Enterpreunership, Senin, 13/11/2017 15:48 WIB

Yang Perlu Diperhatikan Generasi Zaman Now Untuk Memulai Start-Up

Wahai generasi muda, ada baiknya kamu perhatikan pesan-pesan menarik dari mereka yang telah berpengalaman.
Yang Perlu Diperhatikan Generasi Zaman Now Untuk Memulai Start-Up
Yang Perlu Diperhatikan Generasi Zaman Now Untuk Memulai Start-Up
Pada Kamis (9/11) ECC berkesempatan menghelat Inspiring Business Talk (IBT) bersama Magister Management (MM) Universitas Prasetiya Mulya. Event tersebut menghadirkan dua orang pembicara berpengalaman sebagai praktisi start-up sekaligus pelaku bisnis. 


Keduanya adalah M. Setiawan Kusmulyono dan Ira Octaviera. Mengawali IBT, Kusmulyono menjelaskan saat ini dunia perdagangan dicerahkan dengan kemajuan teknologi. Isu tersebut ditandai dengan maraknya bisnis start-up yang memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli.

Bisnis start-up, tambahnya, suatu bisnis yang berbasis teknologi dengan transaksi online. Bisnis ini merupakan upaya bisnis baru yang lebih bisa menyelesaikan masalah, serta lebih menguntungkan karena berbasis teknologi. 

“Karena memulai bisnis itu lebih mudah daripada membangun bisnis,” ungkap Kelly sapaan akrabnya. Ia menegaskan, untuk membangun start-up kamu harus siap dengan banyak tantangan yang umumnya muncul di awal. 

Pebisnis harus tahu cara mengambil hati pasar sekaligus menghadapi lonjakan permintaan yang mungkin terjadi. Menawarkan model bisnis kepada pasar memerlukan ketelatenan untuk selalu menguji produk supaya tercapai hasil yang memuaskan.

Ia memberikan tip, ada baiknya sebelum meluncurkan produk kamu selalu melakukan uji kelayakan terlebih dulu dengan menerapkan standar operasional. Hal inilah yang akan menghindarkan pebisnis dari complain customer dan memudahkan dalam melakukan inovasi. 

Sebagai pemula, yang perlu dilakukan adalah memperbanyak bank data pengguna layanannmu atau yang kerap disebut user. Kegiatan ini bisa kamu awali dengan selalu memberikan layanan fisik yang prima kepada konsumen. 

Banyaknya aktivitas kerja dalam sebuah bisnis start-up tentu membuat cukup repot. Sehingga, Kelly menyarankan agar melakukan bisnis dengan sejumlah partner yang kompeten. Dengan kerja tim akan lebih memudahkan setiap individu untuk mengerjakan masing-masing tugasnya dalam sebuah bisnis. 

Namun, mencari partner memang bukan perkara mudah. Hal ini diamini oleh Ira Octaviera, Alumni MM Prasetiya Mulya, pelaku bisnis yang juga berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam manajerial SDM di beberapa perusahaan.

Sebagai praktisi manajerial, Ira mengungapkan bahwa generasi sekarang cenderung individual. Mereka lebih mementingkan nilai-nilai kebaikan untuk diri sendiri dan mengabaikan kekuatan kolektif. Didukung lagi dengan segala perangkat canggih yang meniadakan interaksi antar-manusia. 

Sebetulnya, masing-masing individu bisa mengasah keterampilannya dengan ikut organisasi di kampus. “Kamu akan punya banyak kesempatan mengasah comminication skill, bagaimana menghadapi masalah, sampai dengan membangun rasa empati pada sesama, “ tegas Ira.

Communication skill  dan kemampuan menghargai setiap proses merupakan sikap positif yang perlu ditanamkan setiap individu. Sehingga generasi kini bisa tumbuh sebagai anak-anak yang tinggi nilai emosionalnya. 

“Membangun bisnis start-up itu tidak bisa dilakukan sekali waktu. “Perlu mental ulet dan kesabaran supaya bisnis kreatifmu bisa terus bertahan,” tandas Kelly. 



Penulis : Ariesta Budi Rahayu

Editor : Puspa A. Mala

Foto : Dwi Kreshna SP

Apa Saja Ya Posisi Yang Dibutuhkan Di WINGS? Kepoin Di sini! Info Lowongan,
Selasa, 21/11/2017 14:00 WIB Apa Saja Ya Posisi Yang Dibutuhkan Di WINGS? Kepoin Di sini!
Tertarik Berkarir Di Bidang IT? Yuk Gabung di Altrovis! Info Lowongan,
Selasa, 21/11/2017 14:10 WIB Tertarik Berkarir Di Bidang IT? Yuk Gabung di Altrovis!
Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda Jobseeker / workplace,
Selasa, 21/11/2017 14:40 WIB Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda
Berkembanglah Bersama YKK AP Indonesia Info Lowongan,
Selasa, 21/11/2017 09:09 WIB Berkembanglah Bersama YKK AP Indonesia
Epson Buka Lowongan Puluhan Posisi Untuk Kamu, Kepoin Yuk! Info Lowongan,
Selasa, 21/11/2017 10:56 WIB Epson Buka Lowongan Puluhan Posisi Untuk Kamu, Kepoin Yuk!
Mari Menjemput Rizki Bersama Rihaal Travel Info Lowongan,
Senin, 20/11/2017 17:20 WIB Mari Menjemput Rizki Bersama Rihaal Travel
Yang Perlu Diperhatikan Generasi Zaman Now Untuk Memulai Start-Up | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png