Office Hour, Selasa, 17/10/2017 14:38 WIB

Ini Dia Kisah Adrian, Wakil Indonesia di MT Sojitz Jepang

Sosok yang kami ulas berikut merupakan wakil Indonesia di program MT Sojitz Jepang, ingin seperti dia? Baca dan ikuti programnya!
Ini Dia Kisah Adrian, Wakil Indonesia di MT Sojitz Jepang
Ini Dia Kisah Adrian, Wakil Indonesia di MT Sojitz Jepang
Namanya Adrian Setyo Prakosa. Laki-laki kelahiran dua puluh empat tahun silam ini tak pernah menyangka bisa mengalahkan 8000 kandidat, dan mewakili Indonesia di Sojitz Jepang. Penasaran bagaimana kisahnya? Ini dia!


“Maaf tadi habis rapat sebentar, “ tuturnya. Melalui sambungan telepon, dari Tokyo ia menceritakan sepenggal kisahnya bisa lolos seleksi program Management Training (MT) Sojitz. Pukul 12.40 waktu setempat ia memulai ceritanya di sela-sela waktu istirahatnya. 

Kala itu, Adrian mendapatkan brosur yang disebar di kampusnya. Di brosur tertera nama perusahaan beserta lowongan kerja. Sojitz, dan 2016 Batch 2 Management Training tertulis di sana. Ia pun kemudian tahu bahwa perusahaan tersebut adalah mining corporation yang berkantor pusat di Jepang. “Kemudian, saya mendaftar, “ ungkapnya.

Beberapa waktu kemudian Adrian tahu bahwa ia lolos seleksi administrasi beserta 8000 kandidat lainnya. Ribuan kandidat tersebut berasal dari Indonesia. Selang sehari, ia dikabari panitia seleksi bahwa dirinya lolos lagi dan dipersilahkan untuk melakukan interview bersama 300 kandidat lain. “Ternyata saya lolos lagi, dari 300 orang diambil 50 orang untuk seleksi Focuss Group Discussion (FGD), “ tuturnya.

Sebulan kemudian ia mendapat pemberitahuan bahwa ia lolos seleksi FGD, dan maju ke tahapan seleksi berikutnya. Tak cukup sampai disitu, kelima orang tersebut menjalani seleksi lagi untuk diambil tiga orang untuk mewakili Indonesia di program Batch 2 MT Sojitz 2016. Hingga akhirnya pada Juni 2016 tercantum dalam daftar nama yang lolos dan secara resmi ia mewakili Indonesia dalam MT Sojitz di Jepang.  “Senang dan sempat enggak nyangka, karena saingannya berat-berat, ada yang master, dan sempat ikut exchange ke luar negeri, “ tutur laki-laki yang memiliki hobi main gitar di waktu luang ini. 

“Juni-September mulai Nihon-Go training (Bahasa Jepang,-red), akhir September baru diberangkatkan ke Jepang dan tanggal 1 Oktober resmi tanda tangan kontrak kerja, “ ungkapnya. Namun masa kerjanya baru dimulai April 2017. Maka Oktober hingga April ia habiskan untuk mengikuti training pendalaman Nihon-Go dan adaptasi di lingkungan Sojitz.

Menjadi karyawan di Sojitz, Adrian mengaku mendapat banyak fasilitas yang memadahi, mulai dari dormitory, uang transportasi, bonus tahunan, kenaikan gaji secara berkala, dan asuransi. Di Jepang kebetulan asrama ia tinggal di Minami Kashiwa. Untuk pergi ke kantornya yang berada di Tokyo biasanya ia naik kereta dengan waktu tempuh 50 menit. “Di Jepang semua serba teratur dan disiplin, sempat harus latihan supaya ontime, “ tutur sulung dua bersaudara ini. 

Selain mendapat banyak fasilitas, laki-laki penggila nasi goreng dan opor ayam ini, selama hampir tujuh bulan ini diletakkan di Risk Management Department. Dirinya dan tim bertugas menganalisis potensi resiko apa yang terjadi, credit limit di otomotif, khususnya pesawat dan mobil. Di sana, Adrian sangat senang mendapat beragam pengalaman dan pengetahuan baru.  “Karyawan akan dipromosikan setiap lima tahun sekali, ke departemen lain tak di Jepang saja, bisa ke Amerika, atau ASEAN, “ tutur laki-laki asal Umbulharjo, Yogyakarta ini.

Mengalami sendiri proses rekrutmen yang tak ringkas, menurut Adrian, Sojitz saat ini mencari kandidat yang bisa bekerja di dalam sebuah tim. Melihat iklim kerja di Jepang yang mengagungkan kedisiplinan, tentu saja pribadi yang disiplin akan sangat mudah hidup di sana. “Mereka enggak cari yang well-experienced, tapi yang bisa kerja tim, bangun suasana kantor, karena di Jepang enggak ada kerja individu, bagus jelek ya satu tim, dan yang paling penting adalah kedisiplinan“ tegasnya.

Tak hanya kerja, ia kerap kali mengikuti training-training Sojitz yang sangat membantu dalam kehidupan karirnya di sana. Training yang ia dapat meliputi, Bahasa Inggris, accounting, pembukuan dan administrasi, serta law. “Jadi program ini cocok untuk teman-teman yang ingin berkarir sekaligus belajar, karena kami sering diberi training-training, “ tutur lulusan Akuntansi UGM ini. 

Ia berpesan, bagi teman-teman yang tertarik dengan program MT Sojitz ini yang perlu dipersiapkan adalah personality. Terlepas kandidat harus memiliki kompetensi Bahasa Inggris, menurutnya Sojitz sangat mencari kandidat yang memiliki kepribadian yang bisa bekerja dalam tim. “Bukan cuma skill yang dibutuhin tapi juga bagaimana membangun lingkungan kerja jadi kondusif, “ kata Adrian.

Meski dirinya sekarang telah sukses, Adrian masih memiliki mimpi terbesar. Kesuksesan menurutnya bukan hanya bisa diukur secara materi namun bagaimana ia bisa sharing hal-hal positif kepada sesama. “Tapi harus mencukupkan diri dulu, salah satunya berkarya dan bisa memberi sumbangsih ke orang lain, “ tutupnya. 

Itu tadi kisah Adrian Setyo Prakoso, salah satu karyawan Sojitz Jepang yang berasal dari Indonesia. Keren kan? Kamu ingin mengikuti jejak Adrian? Tambah dulu pengetahuanmu tentang Sojitz di Sojitz Career Talk. Baca detail acaranya di sini 

Klik di sini untuk daftar MT Sojitz


Penulis : Puspa A. Mala

Apa Saja Ya Posisi Yang Dibutuhkan Di WINGS? Kepoin Di sini! Info Lowongan,
Selasa, 21/11/2017 14:00 WIB Apa Saja Ya Posisi Yang Dibutuhkan Di WINGS? Kepoin Di sini!
Tertarik Berkarir Di Bidang IT? Yuk Gabung di Altrovis! Info Lowongan,
Selasa, 21/11/2017 14:10 WIB Tertarik Berkarir Di Bidang IT? Yuk Gabung di Altrovis!
Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda Jobseeker / workplace,
Selasa, 21/11/2017 14:40 WIB Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan Meski Hujan Melanda
Berkembanglah Bersama YKK AP Indonesia Info Lowongan,
Selasa, 21/11/2017 09:09 WIB Berkembanglah Bersama YKK AP Indonesia
Epson Buka Lowongan Puluhan Posisi Untuk Kamu, Kepoin Yuk! Info Lowongan,
Selasa, 21/11/2017 10:56 WIB Epson Buka Lowongan Puluhan Posisi Untuk Kamu, Kepoin Yuk!
Mari Menjemput Rizki Bersama Rihaal Travel Info Lowongan,
Senin, 20/11/2017 17:20 WIB Mari Menjemput Rizki Bersama Rihaal Travel
Ini Dia Kisah Adrian, Wakil Indonesia di MT Sojitz Jepang | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png