yang paling banyak membuka lowongan di ECC UGM. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah:

1. PT Sayap Mas Utama (Wings Group) dengan 65 posisi

2. PT Pamapersada Nusantara dengan 46 posisi

3. PT Propan Raya I.C.C dengan 45 posisi

4. PT Indonesia EPSON Industry dengan 40 posisi 

5. MAPAN - PT Ruma (Rekan Usaha Mikro Anda) dengan 40 posisi

6. PT Gameloft Indonesia dengan 38 posisi

7. PT Astra Daihatsu Motor dengan 37 posisi

8. PT Kreatif Media Karya dengan 35 posisi

9. Xtremax dengan 34 posisi

10. PT Adaro Energy Tbk dengan 33 posisi

Jumlah di atas bukanlah kuota pelamar diterima, namun jumlah profesi karir yang dibuka. Satu profesi bisa diisi oleh sekian jumlah kandidat. Apakah perusahaan favoritmu masuk top 10 di atas? Lalu, apakah pada 2018 nanti mereka tetap membuka peluang karir besar?

Eny Febriyanti, Talent Acquisition & Assessment Head PT Propan Raya I.C.C., mengatakan kebutuhan SDM bagi perusahaan ini di tahun 2018 akan selalu ada. Kebutuhan SDM tidak hanya diperuntukkan bagi master company, tapi juga anak-anak perusahaan Propan lainnya. “Selalu ada regenerasi, apalagi tiap tahunnya selalu ada yang pensiun. Kami membutuhkan SDM baru untuk menggantikan SDM yang pensiun,” ujar Eny, sapaan akrabnya.

Sedangkan menurut Nita Wijayanti, HRD PT Indonesia Epson Industry sebagai perusahaan terbanyak keempat yang membuka lowongan di ECC UGM mengatakan bahwa kebutuhan SDM Epson di tahun 2018 belum bisa diprediksi. “Kita baru tutup tahun di bulan Maret, namun sampai sekarang kebutuhan SDM baru terpenuhi 80% dari kebutuhan total yang kita harapkan,” ujarnya.

Mereka Yang Dicari di 2018

Beda tahun pasti beda tantangan. Hal inilah yang pasti terjadi di setiap perusahaan. Tiap industri pasti memiliki target organisasi baru tiap tahunnya. Hal ini tentu saja berimbas pada karakter dan kompetensi SDM yang dibutuhkan. Lalu, orang seperti apa sih yang dicari perusahaan untuk bergabung bersama mereka menghadapi 2018?

Menurut Eny, Propan akan mencari karyawan yang memiliki value sama dengan perusahaan. Mengapa? Karena ibarat masuk dalam keluarga baru, tentu akan lebih mudah beradaptasi dan bersosialisasi di dalamnya jika nilai kehidupannya sama dengan nilai-nilai yang ada dalam keluarga tersebut. “Selain itu, kami juga mencari orang yang mau untuk belajar terus menerus agar menjadi lebih baik,” tambahnya. 

Propan sendiri telah memiliki program trainee khusus untuk melatih poin-poin di atas. “Dengan trainee programme mereka bisa belajar beradaptasi terhadap tuntutan perusahaan karena ada pelatihan-pelatihan, mereka juga bisa sharing dengan teman-temannya,” ujar Eny.

Sedangkan menurut Nita, Epson mencari orang dengan team work yang bagus. “Karena di sini kebanyakan pekerjaannya melibatkan tim,” ujarnya. Dilihat dari soft skill, Nita memaparkan bahwa Epson mencari kandidat dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni. 

Persiapan Hadapi 2018

Tahun baru tantangan baru. Bagi kamu yang sudah bersiap mengincar lowongan di perusahaan favoritmu khususnya di perusahaan-perusahaan di atas, Nita berbagi pesannya. Menurutnya, pada 2017 jobseeker paling banyak gagal di bagian medical check up dan psikotes. Kegagalan ini sebenarnya bukan disebabkan karena faktor waktu yang sebentar. “Penyakit yang menggagalkan biasanya terjadi karena gaya hidup selama kuliah. Jadi kebiasaan begadang dan makan tidak teratur harus dihindari, apalagi jika lulus kuliah mereka mau langsung kerja,“ terang Nita. 

So guys, yang kebiasaan garap skripsi tak kenal waktu tidur dan waktu makan harus mulai memberi perhatian lebih pada tubuh ya! Di samping persiapan fisik, Eny menambahkan bahwa persiapan mengejar karir impian sebenarnya sudah harus dimulai sedari seseorang masih duduk di semester awal. “Siapkan point yang menjadi kelebihanmu, asah dengan aktivitas organisasi, kepanitiaan, atau penelitian,” ujarnya. 

Menurut Eny berorganisasi bisa membantu jobseeker dalam membangun karakter. “Jadi gak cuma bisa execute tapi enggak bisa mikir, dan gak cuma bisa mikir tapi enggak bisa execute. Harus dua-duanya,” tandasnya.

Jobseeker, saatnya mulai berbenah dan bersiap dari sekarang. Perbaharui visi dan misimu dan siapkan target tahun 2018. Selamat menyambut tahun dan harapan yang baru. 


*Bantu kami untuk menggali lebih dalam mengenai minat dan harapan kariermu dengan mengisi polling untuk para pejuang karier. Klik di sini untuk mengisi polling ini. Terimakasih 


Penulis : Rita Pamilia

Editor : Puspa A. Mala 

Kandidat Ini Yang Dicari Perusahaan Pada Tahun 2018 | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png