Jobseeker / workplace, Kamis, 09/11/2017 00:00 WIB

Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu

Bagaimana ya menanggapi anggota lain yang tak sependapat dengan idemu dalam forum LGD? Temukan caranya di sini. 
Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu
Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu
Pada beberapa artikel sebelumnya, kami telah mengupas tentang apa itu LGD, tip menghadapinya, sampai bagaimana menyiasati diri sebagai si pasif maupun si aktif. Kali ini, kami akan berbagi info untukmu tentang bagaimana menanggapi perbedaan pendapat dalam LGD


Pada dasarnya, meski bertujuan untuk mendapatkan satu suara terkait solusi dari sebuah permasalahan, perbedaan pendapat saat LGD adalah hal yang wajar terjadi. Jika kamu dihadapkan dengan kasus tersebut kamu boleh saja memberikan feedback. Meski begitu, ada etika yang harus kamu jaga ketika kamu ingin menyampaikan sanggahan terhadap pendapat orang lain.

Pertama, tentu saja kamu perlu mengajukan diri saat akan memberikan pendapatmu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengangkat tangan. Ingat, jangan langsung menyela padahal temanmu masih berbicara. Kedua, menurut Psikolog Rudi Widiyanto, M.Psi., Psikolog, kamu bisa mulai dengan menyampaikan rasa kurang setujumu di forum.“Sampaikan saja, saya kurang sependapat dengan saudara bla bla, hal tersebut dikarenakan alasan ini bla bla,” ujarnya.

Terakhir menurut Rudi, kamu wajib memberikan solusi alternatif yang menurut kamu lebih baik. Kamu tidak mau kan hanya bisa mengkritik tanpa memberikan solusi yang lebih baik dari apa yang kamu kritik?

Lalu, bagaimana ketika posisimu ada di sisi sebaliknya, menjadi mereka yang tengah disanggah oleh anggota lain? Menurut Psikolog Yandi Satya, M.Psi., Psikolog, hal pertama yang kamu lakukan adalah tetap bersikap tenang dan jangan terbawa emosi. “Jangan terbawa emosi meskipun sanggahan peserta lain salah atau kurang berbobot,” tambahnya. 

Yandi menambahkan, jika kamu mendapati kasus seperti ini, kamu perlu memberikan penjelasan tambahan terkait alasanmu mengambil solusi tertentu. “Bisa disertai dengan data dan analisa yang kuat,” ujarnya.

Lalu bagaimana jika dalam posisi tersebut kita tidak membawa data pasti untuk menguatkan apa yang menjadi pendapat kita? Menurut Rudi, dalam LGD tidak dibutuhkan data yang sangat spesifik. Untuk melakukan ini, kamu hanya perlu menyiasatinya dengan menggunakan analogi dan logika terdekat. “Kamu juga perlu berpikiran luas serta kreatif dalam berpendapat, “ katanya.

Terakhir, jagalah cara kamu dalam menyampaikan pendapat, baik sebagai mereka yang menyanggah maupun mereka yang disanggah. “Tetap tenang, jaga intonasi, jangan terburu-buru dan tetap elegan,” tandas Yandi.

Nah, sekarang kamu makin mantap kan dalam menghadapi LGD? Yuk ceritakan pengalamanmu ikut tes yang satu ini kepada kami melalui kolom komentar ya!

 

 

Penulis : Rita Pamilia

Editor : Puspa A. Mala

Grafis : Bentar Sadani

 

Berapa Sih, Nominal THR yang Seharusnya Kamu Terima? Career Issue,
Minggu, 10/06/2018 23:01 WIB Berapa Sih, Nominal THR yang Seharusnya Kamu Terima?
Agar Tak Kecewa Datang ke ECC UGM, Simak Pengumuman Ini! Pengumuman,
Rabu, 06/06/2018 14:27 WIB Agar Tak Kecewa Datang ke ECC UGM, Simak Pengumuman Ini!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa! Jobseeker / workplace,
Rabu, 23/05/2018 00:00 WIB 8 Cara Simpel Ini Jaga Good Mood-mu Saat Puasa!
Ini Tip Untuk Tanggapi Anggota LGD Yang Tak Sependapat Denganmu | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png